Negeri Sakura atau Jepang adalah salah satu negara yang paling menjadi favorit bagi orang Indonesia untuk merantau urusan kerja terlebih untuk menuntut ilmu.

Selain negara ini memiliki sistem tata kehidupan yang baik dan disiplin, Jepang juga memiliki nilai toleran yang cukup baik dan tinggi terhadap umat beragama Islam, terutama dari Indonesia.

Memang pernah ada kabar sebelumnya bahwa sebagai permintaan maaf Jepang atas apa yang pernah dilakukan dulu kepada Indonesia (penjajahan-red), maka Jepang memberikan banyak beasiswa dan bantuan bagi pemuda Indonesia yang ingin melanjutkan sekolah.

Jika kamu adalah perantau di Jepang, atau calon perantau yang akan melewati bulan Ramadhan tahun ini di Negara Matahari Terbit tersebut, yuk kenali beberapa suasana khas Ramadhan di sana berikut ini!

1Biasanya Tepat Saat Musim Panas atau Musim Semi

mcha-id.com

Jika bulan Ramadhan tiba, biasanya di Jepang tepat saat musim panas atau musim semi. Sehingga siang hari jauh lebih lama dibanding malam harinya.

Dan kamu pasti sudah bisa membayangkan bukan, bahwa jika siang hari jauh lebih lama maka kamu harus menahan lapar dan haus juga lebih lama. Apalagi suasana panas di Jepang saat musim panas memang sangat terik sekali.

Semoga selain pahala merantau menuntut ilmu atau bekerja yang akan mendatangkan berkah, puasamu juga akan penuh dengan pahala dari Allah dengan kondisi demikian. Hehehe.

2Jepang Mulai Banyak Penjual Makanan Halal

www.lovetobeeat.web.id

Kini kamu tak perlu khawatir jika merantau ke Jepang, karena Jepang mulai banyak memberi fasilitas kepada umat Muslim. Beberapa di antaranya adalah warung-warung makan halal yang siap menyediakan makan sahur dan berbukamu.

Warung-warung ini menjual berbagai makanan khas Jepang dengan proses dan bahan halal, ada juga yang menjual makanan khas negara-negara lain seperti Indonesia, Arab, dan sebagainya.

3Akan Ada Perkumpulan Perantau Indonesia Mengadakan Acara Bersama

gilig.wordpress.com

Suasana di Jepang yang Muslim merupakan minoritas tentu sangat berbeda dengan di Indonesia yang dimana umat Muslim adalah mayoritas.

Di sana tak akan ada suasana membangunkan sahur keliling, pasar takjil, atau acara berbuka puasa di masjid.

Namun para perantau Indonesia tak kurang akal untuk tetap menghadirkan suasana kampung halaman di perantauan sana. Mereka biasanya akan berkumpul untuk mengadakan acara bersama, berbuka dan diisi dengan tausiyah agama.

Kamu yang merantau di sana, bisa join kok.

4Menariknya, Beberapa Masjid Mendistribusikan Makanan untuk Umat Muslim

tugashow.com

Kini di Jepang mulai banyak masjid berdiri, mengingat juga makin banyak umat Muslim yang bermukim di negara berstatus kekaisaran tersebut.

Yang menarik dan unik, beberapa pihak masjid terutama di kota-kota besar seperti Tokyo, Kyoto, Nagasaki, Yokohama, dan sebagainya, akan kita temukan pengurus masjid mengumpulkan makanan dari para dermawan untuk didistribusikan ke umat Muslim.

Sehingga bagi para perantau atau keluarga Muslim yang tinggal di Jepang tak perlu khawatir saat berbuka puasa maupun sahur, karena ada makanan yang akan didistribusikan kepadamu. Hehehe.

SHARE