Status sarjana sudah menjadi hal wajar oleh sebagian masyarakat Indonesia. Sayangnya, status ini menjadi problem ketika masih banyak sarjana menganggur.

BPS pernah mencatat, dalam kurun satu tahun pengangguran Indonesia bertambah sebanyak 300 ribu jiwa. Bayangkan, berapa jumlah pengangguran dengan status sarjana di Indonesia? Sangat banyak bukan.

Nah, agar kamu tidak menjadi salah satu sarjana pengangguran baru, maka kamu harus kerja keras agar tetap bersinar. Kamu harus berjuang agar tetap dilirik perusahaan atau dalam membangun bisnis sendiri.

So, apa yang harus dilakukan agar kamu menjadi sarjana kompeten dan berdaya saing? Buat kamu-kamu yang sedang berjuang memperoleh gelar sarjana ataupun kamu yang sudah mendapatkannya, cobalah tips dibawah ini yang bisa kamu coba.

1Luwes dengan Organisasi

www.pedidikanindonesia.com

Jangan anggap enteng pengalaman berorganisasi. Karena pengalaman berorganisasi membentukmu menjadi sarjana yang bukan hanya hapal teori. Kamu juga banya belajar dan meraup pengalaman dari organisasi.

Pengalaman yang mungkin tidak akan kamu peroleh dari dosenmu. Kamu dilatih dapat bersosialisasi dengan baik dan mengerjakan apapun dengan disiplin.

Pengalamanmu di organisasi akan membuatmu mudah diajak kerjasa dan menjadi pribadi yang matang. Kamu tidak akan kaget ketika harus masuk ke perusahaan yang penuh dengan dinamika kerja.

Kamu juga tidak akan shock ketika harus berwirausaha karena pengalamanmu dengan orang lain. Namun, jangan sampai berorganisasi membuatmu kebablasan dan lupa akan kuliahmu ya!

2Perluas Networking

kammiunram.wordpress.com

Tidak bisa dimungkiri, jaringan pertemananmu yang luas akan memudahkanmu setelah lulus sarjana nanti. Bisa saja pekerjaanmu nanti datang dari arah yang tidak disangka-sangka.

Temanmu membutuhkan manager untuk perusahaan multinasional misalnya, dia ingat akan keluwesanmu dan kecerdasanmu. Tiba-tiba saja dia menghubungimu dan menawarkanmu pekerjaan. Rezekimu semakin mendekat dari networking.

Jangan lupakan juga, jaringan luas seperti itu tidak diperoleh dengan berdiam diri. Cobalah untuk rajin mendatangi berbagai forum mahasiswa.

Kesempatan ini akan membuatmu lebih percaya diri. Kamu juga bisa mendapatkan koneksi yang mungkin akan membuka keran kesempatan untukmu.

Tak hanya forum mahasiswa, coba juga aktif di lini masa yang fokus pada dunia kerja, misalnya Linkedln. Aktiflah dalam memperbaharui Linkdln-mu. Jejaring profesional ini dipercaya atau tidak dapat membuka pintu kesempatan setelah kamu lulus kuliah.

3Menguasai Bahasa Asing

kampunginggrismu.com

Di era ini, kamu mau tidak mau harus bisa berbahasa asing, misalnya bahasa Inggris dan Mandarin. Karena dengan begitu, kamu bisa dengan mudah berhubungan dengan dunia luar dan bisa memanfaatkan kemampuan berbahasamu dalam berbagai kesempatan.

Meski pilihan vocabulary, grammar, dan logatmu belum sempurna kamu berusaha tetap menyampaikan pendapat dengan kemampuan yang ada. Buatmu, komunikasi adalah soal usaha menyampaikan pesan sekuat tenaga.

Kamu tidak khawatir dengan keterbatasan pengetahuan yang dipunya. Karena toh jika pesannya bisa tersampaikan dengan baik, berarti komunikasimu sudah berjalan sempurna.

4Jangan Lupakan Akademik

www.huffingtonpost.com

Kamu mahasiswa yang aktif berorganisasi namun lalai dalam urusan akademik? Wah, kamu kudu siap-siap hidupmu tambah pelik. Kamu harus tetap menunaikan kewajibanmu sebagai anak, menyelesaikan kuliahmu.

Kamu harus bisa membagi waktu di tengah aktivitasmu. Jika nanti misalnya kamu jadi pekerja, atau pebisnis yang punya tanggung jawab usaha kamu tidak akan abai terhadap urusan hati, urusan keluarga, sampai hubungan dengan kawan yang harus terus dijaga.

Kamu abai dengan kuliahmu, maka jangan harap kamu bisa bersaing di tengah dunia kerja yang makin banyak tuntutannya nanti. Agar kelak kamu tak kagok lagi, coba deh gunakan waktumu sebagai mahasiswa untuk join ke berbagai kegiatan.

Mulai dari jadi panitia samapi jadi asisten riset dosen. Pastikan di tengah seabreknya kegiatan IPK mu tetap dalam batas aman. Tuntutan kerja sekeras apapun kelak tak akan membuatmu terkaget-kaget lagi.

5Ikut Beragam Kompetisi

avrg.stei.itb.ac.id

Kamu bisa loh melalukan cara ini. Dengan tercebur di kegiatan kompetisi, kamu akan luwes menghadapi tekanan dalam dunia kerja.

Dengan cara-cara ini, kamu bisa jadi sarjana berdaya saing dan berkompetensi tinggi. Ayo terus berkarya!