Mahasiswa akhir pasti dibayang-banyangi dengan tugas akhir atau skripsi yang menjadi salah satu syarat kelulusan di beberapa universitas. Dalam benak mereka, skripsi itu sulit dan menyusahkan untuk dikerjakan.

Sehingga mahasiswa tingkat akhir itu memiliki banyak sekali alasan untuk menunda mengerjakan skripsi, bahkan beberapa mahasiswa tidak lulus dan berhenti di akhir masa kuliahnya karena tidak mengerjakan skripsi.

Entah karena bekerja, malas, dan alasan lainnya. Jika kamu ingin terhindar dari pertanyaan “kapan lulus?”, “sekarang sudah bab berapa?”. Maka kerjakanlah skripsimu mulai dari sekarang.

Berikut ini beberapa tips untuk membantumu menyelesaikan skripsi yang tersendat karena berbagai alasan itu dengan segera.

1Berilah Makanan Bernutrisi untuk Dirimu

www.program-hamil.com

Bisa jadi kamu malas untuk mengerjakan skripsi karena tubuhmu sedang kekurangan nutrisi yang bisa memberi semangat lebih baik untuk dirimu. Makanlah lebih banyak buah dan sayuran sebagai nutrisi tambahan.

Jangan terlalu berlebihan dalam mengonsumsi karbohidrat, kamu akan dibuat ngantuk jika banyak-banyak makan-makanan berat. Sedangkan untuk cemilan, pilihlah kacang-kacangan untuk menemani kamu mengerjakan skripsi.

2Carilah Saat di Mana Kamu Lebih Produktif

www.gregetan.com

Antara mahasiswa yang satu dan yang lain pasti memiliki waktu dan kegiatan yang berbeda-beda, begitu juga dengan waktu produktif. Bisa jadi mahasiswa A menjadi lebih produktif saat pagi hari, mahasiswa B ketika siang hari.

Maka carilah waktu ketika kamu akan lebih maksimal ketika mengerjakan skripsi, hanya dirimu yang tau kemampuan dan kapasitas untuk mengerjakan skripsi itu. Gunakanlah waktu sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.

3Menjalin Hubungan yang Baik dengan Dosen

www.arifiyanto.web.id

Biasanya saat akan skripsi di beberapa universitas memperbolehkan mahasiswanya untuk memilih sendiri dosen yang akan membimbingnya, sudah pasti yang ini lebih disenangi oleh mahasiswa.

Berbeda jika mahasiswa sudah langsung diberi nama dosen pembimbing dari kampus yang mau tidak mau harus diterimanya.

Tidak ada masalah jika dosen itu adalah dosen favorite kita, tetapi bagaimana jika dosen itu merupakan dosen “killer” yang ditakuti seluruh mahasiswa?

Pada intinya kamu harus menghadapinya, belum pasti dosen-dosen itu memang galak dan tidak bisa diajak bekerja sama. Kamu hanya perlu melakukan pendekatan yang baik dan jadilah mahasiswa yang disenanginya.

Rajin-rajinlah berkonsultasi, mengumpulkan setiap pekerjaan yang diminta tepat waktu, serta maksimal dalam mengerjakan skripsi agar dosen pembimbing melihatmu dengan nilai positif.

4Minta Tolong Kepada Teman

www.kammijember.org

Kamu bukanlah orang yang pertama kali mengerjakan skripsi guys. Sebelum kamu pasti ada beberapa teman, kenalan maupun kakak tingkat yang sudah mengerjakan skripsi yang bisa menjadi sumber informasimu.

Jika kamu merasa ada kesulitan, kamu tidak sendirian, hubungi saja teman-temanmu dan minta bantuan kepada mereka untuk memecahkan masalah yang sedang kamu hadapi saat ini.

Mengajak mereka berdiskusi dan meminta mereka membagi pengalaman selama mengerjakan skripsi.

5Temukanlah Referensi

fahmiyahya.web.ugm.ac.id

Ini nih, bukan hal yang mudah, tetapi tidak begitu sulit juga untuk ditemukan. Beberapa mahasiswa hanya malas untuk mencari referensi yang memang tak bisa langsung didapat. Judul boleh bagus, tapi buat cari referensinya itu lho, tak tahu lagi harus ke mana.

Jika kamu merasakan hal yang seperti ini, tenang. Coba kamu manfaatkan kecanggihan teknologi yang sudah berkembang saat ini.

Kampusmu pasti memfasilitasi ruang perpustakaan dengan menyediakan komputer untuk mencari jurnal-jurnal yang biasanya berbayar bukan?

Coba saja cari apa yang kamu butuhkan melalui jurnal-jurnal yang ada di kampusmu.

Jika tidak, masih banyak kok perpustakaan-perpustakaan lain yang bisa kamu jelajahi untuk mencari referensi. Kamu juga dapat menghilangkan rasa bosan mengerjakan skripsi hanya di satu tempat saja.

Siapa tau referensi yang kamu perlukan memang ada di perpustakaan lain. Jangan menyerah ya.

6Salurkanlah Hobimu

jurnalotaku.com

Istirahatkanlah dirimu sejenak dari segala rutinitas per-skripsi-an, jangan terlalu menekan diri sendiri dengan berkutat di depan tugas akhirmu setiap hari. Luangkanlah waktu sekedar untuk bertemu dengan teman, berbagi cerita atau melakukan hobimu.

Salurkanlah hobimu disela-sela kamu mengerjakan skripsi, mungkin saja hobi yang kamu miliki berkaitan dengan skripsi yang kamu kerjakan, jadi kamu akan mengerjakan dua hal secara bersamaan.

Misalkan saja hobimu adalah bermain game, sedangkan skripsi yang sedang kamu kerjakan berjudul “Dampak Bermain Game Terhadap Pergaulan Sosial”. Jadi kamu bisa merefleksikan diri kamu untuk mencari ide dalam membahas skripsimu disaat menyalurkan hobi.

Tetapi yang perlu diingat, jangan keterusan untuk bermain game dan menghentikan kewajibanmu.

7Mencari Inspirasi

pengantarbisnis.com

Ada saat di mana kamu sudah benar-benar tidak mendapatkan ide lagi untuk melanjutkan skripsimu, kalau sudah begitu apa yang kamu lakukan? Apa kamu hanya berhenti dan semakin lama menyelesaikan tugas akhirmu?

Jika seperti itu, tidakkah kamu memikirkan jerih payah orang tuamu dalam mencari nafkah untuk membiayai kuliahmu? Apa kamu ingin membuat orang tuamu lebih lama menanti hari bahagia melihat anaknya wisuda?

Ketika kamu sedang dalam keadaan yang benar-benar terhenti, carilah inspirasi dari orang-orang terdekat dan lingkungan sekitar yang akan menumbuhkan kembali ide-ide cemerlang untuk dapat melanjutkan mengerjakan skripsi.

Jangan jadikan kehabisan ide sebagai alasan untuk kamu berhenti dari segala kewajiban yang harus segera kamu selesaikan ini.

8Beribadah

www.mts-islamiyahsayang.sch.id

Jika kamu kehilangan arah dan tujuan dalam mengerjakan skripsi, cobalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah yang maha memberi ilmu dan petunjuk.

Jangan hanya karena skripsi, kamu malah jauh dari-Nya. Lebih banyaklah berdo’a dan meminta ilmu yang bermanfaat.

Bisa jadi saat kamu kehilangan inspirasi, ketika kamu mendekatkan diri pada Allah, kamu akan diberi ide yang brilliant dan cemerlang untuk melanjutkan mengerjakan skripsimu hingga selesai.