Siapa yang tidak gembira menyaksikan polah lumba-lumba ketika berenang dan meloncat di kolam pertunjukan. Semua orang pasti senang dan terhibur menyaksikan tingkah polah hewan tersebut yang terkenal cerdas dan ramah terhadap manusia.

Tapi, siapa sangka bahwa ternyata industri pertunjukan seperti sirkus itu mendapatkan keuntungan yang besar dari penangkaran lumba–lumba. Oleh karena itu, mereka akan mencoba untuk mendapatkan hewan ini dengan cara apapun.

Termasuk dalam hal perawatan. Lumba-lumba tak pernah mendapat perlakuan layak selama hewan ini berada di dunia sirkus.

1Kotak Sempit

skw1surakarta.blogspot.com

Lumba-lumba dipaksa untuk masuk ke dalam kotak ini ketika ditangkap dan dibawa selama perjalanan sampai tempat tujuan. Ukuran kotak ini kurang lebih pas seukuran tubuh lumba-lumba.

Selama perjalanan, lumba-lumba hanya dibungkus spon atau kain basah, bisa juga mentega atau lotion agar tetap lembap.

Jika sirkus lumba-lumba adalah jenis sirkus keliling, maka kotak inilah rumah si lumba-lumba, bukan air. Karena berenang di air hanya bisa ia nikmati ketika pertunjukan saja. Bisakah kamu bayangkan betapa ia tak dapat hidup bebas?

2Dipindah dengan Jaring

murniiasih.wordpress.com

Proses pengangkutan lumba-lumba yaitu dengan menggunakan jaring yang sudah pasti akan dilakukan dengan kasar dan sehingga menyakiti tubuh lumba-lumba.

3Tidak Tenang

wrrcbangalore.org

Hidup lumba-lumba selama di penangkaran atau sirkus keliling pasti tidak akan tenang. Apalagi ketika tiba waktu pertunjukan, maka ia akan lebih banyak mendengar suara bising penonton, tepuk tangan yang riuh ramai, daripada mendengar debur ombak lautan.

Lumba-lumba berkomunikasi dengan sistem sonar. Para lumba-lumba mampu saling berkomunikasi dalam jarak 220 km.

Bisakah kamu bayangkan bagaimana kemampuan tersebut akan tetap bertahan jika ia tak pernah menggunakannya sama sekali? Kekacauan pasti terjadi pada sistem sonarnya ketika lebih banyak dan lebih sering mendengar sound system dan suara bising penonton sirkus.

Akhirnya, lumba-lumba bisa stres dan mati.

4Kekerasan

tiwiedwords.wordpress.com

Lumba-lumba akan mendapat kekerasan jika tak menurut. Dan memang kebanyakan pada semua hewan sirkus, begitulah cara yang akan didapat oleh para hewan agar patuh pada perintah pawang.

5Usia Lebih Pendek

avontur.net

Akibat seringnya mendapa perlakukan tak semestinya, sebagaimana ia seharusnya hidup secara bebas di alam terbuka, maka usia lumba-lumba dalam penangkaran atau sirkus keliling jauh lebih pendek/sebentar daripada lumba-lumba yang hidup di laut lepas.

Lumba-lumba di penangkaran dipaksa untuk tampil hampir setiap hari. Kolam penangkaran merupakan penjara bagi lumba-lumba.

Maka, tak heran bila lumba-lumba sirkus hanya bisa bertahan hidup sampai usia 2-8 tahun. Jika hewan ini hidup bebas di habitat aslinya, maka akan hidup sampai usia 40 tahun.

6Dipisahkan dengan Keluarga

mindtalk.com

Lumba-lumba biasa hidup berkoloni atau berkelompok bersama kawan dan keluarganya. Apa yang kamu bayangkan jika kebiasaannya tersebut dihancurkan secara semena-mena oleh manusia?

Di alam liar, lumba-lumba selalu bergerak, berpergian hingga beratus – ratus mil jauhnya setiap hari.

Mereka menjelajahi banyak tempat,  mengenali sekitar mereka dengan sonar yang telah disesuaikan oleh lingkungan mereka dan indra tersebut tidak dimiliki oleh manusia.

Mereka bermain, berenang dan tidur bersama dengan keluarga serta teman mereka dalam kelompok yang sangat erat.

Maka lumba-lumba sirkus sering mengalami stres dan cepat mati akibat dipisahkan dari keluarga dan kawan-kawannya.

7Dibuat Lapar

youtube.com

Pada tempat penangkaran sirkus keliling maupun sirkus dengan tempat tetap, lumba-lumba dibuat kelaparan dahulu sebelum pertunjukan agar hewan ini menurut apabila diiming-imingi makanan.

8Habitat yang Menyiksa

theatmojo.com

Lumba-lumba hidup di dalam kolam yang sudah dicampur dengan klorin. Hal tersebut membuat kulit lumba-lumba terasa terbakar dan dapat mengalami kebutaan.

9Perilaku Tidak Alami

theatmojo.com

Apa yang kamu lihat di penangkaran adalah lumba-lumba yang diajarkan dengan perilaku tidak alami. Seperti melompati lingkaran api dan mencium orang.

Begitu juga program latihan dengan rasa lapar. Lumba-lumba akan diberi makanan yang sedikit agar mau menuruti perintah si pelatih.

Lumba-lumba dan paus adalah makhluk yang sangat cerdas. Mereka memiliki otak besar yang kompleks, mereka mengenali diri mereka sendiri, dan mereka juga menciptakan bahasa yang kompleks.

10Bandingkan!

paudauliyaa.blogspot.com

Coba sekarang kamu lihat, mana yang lebih indah untuk dipandang? Lumba-lumba yang meloncat tersiksa di area sirkus atau lumba-lumba yang bermain riang di laut lepas, di alam liar yang merupakan habitat aslinya?

marcexplores.wordpress.com
marcexplores.wordpress.com

Lumba-lumba yang hidup bebas di alam liar akan tetap memiliki kemampuan bawaannya yang tak akan pernah rusak dibandingkan dengan keberadaannya yang terus-menerus sambil bekerja tak henti-hentinya di pertunjukan sirkus.

marcexplores.wordpress.com
marcexplores.wordpress.com

Pengalaman mereka tentang dunia sebetulnya mirip dengan kita. Mereka seharusnya tidak boleh dipaksa hidup dalam perbudakan karena permintaan masyarakat, dan keserakahan manusia atas pundi-pundi rupiah.