Memiliki tubuh yang bugar dan sehat salah satunya dapat ditandai dengan memiliki otot yang tampak kokoh. Dalam proses melatih dan membentuk otot, salah satu otot yang cukup sulit dibentuk adalah otot perut.

Hal ini karena membentuk otot perut tidak hanya melalui angkat beban pada otot perut saja, tapi harus dibarengi olahraga cardio untuk membakar lemak dalam tubuh dan menjaga pola makan.

Walau demikian, bukan berarti memiliki perut sixpack menjadi hal yang mustahil dilakukan.

Nah, bagi kamu yang ingin tahu apa saja gerakan yang dapat kamu lakukan secara rutin untuk membentuk otot perut. Berikut ini penjelasannya.

1Bicycle Maneuver

rogerbcncat.wordpress.com

Gerakan ini diawali dengan berbaring di lantai. Kemudian letakkan kedua tangan di samping kepala dan tarik lutut kamu perlahan-lahan sekitar 45 derajat. Selanjutnya lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda dengan bergantian antara kaki kanan dan kaki kiri.

2Cruch on Exercise Ball

www.bodybuilding.com

Lakukan cara ini dengan memanfaatkan bola yang biasa digunakan untuk olahraga. Pertama duduklah kamu di atas bola dengan posisi kaki rata dengan lantai. Biarkan bola kemudian berguling ke belakang dan berbaringlah di atas bola hingga pahamu sejajar dengan lantai.

Selanjutnya silangkan kedua lengan di depan dada atau di belakang kepala. Angkat dagu sedikit ke atas dan mata tertuju pada langit-langit. Kemudian angkat tubuhmu tidak lebih dari 45 derajat. Jika merasa ingin jatuh, cobalah membuka kakimu sedikit lebih lebar.

3Vertical Leg Crunch

flipboard.com

Gerakan yang satu ini dapat kamu mulai dengan berbaring di lantai dengan tangan berada di belakang kepala.

Kemudian angkat kaki ke atas dan silangkan kaki kiri dengan kaki kanan. Selanjutnya angkatlah badanmu ke arah lutut hingga otot perut terasa kencang. Lakukan dengan beberapa kali pengulangan.

4Curl Up

flipboard.com

Curl up dapat dilakukan dengan berbaring di permukaan lantai. Mulailah dengan menekuk lutut sekitar 90 derajat dengan telapak kaki tetap menyentuh lantai. Kemudian luruskan tangan ke depan dan letakkan di samping badan.

SHARE