Sistem kekebalan tubuh merupakan bagian teramat penting untuk melawan penyakit dan infeksi. Jika sistem kekebalan tubuh lemah, hal ini akan menyebabkan kondisi kesehatan memburuk. Bahkan bisa sampai mengalami permasalahan serius seperti infeksi dan flu.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita semua untuk senantiasa menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap dalam kondisi prima.

Salah satu caranya adalah dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang justru akan memperburuk kondisi kekebalan tubuhmu seperti berikut ini.

1Merokok

soktau.com

Merokok bukan saja meningkatkan resiko kanker paru-paru. Kebiasaan ini juga dapat melemahkan sistem kekebalam tubuh. Terdapat ribuan racun yang terkandung dalam setiap hisapan asap rokok. Racun inilah yang akhirnya menjadikan fungsi kekebalan tubuh menjadi rusak.

Itulah kenapa, para perokok aktif maupun pasif lebih rentan terhadap berbagai gangguan pernafasan hingga mengalami masalah yang cukup parah seperti asma, bronkitis hingga pneumonia. Jika kamu seorang perokok, maka sebaiknya segera hentikan kebiasaan burukmu itu.

2Alkohol

blog-netizen.com

Dalam sebuah penelitian dijelaskan bahwa efek mengkonsumsi alkohol dapat menghancurkan antibodi tubuh yang berfungsi untuk melawan sel yang telah terinfeksi oleh virus. Karenanya, bagi orang yang telah kecanduan alkohol, lebih mungkin menderita infeksi serius seperti tuberkolosis.

3Kurang Tidur

sehatcenter.com

Sangat penting bagi kamu untuk mendapatkan waktu isitirahat yang cukup demi memastikan sistem kekebalan tubuhmu berfungsi dengan  baik. Saat kamu tidur, tubuh mengembalikan dan mengisi ‘bahan bakar’. Salah satunya adalah sistem kekebalan tubuh.

Jika kamu membatasi jumlah waktu tidur secara konsisten, kamu telah mengambil resiko lebih tinggi terkena infeksi atau kondisi kesehatan yang serius seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes dan obesitas.

4Kurang Aktifitas Olahraga

acehonline.info

Jika kamu tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga, hal itu akan membuat sistem kekebalan tubuhmu semakin lemah dan dapat meningkatkan resiko penyakit atau infeksi.

Penelitan telah menunjukkan bahwa melakukan aktifitas fisik secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan jumlah sel darah putih yang berfungsi membantu melawan segala penyakit yang hendak bercokol di dalam tubuh.

5Stres

ayobuka.com

Rupanya stres dapat menyebabkan kondisi kesehatan semakin memburuk. Tingkat stres yang tinggi membuat produksi hormon menjadi tidak seimbang. Pada akhirnya hal ini akan merusak fungsi sistem kekebalan tubuh.