Sudah berapa lama kamu tinggal di bumi ini? Bumi yang merupakan planet ketiga terdekat dengan matahari ini adalah salah satu planet terpadat. Planet ini juga menempati urutan kelima dari delapan planet terbesar di Tata Surya.

Bumi tempat makhluk hidup tinggal ini terbagi dalam beberapa bagian. Bagian-bagian itu adalah kerak bumi, selimut bumi dan inti bumi. Berikut ini adalah penjelasan dari bagian-bagian yang menyusun bumi.

1Kerak Bumi

aryosuwondo.blogspot.com

Lapisan paling luar dari bumi adalah kerak bumi atau crush dengan tebal 6-50 km. Tebal lapisan bumi tidak sama di semua tempat, jika di samudra tebal lapisan bumi 0-5 km, lalu di benua 20-50 km.

Kerak bumi yang tebal tersebut tersusun dari materi padat yang kaya akan silisium dan ulumunium.

Jika didasarkan pada materi penyusunnya, kerak bumi dikelompokkan menjadi beberapa lapisan, ada lapisan atas, lapisan bawah, lapisan tengah, dan lapisan batuan induk. Lapisan atas adalah tempat makhluk hidup untuk berkembang biak.

millilight.wordpress.com
millilight.wordpress.com

Pada lapisan atas terdiri atas pelapukan batuan dan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati. Lapisan ini disebut dengan tanah humus. Kemudian lapisan tengah, lapisan yang sedikit gersang dan terdiri atas air dan pelapukan batuan ini disebut juga lapisan tanah liat.

Berikutnya adalah lapisan bawah, lapisan bawah adalah lapisan batuan yang belum sempurna pembentukannya. Lapisan terakhir yakni lapisan batuan induk, pada lapisan ini terdiri dari bebatuan padat sebagai penyusunnya.

2Selimut Bumi

artopainlover.wordpress.com

Selimut bumi atau mantle ini disebut juga selubung bumi. Lapisan yang berada di bawah kerak bumi. Lapisan yang berfungsi sebagai pelindung bagian dalam bumi ini sebagian besar berupa silikat atau besi dan magnesium.

Selimut bumi tebalnya mencapai 2.900 km. Suhu pada bagian bawah selimut mencapai 3.000oC. Selimut bumi dibagi menjadi tiga bagian, yaitu litosfer, astenosfer, dan mesosfer. Litosfer adalah lapisan paling luar dari selimut bumi.

Litosfer tersusun dari beberapa materi padat, terutama batuan. Tebal dari litosfer mencapai 100 km dan tersusun atas dua lapisan utama, yakni lapisan sial dan lapisan sima.

Untuk lapisan sial tersusun dari logam silium dan alumunium, sedangkan lapisan sima tersusun atas logam silium dan magnesium.

rickylinkurniawan.wordpress.com
rickylinkurniawan.wordpress.com

Kemudian untuk astenosfer yang berada di bawah lapisan litosfer tersusun dari materi cair atau semi cair. Lapisan astenoster tebalnya mencapai 100-400 km, lapisan ini diduga sebagai tempat formasi magma.

Suhu dalam astenosfer bekisar antara 1.400 hingga 3.000oC, suhu tinggi bisa menyebabkan lapisan termasuk batu mencair. Selanjutnya dibawah astenosfer masih ada lapisan mesosfer. Lapisan dengan tebal bekisar 2.400-2.700 ini tersusun atas campuran batuan basa dan besi.

3Inti Bumi

ggr-study.blogspot.com

Lapisan paling dalam dari struktur bumi adalah inti bumi atau core. Lapisan yang terdiri atas material cair yang sangat panas ini memiliki ketebalan sekitar 2.300 km. Lapisan inti bumi dibedakan menjadi dua, lapisan inti luar dan inti dalam.

Inti bumi bagian luar adalah salah satu bagian dalam bumi yang melapisi inti bumi bagian dalam. Tebal dari lapisan bagian luar ini mencapai 2.250 km dengan kedalam antara 2.900-4.980 km.

Inti bumi bagian luar terdiri atas besi serta nikel cair yang suhunya mencapai 3.900oC.

docplayer.biz.tr
docplayer.biz.tr

Kemudian inti bumi bagian dalam adalah bagian dalam bumi yang paling dalam. Bagian ini memiliki ketebalan hingga 1.200 km dan diameternya mencapai 2.600 km. Inti bumi bagian dalam tersusun dari besi dan nikel berbentuk padat. Suhunya mencapai 4.800oC.