sai-bless.com

Kelebihan dan Kekurangan Solar Cell Bagi Kehidupan Manusia

Posted on

Solar cell dalam bahasa Indonesia disebut juga sel surya. Solar cell merupakan divasi yang dapat mengkonversi secara langsung cahaya matahari menjadi listrik.

Sehingga sel surya ini bisa dikatakan sebagai pemeran utama untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh cahaya matahari sampai ke bumi.

Solar cell sebagai sistem tenaga surya ini termasuk terjangkau juga efisien dalam penggunaannya yang mengambil keuntungan dari manfaat ekonomi dan lingkungan.

Penggunaan solar cell ini tidak hanya digunakan untuk rumah perorangan, surya panel juga dapat digunakan dalam kawasan dan daerah terpencil, seperti sekolah yang kekurangan listrik.

Perkembangan teknologi serta sains yang di zaman yang semakin maju ini, telah menciptakan berbagai macam inovasi untuk sel surya hingga menjadi beberapa jenis.

Ada yang disebut dengan sel surya generasi satu, generasi dua, generasi tiga hingga generasi empat, dengan struktur atau bagian-bagian penyusun sel yang berbeda pastinya.

Dari berbagai jenis sel surya yang ada, pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sel surya.

Ramah Lingkungan

realfaqta.wordpress.com
realfaqta.wordpress.com

Sel surya ini merupakan ciptaan yang ramah lingkungan dan tidak berdampak buruk bagi perubahan iklim dunia, berbeda dengan kasus bahan bakar fosil, karena sel surya ini tidak memancarkan gas rumah kaca yang berbahaya seperti karbondioksida.

Memanfaatkan Energi Matahari

sai-bless.com

Energi matahari yang berlimpah sudah pasti kita rasakan setiap harinya. Bumi ini memiliki begitu banyak penduduk yang kreatif sehingga terciptalah sel surya yang memanfaatkan limpahan energi matahari.

Sehingga, pemanfaatan energi matahari akan mempermudah seluruh warga yang ada di seluruh penjuru dunia ini.

Mudah Dipasang

sustainable-nano.com
sustainable-nano.com

Sel surya ini mudah dipasang dan juga memiliki biaya pemeliharaan yang rendah, sebab tidak ada bagian yang bergerak. Sel surya juga tidak memberikan kontribusi dalam hal polusi suara dan bekerja dengan cara yang cukup halus.

Sudah bayak negara yang menawarkan sel surya ini kepada beberapa pemilik rumah dengan keuntungan yang baik ini. Harga sel surya pun terus menurun meskipun masih terus bersaing dengan bahan bakar fosil.

Tetapi, selain keuntungan yang akan kamu dapatkan dari sel surya, beberapa pengembangan harus dilakukan untuk menutupi kekurangan-kekurangan sel surya berikut ini.

Harganya Relatif Mahal

blog.tokopedia.com

Meskipun mengemat pengeluaran untuk ke depannya dan harganya yang mengalami penurunan, masih saja sel surya ini masih relatif mahal dengan harga panel rumah sedang saat ini sekitar Rp 200.000 hingga Rp 4.000.000/unit.

Masih Perlu Peningkatan

www.climatetechwiki.org

Sel surya masih memerlukan peningkatan efisiensi secara signifikan karena banyaknya sinar matahari yang terbuang sia-sia dan berubah menjadi panas. Efisiensi sel surya saat ini masih kurang dari 20%.

Over Heating

sustainable-nano.com
sustainable-nano.com

Apabila dalam pemasangan sel surya ini tidak dilakukan dengan benar, bisa-bisa terjadi over heating atau panas yang berlebihan. Karena sel surya yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak ramah lingkungan.

Kerusakan Lingkungan

bisnis-environment.blogspot.com
bisnis-environment.blogspot.com

Ketika akan melakukan daur ulang sel surya yang sudah tidak terpakai, lakukanlah dengan hati-hati. Karena jika salah dalam mengerjakannya bisa menyebabkan kerusakan lingkungan, mengingat silikon, selenium, kadmium, dan heksafluorida.

Senyawa-senyawa tersebut merupakan gas rumah kaca dapat ditemukan di dalam sel surya dan bisa menjadi sumber pencemaran selama proses daur ulang berlangsung.

Jadi, gunakanlah sel surya yang ramah lingkungan ini dengan bijak supaya tidak mengubah sel  surya yang tadinya bermanfaat menjadi sesuatu yang berbahaya bagi kehidupan manusia.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *