generasisalaf.wordpress.com

Sudah Cukupkah Bekalmu Untuk Kematianmu?

Posted on

Kematian merupakan salah satu peristiwa rahasia ALLAH yang tidak dapat diketahui oleh siapapun di dunia ini. Bahkan termasuk malaikat pun, mereka bertugas ketika perintah ALLAh turun kepadanya.

Apalagi manusia yang penuh dengan kesalahan dan dosa, tentu sedikitpun mereka tidak tahu, bahkan yang katanya mereka tanda-tanda sudah dekat dengan kematian kadang juga tidak tepat.

Untuk itu karena kematian tidak tahu kapan terjadi pada manusia, tugas utamanya hanyalah mengumpulkan bekal untuk kematiannya. Karena kita tahu kematian bukan berarti telah selesai semuanya, tapi akan ada perjalanan yang kekal dan abadi.

Bahkan setiap orang akan meempertanggung jawabkan apa yang telah dilakukan di dunia, apa yang telah dimakan dan akan dipertanyakan bagaimana kebaikan yang telah dibuat.

So, pertanyaan yang sederhana bagi kita, karena kematian tidak bisa kita ketahui, jika besok mati sudah cukupkah bekal yang akan kamu bawa ke akhirat untuk pertanggung jawaban nanti? Yuuk mari kita bahas bersama.

Mari Menghitung Waktu

kabarmakkah.com
kabarmakkah.com

Hal pertama yang harus kita tahu, yang sudah realistis kita jalani setiap hari adalah bagaimana keseharian kita. Mari kita jabarkan perdetail keseharian kita selama 24 jam ngapain saja.

Keseharian kita bekerja atau sekolah sekitar 7 jam, tidur 8 jam, main, nonton tv, jalan-jalan 4 jam, makan-minum, ngemil, ngrumpi 3 jam itu total sudah 22 jam, tinggal tersisa 2 jam.

Sholat rata-rata 10 menit dikali 5 sama dengan 50 menit, itupun kalau sholatnya tertib, kalau tidak bisa dikurangi lagi. Sisa waktu 1 jam 10 menit mungkin banyak kita gunakan pada hal yang lain seperti olahraga, tidur siang dll.

Jadi selama 24 jam penuh ibadah kita cuma 50 menit dan itu sudah paling banyak, sementara waktu sisanya kita habiskan untuk kepentingan dunia.

Jadi apakah benar kalau niat mencari bekal untuk kematian cuma waktu 50 menit saja? Sementara kita semakin menumpuk dosa di waktu -waktu yang lain?

Ibadah Bisa Diterima Bisa Tidak

aktual.com
aktual.com

Hal yang kedua yang harus kita tahu bahwa tidak semua ibadah kita selama 50 menit itu dicatat dan diterima sebagai amal dan pahala kita. Bisa saja ibadah sholat magrib pakai sombong, sholat isya karena terpaksa, sholat subuh jam 6.30 pagi.

Jika keadaannya seperti itu berarti waktu kita untuk bekal kematian juga akan semakin berkurang, pahala kita semakin sedikit dan dosa kemungkinan terus bertambah.

Pernahkah Kita Lepas dari Dosa Sehari Saja?

kertaspaper.com
kertaspaper.com

Pertanyaan sederhana nih, pernahkah kita lepas dari dosa sehari saja? Atau mungkin lepas dari dosa 10 jam saja, pas tidur bisa saja, tapi pas mata kita terjaga apakah yakin kita bisa lepas?

Ingat ya, setiap pandangan dan pemikiran itu bisa jadi dosa bagi kita, kadang kala mata sering melihat yang tidak semestinya, akal sering berpikiran negatif kepada orang lain dan sering juga gosipin orang lain bahkan sampai fitnah, hmmmm.

So, memang lepas dari dosa itu sulit, makanya Rasulullah mengajarkan kita untuk minta ampunan atau beristighfar pada ALLAH sebanyak 70 kali. Rasulullah saja yang dijamin masuk surga masih minta ampun pada ALLAH, lalu bagaimana dengan kita?

Tidak Ada Jaminan Apapun

lampuislam.org
lampuislam.org

Ingat bro, sebanyak apapun pahala yang kita kumpulkan bukan jaminan kita selamat dari kematian dan akhirat nanti lho, apalagi jaminan masuk surga, haduh tidak banget.

Surga harganya sangat mahal, gambaran kenikmatannya luar biasa, tidak mungkin bisa dijamin dengan ibadah yang sehari cuma 50 menit, sungguh tidak cukup pahala kita untuk menebus surga yang luar biasa.

Dari serangkaian diatas jika disimpulkan dengan ibadah yang hanya 50 menit dalam sehari, ibadah itu belum tentu diterima dan dosa kita juga semakin banyak , yakin itu cukup untuk bekal untuk kematian kita? Kayaknya gak dech.

So, mari berubah, tahu sendiri kan mati bisa kapan saja, mari jadikan setiap apa yang kita lakukan diniatkan karena ibadah, setiap dosa yang kita lakukan segera minta ampunan dan mohon terus pada ALLAH atas surga yang telah dijanjikan.

Semoga bermanfaat ya

 

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *