Apakah para ibu sering bingung dengan hadiah kecil untuk tamu undangan ketika datang perayaan ulang tahun si kecil? Tentu mencari souvenir yang pantas untuk anak-anak tidaklah mudah.

Selain pertimbangan manfaat, soal harga juga jadi perhatian utama. Sebetulnya, di pasaran banyak sekali jenis souvenir anak mulai dari pernak-pernik kecil seperti aksesoris rambut aau pakaian, sampai yang bisa digunakan sebagai alat sekolah.

Kira-kira, jenis souvenirnya apa saja ya yang pantas diberikan pada tamu undangan anak-anak?

1Celengan

indonetwork.co.id

Souvenir ini bisa diberikan sekaligus sebagai sarana edukasi bahwa menabung adalah hal yang penting dan wajib dilakukan sejak kecil.

Jangan lupa juga untuk memilih model dan warna yang menarik bagi anak-anak. Mereka lebih suka warna-warna cerah dengan gambar-gambar lucu atau bentuk celengan yang unik.

2Tas Sekolah

id.pricepedia.org

Selain celengan, tas sekolah juga bisa jadi pilihan tepat untuk souvenir ulang tahun anak. Coba pilih model tas yang unik dan lucu, seperti tas dengan bentuk hewan.

Bisa juga memilih tas biasa, asalkan warnanya cukup mencolok dan ada gambar atau motif lucu. Hal tersebut cukup penting, mengingat anak-anak lebih suka warna-warna cerah dan gambar kartun atau hewan-hewan.

3Makanan Ringan

isitulisanbunda.wordpress.com

Kalau souvenir makanan ringan ini yang biasanya diberikan. Sudah menjadi hal yang umum dilakukan di masyarakat bahwa memberikan bingkisan pada tamu undangan untuk dibawa pulang tidaklah harus selalu berupa benda.

Makanan juga bisa jadi alternatif. Bahkan total pengeluaran souvenir berupa makanan memang lebih murah dibandingkan souvenir berupa benda. Jenis makanannya pun tidak perlu yang mewah-mewah.

Cukup disesuaikan dengan selera anak-anak, seperti misalnya cokelat, permen, jelly, susu kotak, dan makanan manis atau gurih lainnya. Jangan lupa untuk pertimbangkan juga kadar bahan pengawet dan keamanan pangan dari makanan ringan tersebut.

4Goodie Bag

naturalhandmade.wordpress.com

Goodie bag tidak hanya bisa menjadi souvenir saat seminar, talkshow, dan acara-acara orang dewasa lainnya. Goodie bag pun bisa menjadi alternatif souvenir pada acara ulang tahun anak.

Goodie bag bisa diberikan dengan dibungkus plastik bening, atau di dalam goodie bag itu diisi sesuatu. Biasanya, para orang tua tidak hanya sekadar memberikan goodie bag tanpa mengisinya. Apa saja isi goodie bag untuk souvenir?

Biasanya makanan atau peralatan sekolah. Namun, goodie bag saja sudah cukup jika budget terbatas.

5Bantal

naturalhandmade.wordpress.com

Bantal juga bisa jadi pilihan unik dan lucu. Pada souvenir jenis ini, kekuatan utamanya agar menarik minat anak terletak pada desainnya. Desain bantal haruslah unik dan istimewa.

Pertama, agar momen ulang tahun seorang anak dapat terus diingat. Kedua, kembali lagi pada selera anak-anak. Mereka lebih suka warna yang cerah mencolok dan motif atau bentuk lucu menyerupai tokoh animasi atau hewan.

6Tempat Minum

souvenirtumblermurah.wordpress.com

Selain alat sekolah, ada lagi tempat minum yang bisa anak-anak gunakan juga sehari-hari di rumah maupun untuk dibawa ke sekolah.

Lagi-lagi pemilihan warna haruslah menarik agar sesuai dengan usia anak-anak dan mereka bersemangat untuk menggunakan gelas tersebut.

7Gunting Kuku

rahmasouvenir.wordpress.com

Souvenir jenis ini barangkali jarang dipilih karena kekhawatiran jika anak-anak menggunakannya tanpa sepengetahuan orang tua.

Memang ada baiknya, ketika tamu undangannya adalah anak-anak, orang tua mereka pun ikut diundang. Ibu, misalnya. Sebetulnya, souvenir berupa gunting kuku ini cukup mengesankan dan berguna juga lho.

Anak-anak akan belajar untuk tidak takut dengan proses menggunting kuku. Jika selama di rumah mereka masing-masing tidak ada gunting kuku lucu yang membuat anak semangat membersihkan kukunya, maka souvenir ini bisa jadi pilihan.

8Tempat Bekal Makan

tokopedia.com

Kalau tadi tempat minum dan goodie bag sudah, maka pilihan lain yang bisa dibawa anak-anak ke sekolah yaitu tempat bekal makanan. Manfaatnya sudah jelas. Anak-anak akan dibiasakan untuk membawa makanan dari rumah yang tentu lebih sehat.

Jangan lupa juga pemilihan warna dan motif yang menarik mata anak-anak, sehingga mereka akan semangat menggunakannya.

Pada setiap souvenir ulang tahun, baiknya tidak perlu mencantumkan nama anak yang sedang berulang tahun. Alasannya agar barang souvenir tersebut bisa digunakan oleh tamu undangan tanpa orang lain mengira bahwa itu hadiah souvenir.

Rasa-rasanya jika begitu, akan lebih oke ya. Selamat memilih!