Uang adalah merupakan hal penting dalam hidup manusia. Dengan uang, manusia bisa membeli kebutuhan hidup, mulai dari kebutuhan pokok sampai penunjang.

Untuk itu, manusia giat bekerja demi mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun keluarga.

Macam-macam pekerjaan pun muncul, mulai dari bekerja kepada pemerintah, instansi, pabrik atau perusahaan, sampai membuat lapangan pekerjaan sendiri.

Dan semakin banyaknya manusia di dunia ini, maka banyak pula pekerjaan yang dibutuhkan oleh manusia untuk mencari uang demi memenuhi kebutuhan hidup.

Hmm, namun ada yang unik lho dari bermacam pekerjaan yang dilakoni manusia ini. salah satunya di negara kita tercinta, yaitu Indonesia.

Dan sepertinya nih, memang pekerjaan-pekernaan ini hanya bisa kamu temukan di negara kita ini saja.

1Jualan Ember

seratcahya.blogspot.com

Entah di kota besar atau yang paling banyak di kota kecil atau pedesaan, masih kita jumpai seseorang yang rela menumpuk ember-ember plastik di atas kepalanya.

Tak berhenti di situ saja, orang tersebut masih membawa dua ember untuk dibentur-benturkan sambil berjalan di terik matahari dan berteriak-teriak, “Ember…Ember…”.

Tak terbayang beban beratnya, tak terbayang jauh perjalanannya, dan pastinya lelah sekali menjalani pekerjaan tersebut setiap hari.

Namun apa mau dikata, demi uang untuk memenuhi kebutuhan hidup, mereka rela melakukan pekerjaan tersebut. Asal halal bukan?

2Jualan Mainan

kyosotoy.blogspot.com

Lain lagi dengan penjual yang satu ini. Biasanya mereka naik sepeda atau sepeda motor. Namun bawaan mereka tak tanggung-tanggung banyaknya.

Mulai dari boneka kecil-kecil, robot-robotan ukuran sedang, sampai balon-balon besar yang semuanya itu membuat keseimbangan sepeda atau motor si Pedagang terkadang oleng.

Walau mungkin untung tak seberapa, namun mereka tetap gigih menjualkan mainan yang layak tersebut bagi anak-anak.

Hmm, mirisnya sih karena di masa teknologi sekarang anak-anak malah suka bermain gadget dibanding permainan yang layak dengan usia mereka tersebut.

3Jasa Tambal Kasur Keliling

beritadaerah.co.id

Pekerjaan ini mulai langka sekarang di Indonesia. Mengingat sekarang ini sudah banyak penduduk yang lebih memilih menggunakan kasur busa atau peer daripada kasur kapuk.

Namun di beberapa desa atau kota kecil, para penjaja jasa tambal kasur keliling ini masih ada.

Dengan berbekal kain atau karung yang bisa digunakan untuk mengganti bantal, guling, atau kasur yang sudah jebol, jarum besar dan benang kasur, serta kapuk, mereka berkeliling mencari pelanggan.

Dan jika seharian tak mendapat pelanggan, mereka pun juga tak mendapat penghasilan sama sekali.

4Tukang Rosok

rumahcahayanya.blogspot.com

Kalau mungkin di negara lain tukang rosok ini merupakan petugas barang bekas sendiri yang dikoordinir oleh lembaga yang bertugas mengurus barang bekas tersebut, berbeda dengan di Indonesia.

Bahkan sebagian besar malah tukang rosok hampir sama dengan pemulung. Mereka tak hanya mencari barang bekas di rumah penduduk atau kantor-kantor, namun juga sampai di tempat sampah.

Namun lagi-lagi semua alasan demi mendapat uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Yang penting pekerjaan tersebut halal dan tidak merugikan masyarakat.

Karena uang yang halal bisa memberikan keberkahan yang berlimpah dalam kehidupan ini.