Panjat tebing  atau dikenal dalam bahasa asing rock climbing  adalah olah raga yang sangat familiar di kalangan pecinta alam bebas.

Pendakian kerap kali menantang nyali para pendaki untuk mencapai titik daki. Rasanya memang ingin terus mencoba dan melakukan pendakian sampai mencapai tujuan.

Pada dasarnya olah raga ini mengutamakan kelenturan dan kekuatan tubuh, kecerdikan serta keterampilan. Keterampilan yang dimaksud baik menggunakan peralatan maupun dalam menyiasati tebing itu sendiri dengan memanfaatkan cacat yang ada pada batuan.

Olah raga ini selain memacu adrenalin juga penuh resiko, keselamatan tentu manjadi salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan.

Kamu pernah melihat aksi-aksi para pendaki ketika mendaki? Pada umumnya ketika hendak mendaki mereka meyiapkan banyak hal, mulai dari fisik sampai peralatan untuk mendaki. Fisik yang kuat dan fit tentu sangat menunjang aktivitas menadaki.

Peralatan yang dibutuhkan untuk pendakian juga cukup banyak antara lain tali, bolt, helm, webbing, carabiner, harness, dan hammer. Tapi tahukah kamu, ada kisah pendakian ‘nekat’ dan bisa dibilang ekstrem.

Adalah Tommy Caldwell dan Kevin Jorgeson, dua pandaki asal Amerika ini telah menghabiskan watu selama dua pekan untuk menaklukan tebing El Capitan di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat.

Mengapa pendakian ini dikatakan ektrem? Yup, Tommy Caldwell dan Kevin Jorgeson melakukan pendakian yang mencapai puncak batu setinggi 914 meter hanya dengan kekang dan tali untuk mencegah agar tidak jatuh. Mencengangkan bukan?

Jika kamu penasaran berikut aksi dua pendaki ini ketika di tebing El Capitan.

1Tebing El Capitan

www.verticalworld.net

El Capitan, tebing yang terletak di Taman Nasional Yosemite, California, Amerika Serikat ini memiliki ketinggian 3000 kaki. Tommy Caldwell dan Kevin Jorgeson memulai pendakian bersejarah ini pada 27 Desember 2014.

2Menelusuri Rute Dawn Wall

static01.nyt.com

Selama pendakian kedua pria ini menelusuri rute Dawn Wall. keduannya beristirahat beberapa hari untuk menunggu kulit mereka yang lecet pulih. mereka bahkan menggunakan lem super untuk mempercepat prosesnya.

3Mendaki Tanpa Alat Bantu

cdn-2.klimg.com

Kalian tentu pernah meilhat aksi Spiderman ketika bergelantungan dan merayam dengan bebas di gedung-gedung kota, itu hanya sebuah film.

Namun, yang mencegangkan jika  kamu melihat aksi yang hampir serupa di kehidupan nyata.

Tommy Caldwell dan Kevin Jorgeson merayap seperti Spiderman, mereka berjelajah tidak menggunkan kabel ataupun alat pahat untuk mengukir pegangan.

4Mencengkram Tajam di Celah Tebing

cdn-4.klimg.com

Aksi mereka dapat dibilang nekat, keduanya hanya bertumpu pada kedua kaki dan mencengkram tajam tiap celah tebing. Mungkin jika kamu melihat langsung bisa gigit jari karena ngeri.

Rasa takut mungkin trekalahkan dengan rasa ingin segera mencapai puncak tebing. Aksi ini memang dapat membuat yang melihatnya menutup mataka karena tidak berani menyaksikan tiap langkah yang dilakukan.

5Membangun Tenda di Tepi Tebing

a.abcnews.go.com

Memang luar biasa, mereka mempunyai hasrat dan kekerasan hati untuk tidak akan menyerah sebelum mencapai puncak. Mereka memutuskan untuk membangun tendadi tepi tebing.

6Menikmati Malam di dalam Tenda

api.ning.com

Bermalam di tenda memang sudah biasa. Namun, bagaimana jika tenda yang dibangun terletak di tepi tebing? Sungguh mencengangkan.

Aksi mereka memang patut mendapat ancungan jempol, rasa penasaran yang tinggi membuat mereka dapat bertahan.

7Melanjutkan Rute Perjalanan Kembali

cdn-4.klimg.com

Mereka terus melakukan pendakian dan dapat bertahan selama dua pekan agar dapat mencapai puncak.

8Mencapai Puncak Tebing El Capitan

www.thetimes.co.uk

Tommy Caldwell dan Kevin Jorgeson adalah orang pertama yang dapat menaklukan rute pendakian Dawn Wall di tebing El Capitan, Amerika Serikat, tanpa alat bantu. Mereka akhirnya dapat mencapai puncak tebing.

9Sambutan Keluarga dan Teman-teman

i.guim.co.uk

Para keluarga dan teman-teman serta masyarakat menyambut dengan gembira dan pebuh rasa bangga atas keberhasilan Tommy Caldwell dan Kevin Jorgeson dalam mendaki tebing tinggi El Capitan.

Itulah aksi pendakian yang luar biasa yang pernah ada di dunia. Menajubkan bukan? Jika kamu ingin mendaki sebaiknya persiapkan diri dengan baik dan jangan coba-coba dulu tanpa alat bantu jika belum profesional.