ummi-online.com

Suami Perlu Tau! 7 Sifat Istri yang Mendatangkan Rezeki Bagi Suami

Posted on

Kehidupan berumah tangga merupakan kehidupan yang penuh dengan warna, kadang suka cita menyapa, kadang juga ada duka yang silih berganti menerpa. Begitupula dengan kondisi keuangan yang kadang pasang dan seringkali juga surut.

Namun, apapun yang terjadi pada biduk rumah tangga itu, para suami dengan istri sholihah, akan selalu merasa tenang. Ketenangan ini tentunya sangat beralasan. Pasalnya istri sholihah memiliki sifat-sifat yang mendatangkan rezeki bagi suaminya. Walaupun rezeki itu tidak melulu terkait perkara harta, namun bisa berupa ketenangan itu sendiri.

Wah, benarkah demikian? Benarkah karena sifat-sifat tertentu dari istri akan mendatangkan rezeki bagi suaminya? Lalu, sifat seperti apa sih yang bisa mendatangkan rezeki bagi suami? Siapa tau saja, dengan mengetahuinya, banyak istri  akan terinspirasi dan banyak suami akan merasa beruntung memiliki istri seperti itu.

Istri yang Pandai Bersyukur

basheets.blogspot.com
basheets.blogspot.com

Sifat pertama yang perlu dimiliki istri akan mendatangkan rezeki bagi suaminya adalah sifat pandai bersyukur. Implementasi dari sifat pandai bersyukur ini terlihat dari kesederhanaannya dalam menjalani hidup. Dengan gaya hidup sederhana, maka ia tidak tergerus gaya hidup hedonis yang selalu tidak merasa cukup dengan penghasilan suami.

Jika seorang istri menerima dan bersabar dengan penghasilan suaminya, maka suami akan lebih tenang saat bekerja, dan suami pun tidak merasa tertekan, sehingga suami lebih lurus niatnya dalam bekerja dan tidak sedikitpun terpikir untuk melakukan tindakan yang menyimpang.

Selain itu, bukankah Allah telah menjanjikan akan menambah nikmat bagi orang-orang yang pandai bersyukur?

“Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan: jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya adzabku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7).

Istri yang Bertakwa dan Tawakal Kepada Allah

iraaditya.com
iraaditya.com

“Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan Barangsiapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu” (QS. Ath Thalaq: 2-3)

Dari ayat di atas, maka salah satu sifat yang akan melancarkan rezeki adalah dengan tawakal. Jadi, bagi seorang istri yang memiliki sifat tawakal, maka Allah akan melancarkan rezeki baginya, sekalipun ia tidak bekerja. Lalu darimana istri ini mendapat rezeki? Tentunya rezeki bisa dalam bentuk apa saja dan dari mana saja, bisa juga melalui tangan suaminya.

Istri yang Taat Kepada Allah dan Rasul

akhwatindonesia.net
akhwatindonesia.net

Bagi laki-laki yang sedang mencari istri, maka kamu perlu melihat wanita dari agamanya dan dari ketaatannya kepada Allah dan Rasul. Kenapa perlu mencari istri yang seperti ini? Karena wanita yang taat kepada Allah dan Rasul akan taat kepada suaminya saat ia sudah menikah nantinya.

Dengan aneka kebaikan yang dilakukan oleh istri yang taat kepada Allah dan Rasulnya ini, maka Allah akan melancarkan rezeki bagi keluarganya dalam bentuk apapun, karena wanita yang taat akan selalu melibatkan Allah dalam setiap tindakannya, sehingga Allah mencintainya dan memberikan banyak karunia kepadanya.

Istri yang Banyak Beristighfar

arrahmah.com
arrahmah.com

Salah satu faktor dimudahkan rezekinya seseorang, adalah ketika ia banyak beristighfar. Jadi, ketika istri banyak beritighfar, maka ia akan melancarkan rezeki bagi dirinya dan melancarkan juga rezeki bagi suaminya. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Allah dalam firmannya.

“Maka aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12)

Istri yang Gemar Menyambung Silaturahmi

spike-xp.deviantart.com
spike-xp.deviantart.com

“Siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dari hadis di atas jelas sekali dikatakan bahwa menyambung silaturahmi itu mampu melapangkan rezeki. Oleh karena itu, jika istri gemar menyambung silaturahmi, maka rezekinya akan dilapangkan dan secara tidak langsung rezeki suaminya pun akan dilapangkan juga.

Istri yang Gemar Bersedekah dan Sholat Dhuha

yusufmansur.com
yusufmansur.com

Berbahagialah bagi para suami yang memiliki istri yang gemar bersedekah dan sholat dhuha. Kenapa? Karena Allah akan melipatgandakan rezeki kepada seseorang yang bersedekah, baik itu dalam wujud berinfak materi ataupun dengan melaksanakan sholat dhuha.

Istri yang Selalu Mendoakan dan Taat Melayani Suami

mesrasukma.blogspot.com
mesrasukma.blogspot.com

Istri yang taat kepada suaminya, adalah ciri istri yang taat kepada Allah dan Rasulnya. Jika seseorang sudah dekat dengan ketaatan, maka ia pun akan senantiasa mendekat kepada Allah dalam setiap kesempatan. Dengan begini, maka ketika ia berdoa, InsyaAllah doanya akan terkabul.

Jadi ciri terakhir seorang istri yang bisa mendatangkan rezeki bagi suaminya adalah ketika ia selalu mendoakan rezeki bagi suaminya di setiap kesempatan, saat suami berangkat kerja, di sepanjang sujudnya, dan di waktu-waktu mustajab lainnya.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *