Kehidupan rumah tangga adalah fase kehidupan terpenting dalam perjalanan manusia di dunia. Di banyak negara maju telah diketahui terjadi tingkat perceraian yang sangat tinggi, sehingga mengganggu keberlangsungan keturunan manusia.

Banyak hal yang menjadi kunci mahligai pernikahan yang harmonis. Dua faktor besar yang krusial adalah faktor internal dan eksternal. Kali ini kita akan membahas faktor internal. Terutama yang berasal dari suami.

Suami idaman yang komplit adalah dambaan setiap istri, 10 hal ini akan membuatmu menjadi suami idaman yang komplik luar dalam, lahir dan batin.

1Memenuhi Kebutuhan

kartunlucu.com

Seorang laki-laki yang kuat adalah ia yang mampu memenuhi seluruh kebutuhan keluarga sesuai dengan kesanggupan dan kesepakatan bersama istri. Sandang, pangan, dan papan adalah hal materil sebagai kompensasi peran total istri dalam kehidupan berumah tangga. Jadi, penuhi kebutuhan istrimu!

2Memberikan Perlindungan

cekpremi.com

Perlindungan pada istri bukan hanya pada hal-hal fisik yang mengancam. Namun juga hal-hal batin, seperti misalnya sikap lingkungan yang mengancam, keluarga besar yang banyak tuntutan pada istri, dan banyak lagi hal lainnya.

3Sabar Menyikapi Istri

theunitive.com

Masakan, mungkin hal yang paling umum menimbulkan suasana awkward dalam kehidupan awal pernikahan. Keasinan, gosong, hambar, han banyak lagi hal lain selain masakan.

Suami terutama harus sabar menghadapi tabiat dan kebiasan istri yang tidak pernah ia ketahui sebelumnya. Banyak hal yang bisa dijadikan alasan ketidaksukaan pada pasangan.

Namun, bukankah seorang suami juga mempunyai banyak kebiasaan buruk? Kehidupan pernikahan yang sehat seharusnya dapat menyatukan dua insan yang berbeda. Menuju satu tujuan bersama.

4Membimbing Istri Menuju Perubahan yang Lebih Baik

serambiminang.com

Suami harus dapat membimbing istri pada hal-hal yang progresif demi ketentraman pernikahan. Berkomunikasi dengan baik mengenai hal-hal yang disuka dan tidak disuka.

Lebih jauh, seorang suami harus mengajarkan akhlak kepada istrinya. Karena istri adalah orang pertama yang akan menjadi guru sekaligus lingkungan pertama penentu perkembangan anak nantinya.

5Siap Sedia Setiap Saat

keluargaharmonis.net

Quality time adalah bagian krusial dalam detil kehidupan pernikahan. Ada waktu-waktu tertentu dimana istri ingin dimanja, diantar kemanapun, belanja ini itu, menghadiri acara ini itu. Suami harus siap, tanggap dan mencurahkan perhatian penuh untuk istri.

6Berakhlak Baik pada Istri

Jika istri sering diumpamakan tulang rusuk, yang jika dipaksa untuk lurus akan patah. Maka ajari istri dengan sikapmu yang baik terhadapnya. Membantu pekerjaan rumah istri, dan tidak membebaninya lebih berat dari yang pantas ia kerjakan.

7Menjaga Kehormatan Istri

ummi-online.com

Kalangan suami seringkali mengeluhkan keadaan rumah tangganya pada teman kerja sekantor, atau teman dekat mereka. Hal itu sangat salah. Sebagai suami kita harus menjaga kehormatan dan harga diri istri.

Tidak menjelek-jelekkannya di depan umum, tidak menceritakan hal pribadi rumah tangga, dan bahkan berbohong saja jika perlu untuk melindungi martabat istri dari pertanyaan-pertanyaan aneh kawan-kawan sekantor kamu.

8Menanyakan Pendapat Istri

futuready.com

Komunikasi adalah inti dari sebuah relasi. Maka meskipun suami mempunyai kemampuan finansial dan fisik dalam memenuhi seluruh kebutuhan istri. Namun, segalanya tetap harus dikomunikasikan. Didiskusikan.

Wanita punya kecenderungan dan ketertarikan sendiri pada berbagai hal. Jadi pastikan untuk selalu melibatkan istri dalam mengambil keputusan yang besar. Misalnya saat memilih rumah, mobil, perabotan rumah, pendidikan anak, dan hal-hal besar lainnya.

Nah, dengan begitu, jadilah kamu super-husband yang selalu dapat menentramkan istri setiap saat, setiap kesempatan, lahir dan batin.