Teknologi yang semakin canggih akan menghubungkan banyak orang di setiap negara agar dapat berkomunikasi secara global. Percakapan yang terjalin melalui media sosial yang bertebaran di dunia maya pun dilakukan menggunakan bahasa internasional.

Bahasa gaul ala bule pun sudah banyak yang masuk ke Indonesia dan dipelajari oleh mereka para peselancar dunia maya. Begitu juga dengan singkatan-singkatan yang umum digunakan di berbagai aktivitas chatting ataupun status media sosial.

Mungkin banyak dari kamu yang belum mengetahui tentang singkatan yang bermunculan di jagat komunikasi para pengguna internet ini. Jadi, supaya kamu makin gaul dan tidak ketinggalan, kamu harus tahu kepanjangan dari singkatan ala anak gaul berikut ini.

1OOTD

ngonoo.com

Ini salah satu singkatan yang hits banget akhir-akhir ini. Seringkali digunakan untuk membuat caption dalam akun Instagram para penggunanya. OOTD atau Outfit Of The Day ini memiliki arti pakaian yang dikenakan hari ini.

Jadi, para anak medsos ini membagikan gaya berbusana mereka melalui akun-akun yang dimilikinya seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Bahkan banyak lho OOTD artis yang menjadi booming dan menjadi perbincangan menarik di dunia maya.

2FAQ

ngonoo.com

Singkatang berikutnya adalah FAQ atau Frequently Asked Question. Arti dari kepanjangan FAQ adalah pertanyaan yang sering diajukan. Jadi, FAQ merupakan dokumen dengan berbagai macam pertanyaan umum pada suatu masalah.

Hampir semua homepage dan newsgroup yang baik memiliki FAQ untuk menjawab segala pertanyaan yang akan sering dikemukakan oleh pengunjungnya.

3SWAG

ngonoo.com

Mungkin bagi kamu yang jarang bermain media sosial sering mendengar kata “SWAG” ini melalui televisi. Memang beberapa pesohor ibu kota kerap menggunakan singkatan ini dalam percakapannya.

SWAG sendiri kepanjangannya adalah Style With a Little Bit Gangsta yang artinya bergaya seperti para gangster atau bisa juga berarti keren.

4QOTD

ngonoo.com

QOTD adalah Quote of the Day yang berarti kutipan hari ini. Mungkin beberapa dari kalian sering membuat kutipan untuk dibagikan dalam akun-akun media sosial kalian. Misalkan saja kutipan dari sebuah buku yang baru selesai kamu baca.

Atau bahkan kutipan khas Mario Teguh yang menyejukkan hati? Nah, terserah kamu deh kalau soal itu.

5OOT

ngonoo.com

Singkatan ini biasanya digunakan dalam sebuah percakapan. Out of Topic ditujukan untuk mereka yang sering keluar dari topik pembicaraan saat sedang mengobrol. Entah karena tidak fokus atau tak mau lagi membahas topik yang sedang dibicarakan.

6LOL

ngonoo.com

LOL atau Laugh Out Loud ini kerap sekali digunakan dengan diikuti sebuah emoticon yang menunjukkan makna singkatan tersebut. Jadi, kalau kamu berbuat hal konyol, siap-siap menerima sebuah emot ngakak lengkap dengan singkatan ini di HPmu.

7CMIIW

ngonoo.com

Nah, untuk singkatan yang satu ini bisa kamu gunakan saat membuat sebuah statement guys. Ketika kamu sedang memberikan suatu informasi atau menanggapi pertanyaan dalam sebuah forum atau grup gunakan saja singkatan ini.

CMIIW kerap digunakan untuk mengantisipasi salah bicara. Jadi, kamu bisa dikoreksi kalau-kalau mengeluarkan komentar yang kurang tepat. Namanya juga Corect Me If I’m Wrong.

8YOLO

ngonoo.com

YOLO biasa dipakai untuk mengungkapkan bahwa kamu ini hidup cuma sekali lho. Jadi, coba gunakan hidupmu untuk melakukan hal-hal baru yang menarik. Jangan sampai kamu menyesal nantinya guys.

9ROTFL

ngonoo.com

Lebih parah nih ngakaknya daripada LOL. Kalau LOL cuma ketawa ngakak aja, nah, ROTFL ini ngakanya sampai harus guling-guling di lantai. Jadinya singkatan ini akan menunjukkan bahwa mereka benar-benar menertawakan hal yang sangat konyol.

10EOD

ngonoo.com

Singkatan EOD ini digunakan untuk mengakhiri pembahasan akan sebuah topik. Mungkin End of Discussion dipakai agar teman-teman dalam sebuah grup chatting tidak membahas topik yang tak dikehendaki lagi.