Memiliki informasi tentang data-data keuangan yang akurat, cepat, dan tepat sangat penting bagi badan usaha kecil dan menengah demi melakukan analisis terhadap performa perusahaan.

Perkembangan perusahaan yang ditunjukkan dengan nilai transaksi yang semakin meningkat dan pertambahan aset adalah faktor-faktor yang menyebabkan semakin mendesaknya keharusan penggunaan software akuntansi di kalangan perusahaan kecil.

Inilah jenis software akuntansi yang cukup populer di kalangan perusahaan kecil dan menengah di tanah air;

1MYOB Accounting

intitute.blogspot.com

MYOB (Mind Your Own Business) Accounting merupakan software olah data akuntansi secara terpadu (integrated software), yaitu proses pencatatan data transaksi akuntansi dilakukan dengan cara mengentri data transaksi melalui media formulir yang terdapat dalam command centre.

Kemudian program MYOB akan memproses secara otomatis, cepat, tepat, dan terpadu ke dalam seluruh catatan akuntansi dan berakhir dengan laporan keuangan.

MYOB Accounting dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, baik bidang jasa, dagang (retail) maupun industri (pengolahan), dan pertanian serta usaha-usaha yang lain.

Software ini dibuat oleh MYOB Limited Australia dan sudah dipakai di berbagai Negara, baik di Eropa, Amerika, Kanada, dan Asia. Saat ini sudah hadir MYOB Accounting versi 17. MYOB

2Quick Book 5.0 Enterprise Edition

amazon.com

QB enterprise Edition ini hadir dalam 5 versi, yaitu Manufacturing & Whole Sale Edition, Retail Edition, Professional Edition, Accountant Edition, dan Contractor Edition.

Masing-masing edisi tersebut berbeda pada jenis rekening dan fungsi utama dalam menu sesuai dengan jenis usaha perusahaan. Tetapi, QB ini kurang di kenal di Indonesia, padahal fitur dan fungsi software ini sangatlah komplit.

3Accurate 3.3.0

commons.wikimedia.org

Accurate 3.3.0 ini sudah dalam bahasa Indonesia, yang merupakan software adaptasi dari Accurate International. Tampilan yang sederhana (mirip MYOB) namun elegan dengan banyak pilihan skin, sehingga terkesan modern.

4Krishand

krishand.com

Software Krishand PPN 1107, Krishand Withholding Tax, Krishand PPh 21, Krishand Payroll, Krishand General Ledger.

Software Krishand PPN 1107 atau Withholding Tax atau Krishand PPh 21 merupakan software database yang membantu dalam mempersiapkan formulir-formulir pajak.

Dengan menggunakan software ini, persiapan pelaporan pajak menjadi praktis dan efisien tanpa perlu dipusingkan oleh masalah-masalah seperti salah hitung, salah ketik ataupun kesalahan sepele lainnya.

Software krishand bukan hanya sekedar software pelaporan pajak, tetapi memberikan nilai lebih dari itu. Banyak laporan internal yang disediakan untuk membantu menganalisa data yang telah diinput.

Untuk membantu melakukan pekerjaan seminimal mungkin, software Krishand dapat dimodifikasi untuk disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Contohnya seperti setting print out pada blanko SSP atau faktur pajak, impor data penjualan untuk pembuatan faktur pajak secara otomatis, impor data Faktur Pajak Keluaran maupun Masukan dari file Excel, impor data PPh untuk pembuatan Bukti

5K-System Indonesia

businesskorea.co.kr

K-System adalah program terpadu operasional dan akuntansi yang di design khusus untuk kondisi Indonesia. Banyak perusahaan ingin melakukan komputerisasi karena dapat mempercepat operasional dan mempermudah kontrol.

Data cukup diisi 1x dibagian operasional, faktur dicetak dari komputer dan proses pembukuan selanjutnya secara otomatis dikerjakan oleh komputer. Laporan yang dibutuhkanpun tersedia setiap saat.

6Sage Accpac ERP

sage-accpac-erp.software.informer.com

Software ini adalah sebuah sistem akuntansi yang dikembangkan dengan arsitektur kelas dunia dan telah memenangkan berbagai penghargaan. Didesain untuk memenuhi kebutuhan perusahaan baik besar maupun kecil,

Sage Accpac ERP dapat dijalankan dengan menggunakan berbagai pilihan database. Sage Accpac ERP memenuhi kebutuhan perusahaan akan suatu aplikasi manajemen bisnis end-to-end yang terintegrasi penuh.

Sage Accpac ERP memberikan fungsionalitas kerja yang lebih baik dengan kinerja yang tinggi dan kebebasan pilihan bagi penggunanya.

Sage Accpac ERP mempunyai dua modul utama yang saling terintegrasi penuh, yaitu Financial Modules dan Operational Modules.

7Zahir Accounting

getserialkey.com

Zahir accounting adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan dan development software akuntansi.

Software produk ini ditujukan untuk para pebisnis atau pedagang yang ingin mengolah usahanya secara rapi dan teratur dalam hasil administrasinya, sehingga dapat mengontrol segala aktivitas yang terjadi pada usahanya.

Dilengkapi dengan proses transaksi yang sangat komplit meliputi proses management, stok barang, administrasi gudang, proses barang, proses penjualan, sampai dengan penyajian laporan keuangan.

Zahir Accounting adalah sebuah program akuntansi berbahasa Indonesia, yang mudah digunakan, berkualitas dan berdaya guna tinggi, dirancang tepat dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah di Indonesia.