Banyak wanita mengeluhkan tentang fenomena strech mark selama dan sesudah kehamilan. Sebagai seorang wanita tentu saja penampilan merupakan hal yang paling penting. Wanita dituntut untuk selalu tampil cantik didepan suami.

Tapi bagaimana bila si strech mark ini telah muncul? Hal ini begitu menggangu karena meninggalkan bekas luka yang sulit sekali untuk dicegah maupun diatasi. Hingga banyak klinik kecantikan yang menawarkan berbagai cara untuk mengatasi strech mark.

Tapi perlu diketahui bahwa strech mark merupakan dampak dari peregangan rahim yang kian membesar selama proses kehamilan. Hal ini dapat dihindari dengan beberapa cara berikut ini.

1Pola Makan yang Sehat

taysbakers.com

Selama masa kehamilan ibun hamil dituntut untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat demi perkembangan si buah hati. Selain itu hal ini juga bertujuan agar ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan gizi dirinya sendiri juga sang janin dalam rahimnya.

Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Agar kebutuhan nutrisi kulit terpenuhi. Jika nutrisi kulit cukup baik maka akan kecil kemungkinan untuk mengalami fenomena strech mark.

Beberapa asupan makanan yang dapat konsumsi antara lain seperti buah dan sayur. Lauk pauk berbahan biji-bijian, serela dan kacang-kacangan juga penting untuk kamukonsumsi seara rutin. Kandungan di dalamnya sangat baik untuk mencegah stretch mark.

2Perbanyak Minum Air Putih

www.kangjeha.click

Selama kehamilan, air putih bermanfaat untuk menghindari sang ibu dari dehidrasi. Minumlah air putih sekitar 8 gelas per hari untuk menjaga kondisi ibu selama kehamilan. Selain itu, air putih juga dapat menjaga kesehatan kulit.

Sebelum stretch mark muncul, alangkah lebih baiknya dicegah dengan mengonsumsi 8 gelas air putih secara rutin setiap hari.

3Menjaga Berat Badan Ideal Selama Kehamilan

www.futuready.com

Satu-satunya cara untuk menjaga berat badan sang ibu selama kehamilan, yaitu dengan menjaga asupan makanan bergizi selama kehamilan sesuai dengan petunjuk dokter. Memang selama kehamilan, berat badan akan naik secara signifikan. Namun sebaiknya tetap berada pada berat badan yang ideal ya.

4Latihan Fisik Ringan

www.sehatfresh.com

Ibu hamil sebaiknya tetap melakukan olahraga fisik yang ringan selama kehamilan. Kamu bisa mengkonsultasikannya kepada dokter kandunganmu.

Aktifitas fisik pada ibu hamil seperti senam kehamilan, jalan-jalan di pagi hari atau kegiatan lain untuk menjaga kebugaran tubuh sangat disarankan.