MEA menciptakan sistem perdagangan bebas antara Negara-negara Asean. Cita-cita bersama yang terintegrasi dalam suatu komunitas yang disebut MEA ini masih harus menghadapi berbagai tantangan dan rintangan yang terdapat pada masing-masing negara anggota.

Negara-negara yang masuk dalam Asean ada 10 yaitu: Malaysia, Filipina, Singapura, Thailan, Brunai Darussalam, Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar dan juga Indonesia.

MEA juga mempunyai kesepakatan bersama untuk mencapai tujuan, yaitu sebagai negara yang makmur. Masing-masing Negara memiliki latar-belakang sosial-budaya, ideologi politik, ekonomi dan kepentingan berbeda.

Seluruh perbedaan tersebut disatukan ke dalam suatu komunitas yang disebut Masyarakat Ekonomi Asean, dan disusunlah tujuan bersama untuk memakmurkan dan memajukan Negara-negara yang masih dalam tahap berkembang ini.

Beberapa dampak positif dari adanya MEA ini adalah;

Back

1. Peningkatan Ekonomi Negara

Pada tahun 2015, ASEAN merencanakan penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan regional ASEAN, meningkatkan daya saing kawasan secara keseluruhan di pasar dunia.

Keberadaan MEA pun akan mendorong pertumbuhan ekonomi, mengurangi kemiskinan, serta meningkatkan standar hidup masyarakat.

Dengan adanya MEA tersebut, maka akan tercipta suatu pasar besar kawasan ASEAN yang akan berdampak besar terhadap perekonomian negara anggotanya.

Oleh karena itu, diperlukan adanya penyetaraan ekonomi seluruh anggota ASEAN agar tidak terjadi ketimpangan atau ketidakmerataan ekonomi.

pri.org
Back