Sangat menyegarkan memang jika berbuka menggunakan yang dingin-dingin, atau kamu sering menyebutnya sop buah.

Sop buah sangat laris di bulan puasa terutama ketika menjelang berbuka. Nah, tentu kamu sering mendapatkan sop buah yang dicampur dengan susu. Untuk kamu ketahui, bahwa mencampur buah dengan susu memiliki dampak berbahaya.

kiki widyasari buah susu
www.wowmenariknya.com

Buah-buahan kebanyakan mengandung asam, sedangkan susu mengandung protein. Nah jika kedua jenis makanan ini dicampurkan maka protein pada susu akan diikat oleh asam pada buah, inilah yang menyebabkan asam lambung.

Beberapa buah yang memiliki sifat asam antara lain, nanas, strawberry, anggur, jeruk dan lain sebagainya.

Tapi bagaimana jika susu dicampurkan pada buah yang tidak mengandung asam, seperti alpukat?

Mencampur buah alpukat dengan susu akan membuat rasanya semakinĀ  gurih dan nikmat. Akan tetapi kombinasi keduanya juga tidak baik untuk tubuh, karena alpukat mengandung asam folat tinggi yang bermaanfaat untuk kesehatan jantung.

Tapi Jika kamu mencampurkan susu kental manis, maka hal tersebut akan menyebabkan penyakit diabetes. Kenapa demikian? Karena susu kental manis memiliki kadar gula yang lebih mendominasi dibandingkan protein.

Nah, ternyata begitulah gaes bahaya mencampur buah dengan susu. Lebih baik kamu mencampur buah dengan syrup atau air gula ya. Supaya vitamin yang terkandung didalamnya tidak terbuang sia-sia.

SHARE