Makanan adalah sumber energi bagi tubuh kita. Dengan pasokan energi yang cukup, maka kita akan mudah untuk melakukan berbagai aktifitas. Sebelum menjadi energi, makanan terlebih dahulu diproses melalui sistem pencernaan di dalam tubuh.

Makanan dapat menjadi sumber energi jika di dalamnya mengandung zat yang menjadi sumber kalori. Berikut ini, zat-zat yang terkandung dalam makanan yang berperan sebagai sumber energi.

1Karbohidrat

de-fairest.blogspot.com

Karbohidrat merupakan senyawa kimia yang tersusun dari unsur mineral karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O). Bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat diantaranya seperti beras, jagung, serealia, kentang, gandum, gula, umbi-umbian dan buah-buahan yang memiliki rasa manis.

Karbohidrat menjadi sumber energi dengan jumlah sebanyak 4 kkal (kilo kalori) setiap 1 gram karbohidrat. Karbohidrat yang ditemukan dalam bahan makanan sebanyak tiga jenis.

Monosakarida seperti glukosa, fruktosa dan galaktosa. Disakarida seperti sukrosa, laktosa dan maltosa. Serta polisakarida seperti amilum, selulosa dan glikogen.

Di dalam tubuh, karbohidrat tidak hanya menjadi sumber energi saja. Namun juga berfungsi sebagai cadangan makanan dan mempertahankan suhu tubuh.

2Protein

makananuntukdietsehat.com

Protein merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur mineral karbon (C), hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N) dan terkadang juga mengandung unsur mineral fosfor (P) dan belerang (S). Setiap 1 gram protein menghasilkan 4 kkal (kilo kalori) sebagaimana karbohidrat.

Terdapat dua jenis protein berdasarkan asal muasalnya. Yaitu protein hewani yang berasal dari hewan seperti daging, ikan, telur, susu, dan keju. Serta satu lagi protein nabati yang berasal dari tetumbuhan seperti kacang-kacangan, tahu, tempe dan gandum.

Selain berfungsi sebagai sumber energi, protein juga berfungsi sebagai pembangun sel jaringan tubuh dan pengganti sel tubuh yang rusak.

3Lemak

kucobaberbagi.blogspot.com

Lemak juga merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur mineral karbon (C), hidrogen (H) dan oksigen (O). Dibandingkan dengan karbohidrat dan protein, lemak memiliki sumber energi yang lebih besar, yaitu 9 kkal (kilo kalori) setiap gramnya.

Di dalam tubuh, lemak berfungsi untuk melarutkan vitamin A, D, E, dan K. Fungsi lainnya menyediakan asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh manusia. Hanya saja, lemak mulai dianggap berbahaya bagi kesehatan sejak adanya suatu penelitan yang berkaitan dengan jantung koroner.

Disebutkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara konsumsi lemak dan kadar lemak dalam darah dengan jumlah kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung koroner, yaitu tersumbatnya atau menyempitnya pembuluh darah.

penyakitjantungnya.blogspot.co.id
penyakitjantungnya.blogspot.co.id

Lemak sendiri juga terbagi menjadi dua jenis sesuai sumbernya. Yaitu lemak hewani yang berasal dari hewan seperti keju, susu, lemak daging dan kuning telur. Serta lemak nabati yang berasal dari tetumbuhan seperti kelapa, kemiri, kacang-kacangan dan buah alpukat.

Selain memiliki fungsi di atas, lemak juga berfungsi sebagai pelindung organ-organ tubuh yang vital dengan bantalan lemak dan pelindung tubuh dari suhu yang rendah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here