Banyak orang terinspirasi dari buku. Bahkan buku best seller sering kali juga menginspirasi para produser film untuk mengangkatnya ke layar lebar. Dan dari film itulah akan lebih banyak lagi yang terinspirasi. Star Wars juga menginspirasi banyak orang.

Salah satu diantaranya adalah Catherine Lacey Dodd. Ibu dua anak ini bahkan menjadikan Star Wars sebagai salah satu cara membuat anaknya yang megidap CHARGE Syndrome menjadi lebih bersemangat. Berikut kisah lengkap Catherine.

1CHARGE Syndome

boredpanda.com

Sindrom CHARGE adalah sebuah kelainan genetik yang pertama kali dijelaskan dalam dunia medis pada tahun 1979. Pada tahun 1981, akronim CHARGE digunakan sebagai penyebutan kelainan ini.

Dengan kepanjangan coloboma of the eye, heart defect, atresia of nasal choanae, retardation of growth and/or development, genital and/or urinary abnormalities, and ear abnormalities and deafness. Kamu bisa bayangkan apa yang dialami anak yang mengidap sindrom ini?

Sindrom ini disebabkan oleh mutasi pada gen CHD7 yang terdapat di kromosom nomor 8. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan bahwa 60% dari 110 orang yang didiagnosa mengalami sindrom ini terbukti juga mengalami mutasi pada gen CHD7.

2Anak Berusia 7 Tahun

boredpanda.com

Dan sindrom CHARGE inilah yang dialami oleh putra pertama Catherine. Anak laki-laki berusia seumuran anak SD ini bahkan telah melewati 19 operasi mayor hingga saat ini. Dia bertahan, dan inilah yang menginspirasi Catherine untuk melakukan ide Tatooine ini.

3Tatooine

boredpanda.com

Tatooine adalah gurun pasir fiktif yang menjadi setting utama dalam beberapa adegan film Star Wars. Catherine mengambil berbagai foto ini di area Joshua Tree National Park, California, Amerika Serikat.

Bukan hanya anak pertamanya yang ia libatkan dalam ‘proyek’ ini, namun juga anak keduanya yang berumur 5 tahun. Juga laki-laki dan tidak seperti kakaknya, anak kedua Catherine ini normal.

boredpanda.com
boredpanda.com

Catherine mengambil berbagai foto ini dengan kamera pribadinya, Canon 5D Mark III. Dengan sudut lebar Tokina 16-28mm dan lensa Canon 85 1.2L. Sebuah karya foto yang sungguh menginspirasi.

Bukan hanya lucu dan sesuai dengan kepopuleran Star Wars saat ini, namun juga dikemas dengan konsep dan pengalaman nyata yang dialami sendiri oleh seorang ibu yang kuat, tabah dan ada sedia untuk anak-anaknya.

Catherine mendandani anak-anak lelakinya dengan kostum dan pakaian khas Star Wars. Lengkap dengan topeng dan lightsaber atau pedang menyala yang seolah dapat memotong apa saja dan sering digunakan oleh tokoh-tokoh di Star Wars.

4Pelajaran untuk Ibu

boredpanda.com

Catherine mengajarkan pada seluruh ibu di dunia ini untuk terus ada dan mendukung anak-anak mereka. Bagaimana pun kondisinya, Tuhan selalu menyimpan hikmah dan pelajaran pada apapun saja.

Maka tetaplah tegar, tetaplah tersenyum wahai para ibu. Jangan biarkan anak-anak bunda melihat bunda meneteskan air mata apalagi tersedu sedan menangis meratapi nasib dan takdir yang telah digariskan.

boredpanda.com
boredpanda.com

Untuk kamu calon ibu, bersiaplah menghadapi segala hal. Namun jangan pernah berbagai kisah inspiratif yang kamu baca justru menciutkan kemauanmu untuk menjadi seorang ibu.

Segeralah menikah dan milikilah buah hati. Karena dengan begitu hidupmu akan lengkap dan sempurna. Semua yang kamu pelajari tentang keluarga dan berbagai cerita inspirasinya jangan hanya dijadikan teori dan pengetahuan.

Jadikanlah teori itu menjadi ilmu, bukan hanya sekedar tahu namun telah sempurna kamu lakukan dan laksanakan. Dan percayalah pada Tuhan bahwa Ia adalah Maha Pengasih dan Maha Penyayang.