seword.com

Sudah Sarjana Tapi Belum Dapat Kerja? Lakukan 6 Hal Ini

Posted on

Sekarang kamu sudah masuk Bulan April, nih. Bulan penuh wisuda. Banyak yang mengucapkan selamat. Selamat wisuda, selamat menempuh dunia kerja dan yang lebih menyakitkan kalau ucapannya selamat menjadi pengangguran baru. Kebayang kan gemesnya dengar komentar begitu.

Memang sih, dunia nyata dan dunia kerja tak seindah dunia kampus kamu. Banyak banget tantangan yang harus kamu lewati. Pas di kampus, mungkin kamu adalah aktivis yang paling dihormati, namun belum tentu kamu dapatkan hal yang sama di dunia nyata.

Selepas wisuda, senengnya cuma sehari dua hari saja. Setelah itu, bersiaplah untuk menghadapi tuntutan keluarga untuk cepat kerja.

Guys, kamu nggak seharusnya terpengaruh dengan kata-kata orang di sekitarmu ya. Lulus kuliah nggak mesti langsung pontang panting cari kerja kok. Nikmati dulu lah masa-masa bebas kuliah kamu. Siapa tahu, kamu bisa mendapatkan hal lebih daripada buru-buru kerja.

Ada banyak kegiatan yang dapat kamu lakukan. Supaya kamu nggak terlalu stress habis wisuda langsung ospek di dunia kerja (baca: perusahaan), lakukan 6 hal ini. Cekidot!

Mengisi Waktu Dengan Bersilaturahmi

youtube.com
youtube.com

Silaturahmi jangan diremehkan. Walaupun kesannya kamu hanya main-main ke teman-teman lama. Sekedar bersua saja, tapi ternyata manfaatnya luar biasa lho.

Dengan silaturahmi, pintu rezeki akan terbuka. Kamu akan bertambah kawan dan mungkin saja malah kamu mendapat pekerjaan saat itu juga. Nggak ada yang tahu kan? Makanya, sering-sering lah berkunjung ke rumah teman.

Terutama bagi kamu yang mau berwirausaha, silaturahmi sangat penting. Dari situlah kamu akan mendapatkan link dan mengetahui strategi pemasaran yang pas.

Nikmati Kebersamaan Dengan Keluarga

nurfaezzamohamad.blogspot.com
nurfaezzamohamad.blogspot.com

Saat kamu kuliah, mungkin keluarga sering terabaikan. Kamu selalu mengutamakan kuliah dibandingkan bertemu keluarga. Nah, kini waktunya kamu menghabiskan momen bersama mereka sebelum beranjak ke dunia selanjutnya.

Mintalah doa dan restu mereka agar kamu dilancarkan dalam segala hal. Termasuk dalam mencari pekerjaan dan mendapatkan jodoh (cieeeā€¦ jodoh).

Mengikuti Seminar Menarik

anecdoc.ga
anecdoc.ga

Menjelang masuk dunia kerja, kamu butuh banyak bekal. Nggak hanya ilmu, tapi juga mental. Biasanya nih, saat momen kelulusan, banyak instansi atau lembaga yang mengadakan seminar tentang dunia kerja.

Kamu harus ikut. Kenapa? Supaya kamu lebih siap menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya.

Pastinya, di dalam seminar kamu juga akan tahu bagaimana caranya menghadapi wawancara. Semakin sering kamu ikut, maka peluang untuk cepat kerja semakin terbuka.

Kursus Bahasa Asing, Boleh Juga

ntcpare.blogspot.com
ntcpare.blogspot.com

Setelah wisuda harus kursus bahasa asing lagi. Kebayang kan capeknya. Ya, memang capek, tapi itu semua demi kebaikan kamu. Mungkin saja, ada lowongan kerja bagus di luar negeri atau kamu mendapatkan beasiswa S2 di sana, bahasa asing penting lho.

Nggak harus pergi ke luar negeri sih. Misalnya saja, kamu ingin menjadi penerjemah bahasa atau tour guide, bahasa asing tentu sangat diperlukan

Ayo, Berwirausaha!

seword.com
seword.com

Sekarang bukan zamannya lagi PNS dan pegawai yang selalu hidup sejahtera. Nggak menjamin, guys. Percaya deh.

Kamu lihat saja Mark Zukerberg, pembuat facebook. Dia sukses menjadi wirausaha tanpa harus bekerja di perusahaan orang. Terus ada lagi Bob Sadino, yang kini jadi pengusaha sukses karena gigih berwirausaha.

Jadi, nggak ada salahnya dong, kalau kamu belajar mandiri dan coba berwirausaha sesuai dengan bakatmu. Ingat guys, bekerja dengan passion itu jauh lebih menyenangkan dan damai dibandingkan bekerja karena keterpaksaan meskipun gajinya besar.

Jadi Freelancer

dediwiyanto.wordpress.com
dediwiyanto.wordpress.com

Jika belum bekerja di perusahaan, jadilah freelancer dulu atau pekerja lepas. Sekarang, jadi pekerja lepas itu gampang banget. Apalagi kalau kamu punya kemampuan mengakses internet dan menulis. Banyak lho, situs-situs yang menjadi ruang bagi freelancer.

Jangan malu dikatakan pengangguran. Toh, mereka belum tentu bisa mengerjakan apa yang kamu kerjakan. Santai saja, guys. Yang penting kamu tetap berpenghasilan.

Pokoknya, maju terus, pantang mundur. Keep going on!

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *