Beberapa waktu belakangan ini, memang santer terdengar kabar bahwa stadion yang memakai sistem pembangunan tahun jamak, Stadion Batakan di Balikpapan, sedang mengalami kemacetan.

Pasalnya memang karena kendala dana, masalah yang memang klasik sering menjadi pemicu utama dari macetnya suatu proyek bangunan.

Stadion yang calonnya akan berdiri megah menjadi kebanggaan Kota Balikpapan ini sekarang sudah hampir mencapai 80% pembangunan, namun memang ada beberapa bagian yang belum dilengkapi.

Seperti bagian utama yaitu tribun penonton, kemudian tempat kursi penonton, penghalusan bangunan, serta beberapa fasilitas yang tercatat belum dibuat di stadion tersebut.

PT Waskita Karya yang ditunjuk sebagai kontraktor pembuatan stadion berkapasitas 42.000 kursi pengunjung itu sebenarnya telah memulai pembangunan sejak tahun 2011.

Sampai tahun 2016 ini, biaya total yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan mencapai angka Rp 243 Milyar.

Dana tersebut ternyata masih sangat kurang sekali, tepatnya ada angka sekitar Rp356 Milyar dari kebutuhan anggaran tahap III yang memiliki total Rp 599 Milyar.

Kekurangan tersebut telah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Balikpapan, namun masih kurang angka Rp 75 Milyar.

Nah, Walikota Balikpapan, Rizal Effendi, kemudian mengajukan bantuan kekurangan dana pembangunan Stadion Batakan tersebut ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur.

Mengingat Stadion Batakan rencana akan menjadi salah satu tempat pertandingan Piala Gubernur, karena Balikpapan menjadi tuan rumahnya.

Gubernur Kalimantan Timur membenarkan hal tersebut, yang kemudian dikutip oleh Kaltim Post (4/2/2016).

Awang Faroek, Gubernur Kalimantan Timur, mengatakan, “Balikpapan juga menjadi tuan rumah Piala Gubernur. Tentu Provinsi ingin melihat perkembangan olahraga merata semua daerah.”.

Rencananya, kekurangan sebesar Rp 75 Milyar itu akan dimasukkan oleh Pemprov Kalimantan Timur dalam APBD-P.

Stadion Batakan direncanakan akan menjadi stadion bertaraf Internasional, yang memiliki kepasitas 40 ribu penonton, dan segera akan diselesaikan pada bulan September 2016 ini. Semoga bisa selesai tepat waktu.