Sholawat Nabi. Sebagai umat muslim mungkin sering mendengarkan Sholawat Nabi, baik dari majlis perkumpulan dakwah muslim maupun dari vidio atau rekaman suara. Ada juga Sholawat Nabi yang berbentuk tulisan yang dimuat di media cetak misalnya majalah islami, album dan lain sebagainya.

Di zaman sekarang ini bahkan ada sebagian orang yang membuat kelompok khusus sholawat, biasanya lantunan Sholawat Nabi dengan diiringi rebbana atau alat musik khas timur tengah.

Diantara kelompok-kelompok tersebut ada Cinta Rosul, Cahaya Rosul dan masih banyak lagi. dalam artikel ini akan membahas tentang bacaan, manfaat serta keutamaan dalam membaca Sholawat.

Pemahaman Sholawat

sholawat nabi/ pengertian sholawat
www.youtube.com

Pemahaman menurut bahasa

Sholawat adalah bentuk jamak dari kata salla atau salat yang artinya keberkahan, do’a, kesejahteraan, kemuliaan, dan ibadah. Jadi kesimpulannya sebagai berikut:

Sholawat Nabi//surat attaubah 103

“Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut berarti kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdo’alah untuk mereka. sesungguhnya do’a kamu akan menjadi ketentraman jiwa bagi mereka dan Alloh maha mendengar lagi maha mengetahui.” (At Taubah:103).

Pemahaman menurut istilah

Menurut syar’i, Shalawat memiliki maksud pujian kepada para Nabi. Alloh telah berfirman di dalam Al Qur’an surat Al-Ahzab: 56:

Sholawat Nabi/ Al Ahzab 56

Artinya, “Sesungguhnya Alloh dan para malaikat bersholawat kepada Nabi, wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi serta ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (Al Ahzab: 56)

Tafsir Ibnu Katsir menyebutkan ketika menafsirkan ayat ini bahwa Imam Bukhari meriwayatkan, Abu Aliyah berkata:

  • Apabila Sholawat dari Alloh Subhanahu Wa Ta’ala kepada Nabi berarti memberikan rahmat dan kemuliaan (Rahmat Tadhim).
  • Apabila Sholawat dari Malaikat kepada Nabi berarti memohon ampunan.
  • Apabila Sholawat dari golongan yang beriman (Jin dan Manusia) berarti berdo’a supaya diberikan rahman dan kemuliaan.

Bacaan Sholawat

Bacaan Sholawat ada berbagai macam, seperti Sholawat Munjiat, Sholawat Badar, Sholawat Nariyah dan lain sebagainya. Akan tetapi bacaan Sholawat yang paling umum seperti di bawah ini:

sholawat nabi/ sholawat
www.youtube.com

Dalil Al Qur’an yang memerintahkan untuk membaca Sholawat Nabi yang berbunyi:

Artinya: “Sesungguhnya Alloh dan para Malaikat-Nya bersholawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.”

Dalail Hadits:

Abu Hurairah di dalam haditsnya bahwa Rosululloh Salallohu Alaihi Wa Sallam berkata: “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan, dan janganlah kalian menjadikan kuburan sebagai tempat perayaan, bersholawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan Sholawat kalian akan sampai kepadaku dimanapun kalian berada.”

Allah dan Malaikat-NYA Bershalawat

sholawat nabi/kaligrafi Alloh
zaioody20.deviantart.com

Salah satu bentuk rasa cinta kepada Nabi Muhammad Salallohu Alaihi Wa Sallam yaitu dengan memperbanyak membaca Sholawat Nabi dan memiliki kesenangan dalam melantunkannya.

Selain dari pada wujud rasa cinta kepada Nabi Salallohu Alaihi Wa Sallam, Alloh juga memerintahkan kepada umat-Nya yang beriman untuk membaca Sholawat Nabi, sebagaimana yang diperintahkan oleh Alloh bserta para Malaikat-Nya.

Perintah Alloh untuk bersholawat terdapat dalam kitab Al Qur’an surat Al Ahzab ayat 56:

“Sesungguhnya Alloh beserta para malaikat-Nya bersholawat untuk Nabi, wahai orang yang beriman bersholawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkan salam kepadanya dengan penuh rasa hormat.”

