www.nyunyu.com

Suka Duka Mahasiswa yang Membuatmu Menjadi Tangguh

Posted on

Menjadi mahasiswa adalah status yang prestise di mata masyarakat. Terlihat cerdas, berani, kritis, dan mau belajar banyak hal. Terlebih usianya yang terbilang muda membuatnya terlihat seperti bunga yang sedang merekah.

Berbagai ide-ide brilian seolah meloncat-loncat dengan indah di kepalanya. Ia ditunggu masyarakat untuk membawa perubahan. Bahkan presiden sekalipun takut terhadap mahasiswa.

Mahasiswa yang hebat saat kuliah biasanya memiliki karir yang cemerlang paska kampus. Mereka sudah terbiasa ditempa dengan hal-hal yang melelahkan, menguji kesabaran, dan kondisi-kondisi lainnya yang tidak mengenakan.

Nah bagi kamu calon mahasiswa perlu untuk mengetahui suka duka menjadi mahasiswa. Begitu juga dengan kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa, agar kamu tak merasa menjadi orang paling menderita sedunia.

Sedangkan bagi kamu yang sudah menyandang gelar mantan mahasiswa, suka duka mahasiswa di bawah ini akan membuatmu tersenyum mengingat masa-masa susah.

Kanker Setiap Akhir Bulan

www.pianhervian.wordpress.com
www.pianhervian.wordpress.com

Di awal bulan mungkin kamu bisa sedikit bergaya dengan nongkrong di kafe bersama teman-teman. Namun di akhir bulan, untuk makan tiga kali sehari dengan menu nasi, sayur, dan lauk kamu harus berpikir ulang.

Menunggu jatah transfer dari orang tua masih satu minggu lagi. Belum lagi pengeluaran buat foto kopi materi kuliah, print tugas, dan lain-lain. Penghematan di segala bidang kehidupan adalah keharusan bagi mahasiswa di tanggal tua.

Lebih parah lagi bagi kamu yang hidup dengan beasiswa. Jadwal transfer bulanan sering kali molor sampai berbulan-bulan. Well, tenang saja. Itu adalah hal yang umum terjadi pada mahasiswa.

Kerja Part Time Atau Kuliah yang Part Time

www.hipwee.com
www.hipwee.com

Terkadang kebutuhan yang lebih besar dibandingkan jatah bulanan mengharuskan mahasiswa untuk kerja part time. Ada yang menjadi pelayan rumah makan, asisten dosen, penjaga foto kopi, pengetik di rental komputer, sampai guru les.

Padahal kesibukan bekerja part time tersebut memakan cukup banyak waktu dan tenagamu. Datang kuliah terlambat kemudian tidur saat kuliah adalah hal yang wajar bagi mahasiswa tipe ini.

Dosen-dosen sudah hafal dengan kelakuan mahasiswa ini.

Organisasi Nomor 1, Kuliah Nomor 2

www.nyunyu.com
www.nyunyu.com

Ada banyak organisasi di kampus untuk melatih soft skill mahasiswa. Dari teater, pecinta alam, organisasi politik kampus, organisasi kerohanian, press mahasiswa, organisasi keilmiahan, organisasi keporofesian, dan sebagainya.

Jangan sampai organisasi mengganggu kuliah, idealnya seperti ini. Namun, kenyataannya tak sedikit yang sebaliknya. Tanggung jawab di organisasi menyita sebagian besar perhatianmu.

Terlebih bagi kamu yang menduduki jabatan penting di organisasi seperti ketua umum, ketua bidang, presiden, menteri, dan lain-lain. Tak sedikit dosen gemas dengan mahasiswa aktivis lantaran jarang terlihat batang hidungnya di kelas.

Tugas Kelompok yang Melelahkan

www.unyisa.blogspot.com
www.unyisa.blogspot.com

Tugas kelompok anak kuliahan tak seperti tugas kelompok anak SMA yang dapat dikerjakan dengan sekali duduk bersama. Tugas kelompok anak kuliahan biasanya lebih berat dengan berbagai ketentuan.

Ada tugas yang harus mencari nara sumber sebuah UMKM, ada yang melakukan penelitian ke instansi terkait, dan ada yang harus mempersiapkan materi presentasi yang sangat kompleks.

Untuk mengerjakan tugas ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Biasanya nih mahasiswa aktivis sering izin dari mengerjakan tugas kelompok. Kalau anggota kelompoknya gak pengertian bisa gregetan juga.

KKN (Kisah Kasih Nyata)

www.chefocta.wordpress.com
www.chefocta.wordpress.com

Beberapa kampus mewajibkan program KKN atau Kuliah Kerja Nyata sebagai wujud pengabdian ilmu-ilmu yang telah didapatkan di bangku kampus kepada masyarakat.

Fakta uniknya banyak sekali kasus cinlok antar sesama mahasiswa KKN. Tak sedikit yang berujung pada pernikahan.

Hal yang wajar menyukai sesama tim KKN. Karena selama beberapa bulan mereka tinggal bersama dan selalu bertemu dari bangun tidur sampai mau tidur lagi.

ISIS (Ingat Skripsi, Ingat Skripsi)

www.jombloo.co
www.jombloo.co

Nah ini adalah bagian terberat menjadi mahasiswa. Tak sedikit dari mahasiswa yang drop out dan gagal menyandang gelar sarjana karena tersandung di skripsi.

Skripsi memang membutuhkan perjuangan yang luar biasa. Dari mengumpulkan tinjauan pustaka, penelitian di laboratorium atau di lapangan, membuat pembahasan, sampai menyamakan pemikiran dengan dosen pembimbing.

Namun, skripsi adalah bagian yang paling berkesan untuk kamu ceritakan kepada anak cucu kelak.

[td_smart_list_end]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *