referensidunia.blogspot.com

Simak 5 Fakta Menakjubkan dan Luar Biasa Dari Sholat Tarawih Berikut Ini

Posted on

Sholat Tarawih adalah sholat sunnah yang dilaksanakan oleh umat Muslim pada bulan suci Ramadhan, berjumlah 8 atau lebih, dan kemudian diakhiri dengan 3 rakaat sholat witir dan dilanjut dengan khutbah.

Sholat tarawih dilakukan secara berjamaah di masjid, dan memang tak bisa dipungkiri bahwa sholat ini adalah salah satu spirit terkuat dari bulan Ramadhan, karena memang sholat ini hanya ada di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan tinggal menghitung hari, tak ada dua bulan lagi, dan kita umat Muslim akan segera bertemu lagi dengan ibadah sunnah sholat tarawih ini.

Sholat tarawih ini juga menjadi satu alasan mengapa di bulan Ramadhan mendadak masjid-masjid dan mushola-mushola menjadi ramai bahkan sampai pagi.

Karena biasanya setelah sholat tarawih, akan dilanjutkan dengan agenda tadarus Qur’an sampai menjelang waktu sahur tiba.

Nah, tahukah kalian, bahwa selain memiliki pahala yang besar sholat tarawih juga memiliki lima fakta menakjubkan dan luar biasa? Apa saja kah itu?

Sholat Tarawih Belum Ada Saat Masa Rasulullah Tinggal di Mekkah

www.1mobile.co.id

Sholat tarawih ternyata baru dijalankan oleh Rasulullah SAW setelah beliau dan para sahabat hijraj di Madinah. Saat masih di Mekkah, sholat malam yang disunnahkan oleh beliau hanya sholat tahajud dan witir.

Setelah beliau hijrah dan menetap di Madinah, barulah beliau menjalankan dan mensunnahkan sholat tarawih ini, dijalankan berjamaah di masjid, setelah sholat isya’ dan sebelum tidur.

Para sahabat pun mengikuti apa yang dijalankan oleh Rasulullah tersebut, karena memang sebaik-baik panutan adalah beliau SAW.

Namun pada awalnya, selama bulan Ramadhan, beliau SAW hanya menjalankan 3 kali saja selama sebulan Ramadhan tersebut, dan dilakukan berjamah di Masjid Nabawi.

Setelah Rasulullah meninggal, para sahabats epakat meneruskan apa yang dicontohkan beliau SAW tersebut, bahkan dilakukan rutin sebulan penuh sampai bulan Ramadhan habis.

Terlebih pada masa Khalifah Umar bin Khattab ra, hal itu beliau perintahkan agar masjid yang mulanya sepi setelah sholat isya’ menjadi tetap ramais ampai pagi.

Sholat Tarawih Hanya Dilakukan Saat Bulan Ramadhan

abdisr.blogspot.com

Berbeda dengan sholat sunnah yang lain, sholat tarawih memang hanya bisa kita temui dan jalankan saat bulan Ramadhan saja.

Seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW yang memang juga hanya menjalankannya saat bulan suci Ramadhan saja.

Sholat Tarawih Adalah Sholat Malam yang Dilakukan Sebelum Tidur

infotercepatku.blogspot.com

Memang bagi beberapa orang, termasuk khalifah Umar bin Khattab ra sendiri, menjalankan sholat malam bisa dilakukan sebelum tidur, seperti sholat sunnah Witir.

Namun itu dikarenakan alasan kehati-hatian, ditakutkan jika dalam keadaan lelah dan kurang yakin bisa bangun tengah malam maka lebih baik menjalankannya sebelum tidur saja, daripada tidak sama sekali.

Akan tetapi memang lebih utamanya jika yakin bisa bangun di sepertiga malam, lebih baik melakukan sholat malam baik tahajud, witir, atau sholat sunnah malam lainnya, di waktu tengah malam tersebut.

Berbeda dengan sholat tarawih, sholat sunnah yang juga masuk kategori sholat mala mini justru dianjurkan dilakukan sebelum tidur dan tepat setelah menjalankan sholat isya’.

Jika setelah itu mau dilanjutkan dengan sholat witir atau sholat witirnya nanti sesudah tidur, itu terserah dari yang menjalankan. Namun sholat tarawih dan sholat tahajud jelas berbeda, tidak sama.

Sehingga yang sudah menjalankan sholat tarawih, tetap bisa dan dipersilahkan sekali untuk sebelum makan sahur menjalankan sholat tahajud.

Sholat Tarawih Hukumnya Sunnah

www.hariandepok.com

Tentang ini banyak versi dari beberapa ulama. Namun versi kuat mengatakan bahwa hukum dari sholat tarawih adalah sunnah muakkad.

Artinya bahwa walaupun berhukum sunnah, namun sholat ini sangat dianjurkan untuk dijalankan karena memiliki keutamaan yang istimewa dan luar biasa untuk pahala, berkah, dan ampunanNya.

Sholat Tarawih Diutamakan Dilakukan Secara Berjama’ah

ahsanul-marom.blogspot.com

Jika kebanyakan sholat sunnah yang lain dijalankan secara mandiri atau sendiri-sendiri, namun sholat tarawih tidak demikian.

Sholat ini justru memiliki keutamaan penuh untuk dijalankan secara berjamaah daripada sendirian, dan dijalankan sendirian tidak apa-apa namun jika memang sedang dalam keadaan sangat terdesak.

Itulah 5 fakta menakjubkan dan luar biasa dari sholat tarawih, semoga ulasan di atas bisa membangkitkan kerinduan kita dalam menyambut bulan Ramadhan sebentar lagi.

Dan membuat kita semangat untuk mempersiapkan fisik, ruhiyah, serta persiapan terbaik lainnya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *