Memiliki rumah adalah impian semua keluarga. Mungkin kamu dan pasanganmu bekerja keras siang dan malam mengumpulkan tabungan untuk membangun rumah.

Setelah tabungan cukup banyak dan dirasa semakin dekat dengan mimpi membangun rumah, tentu saja yang akan kamu pikirkan selanjutnya adalah sketsa rumah yang akan dibangun.

Model rumah minimalis saat ini paling diminati terutama masyarakat perkotaan. Harga tanah yang semakin membumbung tinggi membuat kamu harus bersyukur membeli lahan yang tak terlalu luas.

Namun jangan khawatir, lahan yang tak terlalu luas dapat dimaksimalkan fungsinya sehingga menjadi rumah yang elegan dan nyaman untuk ditinggali. Pemanfaatan lahan tanah harus dipertimbangkan baik-baik.

Desain rumah tidak hanya cukup dibayangkan di mana letak kamar tidur dan di mana letak ruangan yang lainnya. Kamu harus menggambar detail setiap ruangan dalam sebuah sketsa.

Berikut ini tips membuat sketsa rumah minimalis agar terlihat elegan dan nyaman.

1Jangan Tergesa-gesa

www.rumah123.com

Hal utama yang penting dalam menentukan sketsa rumah adalah jangan tergesa-gesa. Rumah adalah tempat keluargamu berteduh dari panas dan hujan dalam waktu yang sangat lama.

Apabila model rumah yang kamu buat tidak sesuai, merubahnya menjadi hal yang hampir tidak mungkin. Apabila kamu dan pasangan nekat untuk membongkarnya, pasti membutuhkan banyak biaya.

2Carilah Inspirasi Sebanyak-banyaknya

www.sikumistory.blogspot.com

Model rumah minimalis sekarang ini terus berkembang. Tak hanya elegan namun ada juga yang unik namun tetap nyaman ditinggali. Carilah inspirasi sketsa rumah minimalis sebanyak-banyaknya.

Cara pertama adalah dengan berjalan-jalan bersama pasangan di perumahan-perumahan modern. Biasanya perumahan modern terdiri dari beberapa klaster. Setiap klaster memiliki bentuk rumah yang sama.

Di pagi hari atau sore hari berjalan-jalanlah bersama pasangan untuk melihat-lihat model rumah minimalis. Bila perlu ambil foto model rumah tersebut.

Agar tidak dicurigai satpam penjaga klaster, akan lebih baik jika kamu sekaligus meniatkan silaturahmi kepada saudara atau teman yang tinggal di perumahan tersebut.

Cara kedua untuk mencari inspirasi adalah dengan membeli majalah atau tabloid properti. Untuk edisi terbaru memang masih mahal. Jika kamu ingin lebih hemat, belilah majalah atau tabloid bekas.

Namun, jangan membeli tabloid dengan edisi terlalu lama. Setidaknya belilah edisi 3 tahun terakhir agar modelnya tidak terlalu ketinggalan zaman.

Cara ketiga adalah dengan berselancar di dunia maya. Carilah model rumah yang sesuai dengan rencanamu bersama pasangan. Simpan gambar rumah tersebut kemudian di cetak di kertas.

3Datangilah Pameran Properti

www.seputarmalang.com

Pameran properti biasanya diadakan secara berkala di wilayah kota-kota. Datangilah pameran properti ini bersama pasanganmu.

Tak perlu khawatir jika kalian belum memiliki banyak tabungan. Kamu hanya perlu mengumpulkan banyak brosur dari kontraktor yang mengikuti pameran properti tersebut. Seleksi model rumah yang sesuai dengan keinginanmu dan keinginan pasanganmu.

4Buat Kliping Model Rumah

www.mahminimalisdesain.com

Dari banyak model rumah yang telah kamu dapatkan, buatlah kliping. Pembuatan kliping ini dimaksudkan agar lebih mudah membandingkan antara satu model rumah dengan model rumah yang lain.

5Diskusikan dengan Pasangan

www.menikamkelam.blogspot.com

Diskusikan dengan pasangan model rumah mana yang paling sesuai untuk keluarga kecilmu. Pertimbangkan juga model rumah dengan budget yang diperlukan.

6Buatlah Sketsa Rumah Secara Detail

www.konstruksirumah.com

Setelah sepakat dengan model rumah yang diinginkan, buatlah sketsa rumah dengan detail. Pertimbangkan jumlah kamar dan ruangan apa saja yang diperlukan. Di gambar sketsa sertakan juga ukuran masing-masing ruangan agar lebih mudah dalam pembangunannya.

Jangan lupa untuk menyisakan lahan yang akan digunakan sebagai taman. Selain rumahmu lebih indah, taman juga dapat membuat rumah lebih sehat.

SHARE