#MyTripMyAdventure adalah sebuah hastag yang akhir-akhir ini memenuhi beranda akun sosial media. Banyak dari temanmu yang berlomba-lomba pergi ke suatu tempat untuk kemudian memamerkannya di sosial media.

Kebanyakan dari mereka memamerkannya dengan hasil jepretan foto handphone. Namun bagaimana jika ada seseorang yang mengabadikan momen kunjungannya ke suatu tempat dengan menggambar sketsa?

Ada seorang desainer grafis dan ilustrator dari Latvia yang kemudian tinggal di Prague. Ilustrator ini bernama Ieva Ozola. Ia memulai proyeknya sejak bulan Juli 2015.

Setiap hari ia menggambar 1 sketsa pada tempat yang berbeda. Ia menggambar sketsa di manapun dia sedang berada untuk kemudian di-upload di akun instagram.

Ia sangat konsisten dan tak ada satu hari pun yang ia lewati tanpa menggambar sketsa. Ia menggambar menggunakan sktechbook kecil dengan bolpoin liquid, pensil, dan cat air.

Wah ini semacam menulis buku harian dengan cara yang berbeda ya. Berikut ini ada 6 karya sketsa dari Ieva Ozola yang bahkan membuatmu sulit membedakan mana wujud tempat yang asli dan mana wujud gambar sketsa.

1Hari Ke 4, Monumen Kebebasan di Latvia

www.boredpanda.com

Ieva Ozola menggambar sketsa sebuah monumen tinggi. Di samping kanan dan kirinya terdapat beberapa gedung. Goresan warna langit juga cukup detail mengikuti suasana aslinya.

Namun, pada gambar hari ke-4 ini karyanya belum menonjolkan karakter yang kuat.

2Hari Ke 18, Padang Hutan di Hareidlandet, Norwegia

www.boredpanda.com

Bunga berwarna ungu dan bertingkat-tingkat adalah obyek yang paling menonjol dari padang hutan ini. Ieva Ozola menggambarkan bunga-bunga ini dengan sangat indah.

Namun sayangnya, di karya ini Ieva Ozola belum menggambarkan pohon tinggi dan rumput-rumput di sekitar bunga ungu tumbuh.

3Hari Ke 33, Plaga de Colloiure, Perancis.

www.boredpanda.com

Sebenarnya obyek tempat Ieva Ozola berdiri adalah sebuah lautan biasa yang berwarna biru. Namun, dia menggambarkannya dengan cukup indah dan lebih detail dibandingkan karyanya pada hari ke-4 dan hari ke-18.

Batu-batu karang dengan gradasi yang detail seolah menggambarkan fragmen obyek foto yang tertutupi dengan gambar sketsanya.

4Hari ke 57, Velka Amerika

www.boredpanda.com

Kali ini Ieva Ozola mengambil obyek sebuah tempat yang di kanan kirinya dihimpit oleh tebing tinggi. Dia menggambarkan obyek ini dengan lebih detail dan indah dibandingkan hari ke-57.

Ia menggambarkan pohon-pohon kecil disekitar tebing meskipun hanya sebatas coretan warna hijau.

5Hari ke 124, Tower TV Zizkow, Prague

www.boredpanda.com

Sebuah gambar sketsa yang sangat unik. Ieva Ozola menggambarkan sebagian tower tidak lengkap sampai puncak. Namun, ia memfoto menyambung dengan puncak tower aslinya.

Ia menggabungkan karya sketsanya dengan obyek asli dengan sangat indah. Warna langit-langit biru tersebut ikut tertangkap dalam sketsanya. Begitu juga dengan beberapa ranting pohon di sekitar tower.

6Hari ke 138, Strelecky Ostrov, Prague

www.boredpanda.com

Sebuah perkembangan yang pesat tergambar dari gambar ini. Lagi-lagi Ieva Ozola menggabungkan obyek asli dengan karya sketsanya. Ia menggambarkan tiang-tiang jembatan sangat mirip dengan obyek aslinya.

Begitu juga dengan warna air dan warna bangunan di sekitar jembatan.

Kumpulan karya ini selain memberikan cerita dengan cara yang berbeda, juga mengajarkan kepada kita bahwa konsistensi dalam berlatih dan mengasah bakat mutlak diperlukan.

Semakin banyak jam terbang dalam berlatih, maka karya yang dihasilkan semakin mendekati kesempurnaan. Sehebat apapun bakatmu jika tidak kamu asah dengan konsisten akan menjadi hal yang sia-sia dan terkubur oleh waktu.

Sebaliknya, seburuk apapun kemampuan yang kamu miliki, jika kamu konsisten berlatih maka lama kelamaan kamu akan dapat melahirkan sebuah maha karya yang indah.

SHARE