Membaca Sholawat mempunyai berbagai macam kandungan arti

  • Jika Sholawat datang dari Alloh, berarti termasuk pemberian rahmat.
  • Jika Sholawat datangnya dari Malaikat berarti memintakan ampunan.
  • Jika Sholawat datang dari orang-orang yang beriman berarti mereka berdo’a untuk diberikan rahmat.

Keutamaan Melantunkan Sholawat

sholawat nabi/ manfaat sholawat
andreaspaniq.wordpress.com
    1. Alloh akan mengabulkan do’a orang-orang beriman yang gemar dan cinta melantunkan Sholawat Nabi. Rosululloh Salallohu’alai Wa Sallam berkata: “Apabila diantara kaum yang beriman melantunkan bacaan Sholawat, hendaklah ia memulai dengan mengagungkan Alloh Azza Wa Jalla serta memuji-Nya, kemudian bacalah Sholawat kepada Nabi. Setelah itu berdo’alah sesuai dengan yang kalian kehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi)
    2. Bagi orang yang bersholawat, maka ingatlah bahwa Sholawat tersebut datangnya dari Alloh atau rahmat Alloh. Alloh bersabda bahwa orang yang bersholawat, maka 10 rahmat baginya, “Barang siapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Alloh akan memberikan rahmat sebanyak 10 kali.” (HR. Muslim)
    3. Alloh akan mengangkat derajatnya orang yang mau bersholawat. Suatu ketika Rosululloh nampak bahagia yang terpancar dari wajahnya, kemudian para sahabat bertanya, “Ya Rosululloh, hari ini wajahmu menampakkan keceriaan”, Rosululloh berkata, “semalam saya ditemui oleh makhluk utusan Alloh, kemudian dia menyampaikan kepadaku bahwa siapa saja yang mengucapkan bacaan Sholawat, maka Alloh akan memberikan 10 kebaikan, kemudian Alloh akan menghapuskan 10 jenis keburukan serta meninggikan sebanyak 10 derajat. (HR. Ahmad)
    4. Alloh akan mengumpulkan orang-orang yang banyak melantunkan Sholawat disurga bersama Rosululloh Salallohu’alaihi Wa Sallam, Hadits riwayat Tirmidzi berkata, “Manusia yang paling berhak bersamaku disurga adalah orang yang banyak melantunkan Sholawat kepadaku.”
    5. Alloh akan memberikan syafaat kepada orang-orang yang banyak melantunkan Sholawat. Rosululloh bersabda, “Barang siapa yang melantunkan Sholawat 1 kali, maka Alloh akan bersholawat untuknya sebanyak sepuluh kali, maka memintalah kepada Alloh wasilah untukku, karena wasilah adalah sebuah tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Alloh. Dan aku berharap bahwa akulah orang yang dimaksud tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim)

Sejarah Dinamakannya Sholawat Nariyah

fajar-fauzi.blogspot.com
fajar-fauzi.blogspot.com

Sholawat Nariyah adalah salah satu sholawat yang telah disusun oleh sahabat yang hidup di masa Nabi Muhammad Salallohu’alaihi Wa Sallam yang bernama Syeikh Nariyah. Syeikh Nariyah termasuk sahabat yang cukup ahli di bidang ilmu tauhid.

Sholawat Nariyah disusun karena beliau selalu melihat Rosululloh bersemangat dan sabar dalam berdakwah menyampaikan wahyu dari Alloh Subhanahu Wa Ta’ala, sehingga Syeikh Nariyah berdo’a kepada Alloh dalam bentuk syair.

Syeikh Nariyah selalu berdo’a kepada Alloh untuk keselamatan dan kesejahteraan atas nabi. Do’a yang menyertakan nabi-nabi disebut dengan sholawat, sedangkan Nariyah berasal dari nama syeikh Nariyah.

Dalam riwayatnya syeikh Nariyah melantunkan sholawat sejumlah 4444 kali. Setiap sehabis melantnkan sholawat, beliau memperoleh karomah dari Alloh. Oleh karena itu di dalam sebuah majelis beliau selalu mendekatkan diri dari Rosululloh dan meminta Rosululloh agar beliau dimasukkan kedalam syurga bersama Nabi Muhammad.

Perminta’an syeikh Nariyah tersebut di setujui, kemudian para sahabat lain meminta dido’akan oleh Rosululloh agar mereka sama dengan syeikh Nariyah. Akan tetapi Rosululloh tidak meng-iyakannya, karena Syeikh Nariyah telah memintanya terlebih dahulu.

Vidio Lantunan Sholawat

SHARE