Kamu seorang pekerja lapang? Atau sedang ikut sebuah proyek pemerintah atau dosen yang mengharuskanmu melakukan perjalanan dinas baik di dalam maupun di luar kota?

Nah, pasti kamu memikirkan bagaimana kondisi tubuhmu apakah mampu atau tidak menjalankan puasa sebulan penuh di Ramadhan tahun ini dengan pekerjaanmu yang menuntun kondisi demikian.

Namun kamu tak perlu berkecil hati, walau memang Allah memberikan kemudahan dan keringanan bagi musafir untuk tidak berpuasa dan bisa menggantinya di lain hari setelah Ramadhan berakhir, namun itu bagi musafir yang benar-benar tidak mampu.

Lalu apakah kamu rela kehilangan nikmat berpuasa sebulan penuh dan harus memiliki hutang puasa banyak karena pekerjaanmu yang mengharuskanmu menjalani perjalanan dinas dalam kategori musafir tersebut? Pastinya tidak ya?

Untuk itu kamu perlu menyimak tips agar tubuh tetap bugar dalam menjalani puasa Ramadhan sebulan penuh walau harus melakukan perjalanan dinas layaknya musafir berikut ini!

1Mengkonsumsi Multivitamin

labdoor.com

Multivitamin sangat membantu dalam menjaga kondisi seseorang tetap fit walau mengerjakan pekerjaan berat seperti salah satunya adalah melakukan perjalanan dinas dengan waktu yang cukup sering.

Multivitamin juga dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin tubuh yang kurang mampu dilengkapi oleh makanan yang dimakan oleh kita.

Karena kadang di acara dinas luar kota, makanan sudah ditentukan pihak kantor atau proyek, jadi kita tidak bisa memilih sendiri. Bisa jadi kan makanannya hanya nasi dengan ayam, tanpa ada sayur atau lauk lainnya. Hehehe.

2Banyak Mengkonsumsi Air Putih

www.pusatberitaharian.com

Waktu antara berbuka puasa sampai sahur tiba adalah waktu yang diberikan Allah untuk hambaNya bebas makan dan minum serta beristirahat setelah seharian berpuasa.

Nah, manfaatkan kesempatan tersebut selain untuk menyelesaikan lembur tugas dinas atau proyek serta untuk memperbanyak konsumsi air putih dan istirahat yang cukup.

Air putih akan mengembalikan stamina tubuh dan menjadikan tubuh seseorang kembali segar saat bangun di keesokan harinya.

3Lakukan Olahraga Ringan

henyauliawati.wordpress.com

Setelah subuh jika masih ada kesempatan sebelum melakukan kembali perjalanan dinas, lakukan peregangan otot ringan seperti jalan-jalan atau lari-lari kecil di pagi hari.

Kamu juga bisa melakukan senam ringan untuk merelaksasi tubuh agar tidak mudah stress. Karena seharian penuh bekerja dan melakukan perjalanan bisa membuatmu stress dan melemahkan fisikmu.

4Banyak Berdzikir Selama Perjalanan

sarkub.tumblr.com

Mungkin karena tuntutan perjalanan dinas, ada yang tak sempat melakukan sholat berjamaah di masjid dan harus mengqasar sholatnya, ada yang tak sempat menjalankan tarawih, atau agak tersendat dalam membaca Al Qur’an.

Namun Allah Maha Tahu, sehingga Dia akan tetap membuka sebesar-besarnya pintu menuju keridhoan dan berkahnya dengan amalan lain yang tak kalah besar peluang pahala dan berkahnya.

Dalam perjalanan, untuk menghindari pusing dan mual, jangan terlalu banyak berbincang dengan teman. Diam dan berdzikir kepada Allah sampai kamu tertidur.

Selain menghemat tenaga juga bisa menautkan hati kita tetap dekat dengan Allah SWT. Jika memungkinkan lakukan hafalan Qur’an atau tilawah Qur’an.

Semoga dengan berbagai langkah di atas yang bisa kamu coba, puasa Ramadhanmu tetap berjalan maksimal dan penuh berkah walau tuntutan pekerjaan memaksamu harus menjadi seorang musafir. Aamiin.