Gangguan pada sistem pencernaan begitu beragam jenisnya. Faktor penyebabnya pun bermacam-macam. Beberapa diantaranya seperti kualitas makanan yang kurang baik. Kebersihan tempat makan yang tidak terjaga. Pola makan tidak sehat dan sebagainya.

Ada beberapa gangguan atau kelainan pada sistem pencernaan yang bisa terjadi pada siapapun. Karena itu, kamu perlu mengetahui sejak dini, jenis dan gejala yang timbul saat kamu merasa mengalami gangguan sistem pencernaan.

1Gastritis

nonisehatsukses.blogspot.com

Penyakit ini menjangkiti penderitanya dengan gejala peradangan akut atau kronis pada lapisan mukosa dinding lambung. Hal ini disebabkan penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung kuman penyakit.

Selain itu, tingginya kadar asam klorida (HCl) pada lambung juga dapat menjadi faktor utama terjadinya gastritis pada seseorang.

2Hepatitis

wartakesehatan.com

Hepatitis merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi virus pada hati. Virus masuk ke dalam tubuh melalui beberapa media, seperti air dan makanan.

3Diare

menara-fm.com

Iritasi pada selaput dinding usus besar atau kolon merupakan sebab seseorang mengalami diare. Akibatnya, feses penderita diare menjadi encer. Penyebab diare salah satunya karena penderita mengkonsumsi makanan yang mengandung bakteri atau kuman.

Sehingga gerakan peristaltic dalam usus besar tidak terkontrol dan laju makanan meningkat. Usus pun tidak dapat menyerap air dengan baik sehingga keluar masih dalam bentuk encer bersama sisa makanan yang lain.

Akan tetapi, bila feses yang keluar bercampur dengan darah atau nanah. Kemudian perut terasa mulas. Hal ini menunjukkan gejala desentri. Penyebab desentri adalah bakteri Shigella yang menginfeksi dinding usus besar.

4Konstipasi

medicastore.com

Bahasa lain konstipasi adalah sembelit, yaitu keadaan yang dialami seseorang dengan gejala feses mengeras sehingga sulit dikeluarkan. Hal ini disebabkan adanya penyerapan air pada sisa makanan. Sehingga feses kekurangan air dan mengeras.

Masalah ini seringkali disebabkan kebiasaan buruk menunda-nunda buang air besar. Selain itu, juga karena si penderita kurang mengkonsumsi makanan berserat.

Oleh karena itu, disarankan untuk banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang berserat tinggi dan minum air yang cukup.

5Maag

penyebabmaag.com

Ciri-ciri orang yang mengalami maag antara lain rasa perih pada dinding lambung, mual, muntah dan perut kembung.

Hal ini disebabkan kadar asam lambung meningkat secara tidak normal. Beberapa hal yang dapat memicu tingginya asam lambung seperti stres dan pola makan tidak teratur.