Lapangan adalah sarana utama permainan sepakbola. Stadion juga menjadi elemen penting bagi sebuah klub sepakbola.

Stadion adalah tempat berkumpulnya para fans fanatik untuk menyaksikan tim kesayangannya bertanding. Adanya stadion juga memungkinkan sebuah tim mendapat pemasukan dari para penonton.

Tentu yang diharapkan adalah keberadaan stasion yang besar dan megah. Namun di dunia ini ternyata ada beberapa stadion yang dibuat dengan konsep unik dan menarik.

1Marina Bay Stadium Singapura

www.panoramio.com

Stadion di Singapura ini bisa dibilang keren karena dibuat mengapung di atas sebuah waduk. Tribun penontonnya terpisah di daratan sehingga menambah keunikan bangunan stadion ini.

Dibuat dari baja dengan kemampuan menahan berat sampai seribu ton. Lapangan ini bisa menampung 9000 orang bersamaan tanpa harus takut tenggelam.

Sementara tribun sendiri bisa diisi 30 ribu penonton. Diresmikan pada 2007, stadion ini menggelar pertandingan sepakbola untuk pertama kali pada 2009 yang mempertemukan Tuan Gemuk Athletic dan VNNTU FC.

2Stadion Braga

www.jmalucellifutebol.com.br

Stadion ini adanya di Portugal. Stadion Braga adalah markas Braga FC. Bentuknya sangat unik karena stadion ini membelah tebing dan masih menyisakan bebatuan sebagai pembatas.

Karena harus membelah tebing akhirnya stadion ini disebut sebagai stadion yang mahal dalam pembangunannya.

Dengan memangkas tebing batu dan biaya spektakuler $ 122.000.000 atau sekitar 164 milyar rupiah, ini menjadikannya lebih mahal dari membangun sepuluh stadion baru untuk kejuaraan sepak bola Eropa pada tahun 2004.

3Janguito Malucelli Eco-Stadium

www.jmalucellifutebol.com.br

Ini bisa disebut stadion paling ramah lingkungan. Bens tempat pemain cadangan dibuat dari kayu yang sederhana.

Tribun tempat duduk dibuat berundak sesuai dengan tebing yang ada. Stadion yang berlokasi di Curitiba, Brasil, stadion ini dibuat dengan konstruksi kayu hasil daur ulang.

Selain menggunakan kayu daur ulang, sang desainer merancang tempat duduk diatas permukaan rumput sebagai alasnya. Kapasitas stadion ini pun bisa menampung hingga 6000 penonton.

4Stadion Otmar Hitzfield

www.pinterest.com

Stadion yang mengambil nama dari pelatih legendaris Bayern Muenchen ini terletak di puncak pegunungan Alpen, Swiss. Berada 2000 meter di atas permukaan laut, stadion ini dinobatkan sebagai stadion tertinggi di jagad Eropa.

Untuk mencapai stadion sangatlah sulit tapi menjadi unik karena hanya bisa menggunakan sarana kereta gantung atau helikopter. Pemandangan stadion sangatlah indah.

5Stadion Kepuluan Faroe

www.dailymail.co.uk

Stadion terletak di pinggir laut dengan pemandangan yang keren. Stadion Kepulauan Faroe terletak di antara Laut Norwegia dan Samudera Atlantik Utara, sekitar tengah-tengah antara Skotlandia dan Islandia.

Tim nasional sepak bola mereka bermain dengan beberapa tim nasional Eropa di lapangan yang terletak di sebelah laut ini. Kalau bola terlempar sampai laut, tenang ada orang orang di perahu yang siap mengambil bola

SHARE