www.jurnalbandung.com

Keakraban Persib dan Persikab Bandung yang Tergambar pada Kesaksian Bisu Stadion Si Jalak Harupat

Posted on

Jika di wilayah Kota Bandung ada stadion megah bernama Stadion Gelora Bandung Lautan Api yang sering disebut Stadion Gedebage GBLA, maka di Kabupaten Bandung ada juga stadion yang tak kalah megah.

Namanya adalah Stadion Si Jalak Harupat. Nama tersebut diambil dari nama julukan salah satu Pahlawan Nasional yang berasal dari Bandung, Otto Iskandardinata.

Otto Iskandardinata memang terkenal mendapat julukan sebagai Si Jalak Harupat. Dan kemudian nama itu dipilih untuk menjadi nama Stadion yang diresmikan pada tahun 2005 itu.

Stadion Si Jalak Harupat terletak di Desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Dan secara kepemilikan, Stadion tersebut sah menjadi milik pemerintah Kabupaten Bandung.

Pembangunan stadion berdaya tamping sekitar 27 sampai 40 ribu penonton ini dimulai resmi pada bulan Januari 2003, dan selesai serta diresmikan pada tanggal 26 April 2005.

Peresmian Stadion ini dilakukan oleh Agum Gumelar yang kala itu menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Dan yang unik, peresmian Stadion Si Jalak Harupat ini bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Bandung yang ke-364.

Stadion ini juga salah satu saksi bisu keakraban dari Persikab Bandung dan Persib, serta beberapa Tim Sepakbola lain di Bandung.

Pasalnya, Stadion ini tak hanya menjadi home base milik Persikab Bandung, namun juga ikut menjadi home base dari Persib, dan beberapa Tim Sepakbola Bandung lainnya.

Walaupun stadion ini telah dianggap sangat layak sebagai tempat pertandingan beberapa pecan olahraga baik nasional maupun daerah, namun skala taraf Stadion ini masih bernilai nasional.

Selain karena model kursi penontonnya yang masih model tradisional, juga karena tempat penjualan tiket yang masih jadi satu dalam area Stadion.

Seharusnya memang di tribun penonton, setiap penonton akan mendapatkan satu kursi, bukan model tradisional seperti itu.

Serta untuk tempat penjualan tiket memang seharusnya sudah harus terpisah dari area Stadion.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *