uad.ac.id

Skripsi Pasti Berlalu Dengan 5 Cara Ini

Posted on

Kamu sudah selesai KKN dan PKL? Sudah saatnya kamu menghadapi skripsi. Artinya, status kamu sekarang adalah mahasiswa tingkat akhir yang harus segera lulus dari kampus tercinta.

Mahasiswa tingkat akhir dan skripsi ibarat ikatan kimia yang tak terpisahkan. Ketika menghadapi skripsi, mahasiswa hanya punya dua pilihan. Lulus atau meluluskan diri.

Banyak mahasiswa yang berhasil melewati tahapan skripsi dan meraih gelar sarjananya. Tapi, tidak sedikit yang justru meluluskan diri alias tidak menyelesaikan skripsinya.

Guys, skripsi atau Tugas Akhir adalah risiko yang harus dihadapi mahasiswa. Di Indonesia, skripsi merupakan pembuktian dari pemahaman teori selama kuliah.

Kamu diminta memberikan bukti bahwa ilmu yang kamu terima sudah masuk dalam hati dan pikiranmu melalui setumpuk skripsi. Bagaimana agar caranya supaya skripsi cepat berlalu? Inilah 5 cara yang bisa kamu lakukan.

Kerjakan Sekarang Juga!

cimaushop.blogspot.com
cimaushop.blogspot.com

Memulai pembuatan skripsi merupakan hal paling sulit bagi mahasiswa tingkat akhir. Penelitian sudah, dosen pembimbing juga sudah dapat, tapi giliran memulai skripsinya yang susah.

Bahkan, kadang-kadang ada mahasiswa yang baru menemukan judul dalam waktu 2-3 bulan setelah penelitian. Mengapa bisa begitu?

Karena, kamu terlalu banyak menunda-nunda. Kamu terlalu santai karena menganggap deadline kelulusan masih sangat lama. Padahal, sekarang kamu sudah berada di semester delapan.

Kapan mengerjakannya guys? Kerjakan sekarang atau kamu tidak akan pernah mengerjakannya sama sekali. Jangan suka menunda untuk memulai skripsi meskipun itu hanya mencari sebuah judul untuk sampul skripsi.

Buatlah Deadline dan Target

seputarmahasiswa.com
seputarmahasiswa.com

Kamu boleh santai dengan tugas kuliah, tapi untuk skripsi, jangan mencoba untuk santai. Sekali saja kamu menundanya, dijamin kamu akan ketinggalan.

Cobalah membuat target pengerjaan skripsi setiap hari. Jangan mengikuti deadline dari kampus karena pasti deadline-nya satu atau dua semester lagi. Kamu harus punya deadline sendiri ya.

Dengan adanya deadline pribadi, kamu akan mempunyai motivasi untuk mengerjakan skripsi. Tempel deadline yang kamu buat di tempat yang sering kamu sambangi. Kalau perlu di kamar mandi atau toilet (pasti kamu sering ke sini).

Kejar Dosen Pembimbing

atcsc.blogspot.com
atcsc.blogspot.com

Dapat dosen pembimbing super galak? Jangan takut. Meskipun mereka galak, yakin deh, mereka pasti ingin mahasiswa bimbingannya cepat lulus.

Jika dosen sangat sulit kamu temukan, terus kejar. Kalau perlu, kamu harus cari tahu tempat mana saja yang sering didatangi olehnya.

Saat dosen pembimbing tidak merespon sms dan teleponmu, jangan menyerah. Datanglah ke kampus pagi-pagi sebelum dosenmu datang. Lebih keren lagi kalau kamu mau menunggunya di tempat parker (dijamin ketemu).

Setelah dosen pembimbing mudah kamu temukan, perbanyak diskusi dengannya. Wawasan kamu akan bertambah ketika kamu rajin berdiskusi dengan dosen. Otomatis, pengerjaan skripsimu juga cepat selesai.

Sempatkan Dua Jam Untuk Skripsi

kampusholic.co
kampusholic.co

Cara keempat saat kamu benar-benar jenuh dengan skripsi, cukup kerjakan minimal dua jam sehari. Kamu harus punya target, dalam dua jam itu kamu bisa menghasilkan dua sampai tiga lembar dalam skripsi.

Walaupun lama, setidaknya kamu telah berusaha untuk menyelesaikannya. Sedikit lebih baik daripada tidak sama sekali. Percayalah skripsi pasti berlalu.

Lepaskan Penatmu Sejenak

dostavka-anglia.com
dostavka-anglia.com

Mengejar wisuda mungkin membutuhkan kerja keras yang luar biasa. Kamu harus lembur siang malam untuk mengerjakan skripsi dan revisinya.

Tapi bukan berarti kamu tidak boleh pergi jalan-jalan untuk melepaskan penat. Ada kalanya, kamu membebaskan beban pikiran dengan cara pergi bersama teman-teman atau berekreasi.

Dengan cara ini kamu akan lebih segar dalam berpikir. Namun, kamu jangan terlena. Segeralah kembali berjuang setelah menyegarkan pikiran.

Itulah tadi 5 cara yang dapat kamu lakukan supaya skripsi cepat selesai. Good luck para calon sarjana!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *