Seni memang telah dikenal manusia sejak ribuan tahun yang lalu, hingga saat ini seni terus berkembang dan ‘menemani’ manusia memaknai hidup. Salah satu seni yang cukup dikagumi adalah stippling art.

Stippling art adalah seni menggambar menggunakan titik-titik dengan ketebalan tertentu sehingga menghasilkan gambar yang utuh. Menurut catatan sejarah, teknik ini diperkenalkan pertama kali oleh Giulio Campagnola tahun 1510.

Karena sulitnya dan membutuhkan konsistensi serta persistensi yang tinggi, tidak banyak seniman yang menjadikan teknik ini sebagai spesialisasi. Namun, beberapa karya Casalta Xavier di bawah ini akan membuat kamu segan dan terkesan.

1Patience & Discipline

boredpanda.com

Casalta menamakan karyanya yang satu ini dengan judul patience & discipline. Sebuah stippling art yang akan membuat kamu takjub. Casalta mengerjakan karya ini dengan kolaborasi bersama Rémy Boiré.

boredpanda.com
boredpanda.com

Umur Casalta barulah 22 tahun saat membuat patience & discipline, tetapi karyanya telah dapat dikatakan menjadi masterpiece. Sementara Rémy berumur 23 tahun saat mengerjakan proyek ini bersama Casalta.

boredpanda.com
boredpanda.com

Rémy dan Casalta menyelesaikan karya ini selama 300 jam, bayangkan itu. Bahkan sebelum membuatnya, Casalta menjalani kursus seni selama beberapa bulan.

Patience & discipline dibuat oleh Casalta dan Rémy pada kanvas selebar 55×76 centimeter. Benar-benar karya yang dipersiapkan dengan sungguh-sungguh. Karya besar yang memang sangat menuntut kesabaran dan kedisiplinan tingkat tinggi.

2Into The Wild

boredpanda.com

Setelah karya pertamanya yang diapresiasi secara mengejutkan oleh banyak forum-forum media online. Casalta ini membuat karya kedua yang ia namakan Into the Wild. Menuju dunia liar, kira-kira seperti itulah yang ingin diutarakan Casalta lewat karyanya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Tentu saja karya Casalta yang satu ini jauh lebih keren dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Selain itu, Casalta mengerjakan karya ini sendirian, tidak seperti saat menyelesaikan patience & discipline bersama Rémy.

Hampir sama dengan patience & discipline, Into the Wild juga dikerjakan pada kertas berukuran 56×76 cm. Fakta yang lebih mengagumkan tentu saja banyaknya titik dan lamanya pengerjaan stippling art yang satu ini.

boredpanda.com
boredpanda.com

Jika patience & discipline disebut masterpiece, maka Into the Wild bisa dikatakan sebagai super masterpiece. Dikerjakan menggunakan pena dengan ketebalan titik 0,10 mm, terdapat total 6 juta titik pada karya yang dikerjakan selama 380 jam ini.

3Autumn

boredpanda.com

Musim gugur, autumn, itulah nama yang diberikan Casalta pada karyanya yang terbaru ini. Seniman stippling art yang tinggal di Paris, Perancis ini membuat autumn pada media dengan ukuran yang jauh berbeda dari dua karya stippling art sebelumnya.

boredpanda.com
boredpanda.com

Kertas yang dijadikan media stippling art autumn lebih kecil, jauh lebih kecil, yaitu seukuran 56×56 cm. Tetapi autumn jauh lebih kompleks dan total. Lebih sulit dan membutuhkan waktu yang banyak.

Masih menggunakan ketebalan ujung tinta yang sama yaitu 0,10 mm. Casalta memang membutuhkan waktu yang lebih singkat 10 jam dalam membuat autumn daripada saat membuat Into the Wild.

boredpanda.com
boredpanda.com

Tentu saja karenamemang medianya lebih kecil. Namun, banyaknya titik-titik yang dibubuhkan Casalta dalam autumn jauh lebih banyak. Sebanyak 7 juta titik menyempurnakan karya autumn ini.

Rasanya jika Into the Wild disebut sebagai super masterpiece, maka autumn dapat dianggap sebagai the evolution of masterpiece. Mengapa evolusi? Karena dalam autumn tidak satupun terdapat huruf alfabet.

boredpanda.com
boredpanda.com

Artinya, autumn memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi dibandingkan karya Casalta yang masih mengandung alfabet di dalamnya. Bagaimana? Kamu tertarik membeli karya-karya Casalta?

Kamu bisa memesan karya Casalta lewat website pribadi Casalta Xavier via internet tentunya.