rajawaly.com

Pancasila, Ideologi Sekaligus Sumber Filsafat Bangsa Indonesia

Posted on

Pancasila yang sudah seharusnya dihafalkan di luar kepala oleh tiap-tiap bangsa Indonesia, bukan hanya sekedar hafal sih, tapi dimengerti, dimaknai, dan benar-benar dijalankan sesuai fungsinya.

Sejarah Pancasila sendiri resmi ditetapkan sebagai dasar filsafat Negara Republik Indonesia oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945, sehari setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Hal tersebut sangat jelas tercantum dalam UUD 1945 dan diundangkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tahun II No. 7 bersama dengan UUD 1945.

Pancasila sendiri pertama kali dirumuskan oleh Ir. Sokarno, ada 5 sila yang dianggap sesuai sekali dengan norma-norma, kenyataan, nilai-nilai yang paling benar, adil dan bijaksana.

Selain itu perumusan Pancasila dari pertama kali yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sampai sekarang telah banyak mengalami berbagai perubahan atau perombakan.

Dan yang saat ini adalah Pancasila yang paling benar-benar sesuai dengan Dasar Negara Republik Indonesia.

Yang seharusnya kita sebagai bangsa Indonesia pahami secara mendalam agar kita mampu menjalankan fungsi dasar filsafat kita tersebut secara benar adalah adanya dua fungsi dasar dari Pancasila.

Yaitu fungsi yang bersifat religius, dalam artian kebijaksanaan dan kebenaran mengenal adanya kebenaran mutlak yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Menegaskan sekali bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang berketuhanan, tak ada kata tanpa Tuhan di Indonesia, dan akhirnya dikenal ada 6 Agama yang diakui sebagai Agama Bangsa.

Kemudian fungsi praktis, memiliki makna dan pemahaman tidak sekedar mencari kebenaran dan kebijaksanaan serta rasa ingin tahu, tapi hasil pemikiran yang berwujud filsafat sebagai pedoman hidup.

Hingga kemudian dari kedua fungsi tersebut, ditetapkan lah Pancasila sebagai Ideologi Bangsa, Dasar Negara Republik Indonesia, serta sebagai Jiwa dan Kepribadian Bangsa Indonesia.

Itulah mengapa, fungsi sumber Filsafat dari Pancasila untuk Negara Republik Indonesia ini memiliki makna bahwa Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

Dengan ketegasan bahwa tak ada dasar dan ideologi lain di Indonesia selain Pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *