shesimmers.com

4 Langkah Rahasia Membuat Sosis Bakar Sempurna

Posted on

Kamu mungkin mengamati secara sekilas, di berbagai titik keramaian di kota kamu semakin banyak saja pedagang makanan atau kuliner gerobak simple dengan berbagai sajian.

Tidak hanya makanan-makanan khas Indonesia, makanan khas luar negeri pun dapat kamu temui dengan mudah. Saat ini Indonesia seakan mempunyai semua jenis makanan yang ada di luar negeri.

Tentu saja semuanya disesuaikan dengan selera asal lidah Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan selera dalam negeri lainnya. Lebih dari dari itu tentu saja bahan seluruh kuliner impor itu diperoleh dari daging yang halal, seperti sapi, ayam, dan kambing.

katiescucina.com
katiescucina.com

Nah, salah satu yang mengundang seleramu mungkin sosis bakar. Beberapa sumber menyebutkan bahwa sosis telah ada sejak abad ke 10 di daerah kekuasaan Romawi.

Sebuah metode penggilingan daging dan kemudian dimasukkan pada kemasan tertentu. Bentuk sosis berkembang dari zaman ke zaman, dari kemasan besar dan tebal hingga kemasan sosis seperti yang kita kenal hari ini.

Nah, kalau kamu khawatir dengan kesehatan dan kebersihan berbagai jajanan sosis bakar yang beredar bebas, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Sosis bakar khusus hanya untuk keluarga kamu tercinta.

Beberapa hal di bawah ini bisa kamu lakukan untuk dapat menghasilkan sosis bakar dengan rasa, tekstur, dan kenampakkan yang sempurna.

Parboil

hawleycrescent.ca
hawleycrescent.ca

Saat membeli sosis dari supermarket atau membuatnya sendiri dengan penggiling daging di rumah, kamu tentu akan menyimpannya dalam freezer bukan? Nah, jangan langsung dimasak. Itu cara yang salah.

Jika sosis menjadi beku, kamu harus mencairkan sosis hingga mencapai suhu ruang. Jika sudah terasa tidak beku, kamu panaskan air mendidih dan masukkan sosis ke dalam air mendidih selama 10-15 menit.

Cara ini disebut parboil. Kamu juga bisa menambahkan beberapa bumbu masak sesuai selera ke dalam air sehingga dapat meresap pada sosis. Proses parboil ini akan membuat sosis kamu siap untuk dipanggang.

Cut Up

catalinakolker.blogspot.com
catalinakolker.blogspot.com

Untuk membuat sensasi ‘wah’ pada sosis bakar kamu, kamu bisa melakukan sayatan tipis di sepanjang permukaan sosis. Kamu akan lihat garis yang menakjubkan saat perlahan sayatan itu merekah terbuka selama proses pemanggangan.

youtube.com
youtube.com

Kamu bisa lakukan penyayatan sebelum proses parboil atau sesudahnya. Bandingkan sendiri sesuai selera kamu cara sayatan dan bentuk sayatan seperti apa yang lebih menggoda selera kamu.

Spot On

thekittchen.com
thekittchen.com

Saat melakukan proses pemanggangan atau grill tempatkan sosis pada posisi yang tepat. Kamu harus segera melakukan pemanggangan setelah proses parboil tadi.

Posisi yang tepat untuk memanggang sosis adalah posisi dimana sosis dapat menjadi coklat perlahan atau matang perlahan.

Sehingga, kamu tidak perlu khawatir bahwa sosis akan gosong atau kurang matang. Kamu juga tidak boleh meninggalkan proses memanggang ini, kamu harus membolak-balik sosis agar semua bagian matang sempurna.

Test

dadcooksdinner.com
dadcooksdinner.com

Untuk ukuran kematangan yang sempurna hingga bagian dalam sosis, kamu perlu memastikannya dengan menggunakan termometer masak. Termometer ini bisa ditusukkan ke bahan yang sedang dimasak dan akan menunjukkan suhu dalam bahan tersebut.

Kematangan bagian dalam sosis bakar sangatlah penting. Hal ini berpengaruh besar pada taste sosis bakar yang kamu hasilkan. Ingat, suhu matang untuk sosis ayam dan sapi adalah sekitar 70⁰C atau 160⁰F.

Terlalu matang juga tidak bagus, kamu akan kehilangan sensasi juicy pada sosis bakar yang terlalu matang. Jadi, jangan sedikitpun alihkan perhatian kamu pada kesibukan yang lain saat kamu sedang membuat sosis bakar.

Selamat membakar, selamat menikmati sosis bakar.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *