Budaya lokal mengajarkan apabila terjadi gerhana bulan orang-orang beramai-ramai menabuh kentongan ataupun barang-barang bekas di tanah lapang.

Konon katanya gerhana bulan menurut sesepuh Jawa merupakan peristiwa di mana bulan akan dimakan oleh raksasa. Tabuhan kentongan mencegah raksasa jahat tersebut memakan bulan.

Adapun untuk wanita yang sedang hamil, diharuskan mandi meski gerhana tersebut di malam hari sekalipun. Namun demikian, budaya ini sudah tidak lagi masuk akal.

fiqhindonesia.com
fiqhindonesia.com

Secara ilmiah gerhana bulan merupakan suatu peristiwa alam di mana cahaya bulan menghilang baik secara total maupun hanya sebagian. Gerhana bulan ini terjadi karena cahaya bulan terhalang oleh matahari. Sehingga, cahaya bulan ini tidak dapat menyinari bumi seperti biasanya.

Berdasarkan fakta ilmiah ini, maka dapat disimpulkan tidak ada hubungannya dengan raksasa yang memakan bulan.

sangpencerah.com
sangpencerah.com

Sebagai umat Islam, saat gerhana bulan justru kita disunnahkan untuk memperbanyak doa, dzikir, tahmid, dan sedekah. Hal ini berdasarkan hadits dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi bersabda yang jika diterjemahkan kurang lebih demikian.

“Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda kekuasaan Allah. Gerhana itu tidak terjadi karena kematian seseorang atau lahirnya seseorang. Jika melihat hal tersebut maka berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, kerjakanlah sholat dan bersedekahlah.”

Sunnah umat Islam saat gerhana bulan yang lain adalah sholat gerhana. Meskipun ada beberapa pendapat ulama yang justu mengatakan bahwa hukum sholat gerhana justru wajib. Beberapa keunikah sholat gerhana di antaranya sebagai berikut.

1Tidak Diawali dengan Adzan dan Iqamat

mungkopas.blogspot.com

Sholat gerhana bulan tidak memerlukan adzan dan iqamat untuk menyeru jama’ah. Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan ‘Aisyah,

“Aisyah radhiyallahu ‘anha menuturkan bahwa pada zaman Nabi shallahu ‘alaihi wa sallam pernah terjadi gerhana matahari.

Beliau lalu mengutus seseorang untuk memanggil jama’ah dengan ‘Ash shalatu jamiah’. Orang-orang lantas berkumpul. Nabi lalu maju dan bertakbir. Beliau melakukan empat kali ruku’ dan empat kali sujud dalam dua raka’at.”

2Bacaan Surat Pendek yang Sangat Panjang

carihikmah.wordpress.com

Meskipun hanya 2 raka’at, namun durasi sholat gerhana bulan sangat panjang. Hal ini disebabkan masing-masing raka’at disunnahkan membaca surat yang panjang. Selain itu dalam satu raka’at terdiri dari 2 kali ruku’ dan 2 kali sujud.

Namun demikian, bacaan surat pendek yang paling panjang adalah pada raka’at pertama yang paling awal.

3Lebih Baik Jika Dilakukan Berjama’ah

mabodza.com

Ada beberapa juga pendapat ulama yang mengatakan bahwa sholat gerhana bulan boleh dilakukan secara munfarid. Namun, sholat gerhana bulan akan lebih baik jika dilakukan secara berjama’ah seperti yang dicontohkan Rasulullah.

Sholat berma’ah dengan banyak jama’ah akan membuat doa semakin mudah diijabah oleh Allah. Sholat gerhana bulan berjama’ah dapat dilakukan di masjid besar ataupun tanah lapang.

4Khutbah Setelah Sholat Gerhana

darunnajah3.com

Khutbah setelah sholat gerhana bulan ini juga terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama. Namun, pendapat menurut Imam Syafi’i menyebutkan disunnahkan khutbah setelah sholat sunnah gerhana bulan.

Adapun khutbah yang dilakukan hanya sekali seperti sholat Idul Fitri, bukan dua kali seperti sholat Jumat.

Gerhana bulan merupakan suatu tanda kebesaran Allah seperti firman Allah dan Al Qur’an Surat Fussilat ayat 37 yang artinya kurang dan lebih demikian.

“Dan sebagian dari tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah bersujud kepada matahari dan jangan (pula) kepada bulan, tetapi bersujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.”

Gerhana bulan merupakan pengingat kita bahwa Allah maha kuasa mengatur segalanya. Matahari, bulan, dan bintang tunduk patuh terhadap perintah Allah. Sebagai manusia sudah semestinya kita juga tunduk patuh dengan perintah Rabb semesta alam.

SHARE