Apakah kamu sedang galau, sedang sedih atau sedang mengalami rasa putus asa yang luar biasa? Jika begitu adanya, maka kamu perlu mencari inspirasi dari sekelilingmu. Untuk apa?

Ini perlu kamu lakukan agar hidupmu lebih bergairah, dan menyadari bahwa hidup itu bukan untuk mengurusi masalah yang itu-itu saja. Kamu harus bangkit dan melihat dunia lebih luas.

Lalu bagaimana caranya mendapatkan inspirasi dari sekitar kita?

Inspirasi Ini bisa kamu dapatkan dengan cara meluangkan waktu untuk berdiam sejenak, cukup lihat saja apa yang ada di sekitar kamu.

Bukankah semut yang berjalan beriringan pun menyimpan sejuta inspirasi yang ingin disampaikan?

Benda-benda mati di sekitar seperti jam dinding, pintu, lemari, cermin, dan lain-lain, bisa kita amati untuk diambil pelajarannya. Begitupula hewan-hewan yang kita lihat di sekitar seperti semut,laba-laba, kucing, burung, cacing dan lain sebagainya.

Selain dari apa yang ada dan terjadi di sekitar, kita pun bisa mengambil pelajaran hidup dari ilmu pengetahuan. Nah, salah satu ilmu pengetahuan yang bisa kita gali inspirasinya adalah tentang sistem tata surya.

Apakah sistem tata surya itu? dan bagaimanakah ia bekerja? Langsung kita ulas lebih dalam lagi yuk!

Sistem tata surya merupakan kumpulan benda langit yang terdiri dari matahari sebagai kompenen utamanya dan semua objek yang terikat dengan gaya gravitasi.

Salah satu objek yang di maksud di sini adalah planet-planet yang mengelilingi matahari dengan orbitnya masing-masing. Sebenarnya, hikmah dan pelajaran apa yang bisa kita ambil dari sistem tata surya?

Sistem tata surya mengajak kita untuk merenung, tentang;

1Patuh pada Pemimpin

kdpfgirls.blogspot.com

Matahari sebagai kompon utama sistem tata surya merupakan patokan bagi planet-planet yang lain untuk mengelilinginya berdasarkan garis edarnya masing-masing.

Jika kita perhatikan lebih seksama, maka tidak ada satupun planet yang bertindak semaunya, tidak ada satupun dari mereka yang melanggar aturan. Planet-planet itu seperti berkata, “kami dengar dan kami taat.”

2Tiap Diri Itu Unik

gm88.wordpress.com

Bila kita lihat kasat mata, dari ukurannya saja, tiap planet itu sudah beda-beda. Selain ukuran, jarak dengan matahari yang berbeda-beda pun menyebabkan keunikan tersendiri antar planet-planet itu.

Dari jarak dengan matahari, bisa dipastikan suhu antar planet pun berbeda-beda.

Selain itu, kandungan zat-zat atau materi-materi di tiap-tiap planet yang berbeda-beda makin menambah keunikannya masing-masing.

Tiap-tiap planet punya keunggulannya masing-masing, dan planet-planet itu tetap bekerja sesuai perannya masing-masing, walaupun kekuatan mereka berbeda-beda.

Dari analogi planet-planet ini, kamu bisa terapkan dalam kehidupan kamu. Kamu perlu menyadari, bahwa perbedaan merupakan sebuah keniscayaan, dan masing-masing diri memiliki kekuatan masing-masing pun merupakan sebuah keniscayaan.

Oleh karena itu, jangan pernah merasa rendah diri. Kamu dengan kelebihan dan peranmu sendiri.

3Selalu Ada Campur Tangan Allah

dailymotion.com

Sistem tata surya dengan planet-planet yang selalu beredar pada porosnya, dan matahari yang tidak pernah kehilangan energinya, merupakan sebuah bukti kekuasaan Allah. Sistem tata surya menunjukkan kepada kita, bahwa semua yang terjadi dalam kehidupan tidak lepas dari campur tangan Allah.

Bukankan tidak mungkin jika alam semesta ini tertata rapi tanpa ada yang mengaturnya?

4Rapi dan Teratur adalah Keniscayaan

dietrendahkalori.com

Melihat susunan planet yang rapi dan teratur, secara tidak langsung mengajarkan kepada kita bahwa hidup itu memang seharusnya teratur.

Bayangkan saja jika planet-planet itu tidak rapi dan tidak teratur, bukankah mereka akan bertabrakan satu dengan yang lainnya? dan ini merupakan tanda-tanda kehancuran.

Lalu, bagaimana jika hidupmu tidak teratur? Pastinya kehidupan kamu akan bermasalah juga, kan? Misalnya saja jika kamu telat makan, dan kejadiannya berulang terus menerus, bisa-bisa kamu kena maag, kan?!

5Bermanfaat Bagi Orang Lain

kisahislamiah.blogspot.com

Matahari mengajarkan kita untuk selalu bermanfaat bagi orang lain. Lihatlah, tanpa diminta pun matahari memberi sinarnya kepada kita.

Sehari saja tak ada matahari, ibu-ibu pasti banyak kelimpungan, karena mereka bingung bagaimana cara mengeringkan pakaian.

Terbukti kan matahari memberi manfaat. Bagaimana dengan kamu?

6Kekuasaan Allah Tidak Berbatas

serbahabib.blogspot.com

Melihat luar angkasa yang tidak ada batasnya, menjadi peringatan kepada kita, bahwa kekuasaan Allah di langit dan bumi itu tidak berbatas.

Wah, banyak juga ya inspirasinya. Ini belum ada apa-apanya lho. Tapi, sekarang giliran kamu yang merenungkannya sendiri. Selamat mencari inspirasi.