Di dunia yang semakin canggih ini muncul berbagai teknologi yang memudahkan manusia melakukan aktivitasnya. Sekarang ini yang booming di kalangan masyarakat adalah tentang foto. Banyak yang orang suka mengabadikan setiap moment dengan foto.

Bukalah akun jejaring sosialmu, beberapa menit saja berandamu dipenuhi oleh foto-foto teman media sosial. Dapat kamu lihat ada yang mengabadikan kegiatan ketika makan bersama, ketika di pantai, di tempat kerja, di sekolah, dan lain-lain.

Selain itu gaya foto yang sekarang banyak di gandrungi anak-anak remaja adalah selfie. Sekali moment puluhan foto bisa terjepret. Belum lagu nanti masih diedit-edit agar tampak lebih bagus.

Memang sangat menyengkan dan seru mengabadikan setiap moment dalam foto. Foto bisa menjadi saksi bisu kita pernah menjalani peristiwa demi peristiwa.

Saat kita memfoto dan hasilnya kurang bagus, kita tak merasa khawatir karena sekarang ini banyak bermuculan aplikasi edit foto. Kita bisa mengedit foto sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Jika kamu mempunyai hasil jeperetan dan ingin menambah polesan di sini dan di sana, serta membuat jepetanmu lebih hidup, berikut terdapat beberapa aplikasi edit foto yang  menarik.

1GIMP (GNU Image Manipulation Program)

zapp5.staticworld.net

GIMP merupakan alat pengolah gambar multi-platform. Aplikasi ini memilki berbagi kemampuan. Program GIMP cocok untuk berbagai pekerjaan pengolahan gambar, mulai dari perbaikan foto, penggabungan foto dan pembuatan gambar.

Salah satu kelebihan GIMP adalah kecepatan dan ukuran program yang tidak terlau besar sehingga bisa digunakan melalui flashdisk dan media portable lainnya.

Salah fitur GIMP yang dapat digunakan dalam proses editingadalah filter dan fx-foundry, fitur-fitur ini menyediakan ratusan efek dan fungsi.

2Chasys Draw Ies

upload.wikimedia.org

Aplikasi edit foto ini merupakan editor foto yang sangat baik dengan banyaknnya fitur penting.

Berbagai fitur edeiting gambar disertakan dalam program ini, termasuk kemampuan video capture, image converter, dan  photoshop filter plugins

Selain itu juga mendukung berbagai format gambar, berbagai tools editing, perbaiakan gambar efek, belnding, dan ber bagai fitur lainnya yang biasa didapatkan di program editor gambar.

3PhotoScape

img.creativemark.co.uk

Mungkin sebagian dari kamu sudah tak asing dengan aplikasi ini. Jika kamu hanya ingin bersenang-senang dengan foto mu, aplikasi ini dapat kamu gunakan. Terdapat ratusan gambar clipart yang dapat kamu tambahkan ke foto kamu.

Misal saja kamu dapat membuat animasi GIF dan menerapkan beberapa efek khusus. Memang aplikasi ini kurang begitu menarik bagi para ahli editing tapi tak ada salahnya jika kamu ingin berkreasi dengan menggunakan sofware ini.

4Paint.Net

www.getpaint.net

Banyak yang menyukai Paint.NET. softwate ini merupakan tool editing yang dapat mnegejutkan dan berguna. Dan tahu kah kamu, Pain.NET tersedia secar gratis.

Tersedia beberapa fitur yang memudahkan kamu untuk melakukan editing gamabar atau foto. Fitur-fitur tersebut seperti memotong, memutar, mengubah ukuran gambar, menyesuaikan warna, dan membuat kolase.

Selian itu Pain.Net juga menyediakan beberapa efek dasar editing seperti penghapus mata merah dan lainnya. Menarik bukan?

5Aviary

cdn1.tnwcdn.com

Cara mengedit menggunakan aplikasi ini sangat mudah. Kamu hanya perlu mengambil foto dari galeri mu atau bisa mengambil dari kamera dan mulai editlah. Terdapat bar bawah diman kamu dapat memilih alat editingnya. Setelah selesai tekan ‘Selesai’. Mudah kan?

Apliksai ini sangat ramah dan dirancang untuk keseimbangan sempurna antara serius ataupun foto lucu. Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi ini agar editan foto terlihat menarik dan lucu.

Itulah beberapa software edit foto yang dapat kamu gunakan untuk membuat tampilan hasil jepretan atau foto yang kamu punya lebih menarik. Dan perlu kamu tahu, software- software di atas dapat di unduh secara gratis. Selamat berkreasi dengan foto-foto yang kamu miliki.