Umat Islam di Indonesia berduka atas wafatnya Rais Syariyah PBNU periode 2010-2015 dan mantan Imam Besar Masjid Istiqlal pada hari Kamis, 28 April 2016, pukul 06.00 WIB di Rumah Sakit Hermina, Ciputat.

Semasa hidup, ulama ahli hadits ini telah banyak menelurkan karya monumental, baik dalam bahasa Arab, Inggris maupun Indonesia.

Inilah salah satu tanda kiamat sudah semakin dekat, yaitu dengan kembali dicabutnya ilmu dari dalam diri umat islam dengan dicabutnya nyawa para ulama.

Kali ini, Allah berkenan memanggil KH Ali Mustafa Yaqub untuk menyudahi jatah hidupnya di dunia. Innalillahi wa inna ilihi rojiā€™un.

Back

1. Ahli Ilmu Hadist

KH. Ali Mustafa Yaqub merupakan sosok pribadi intelektual muslim. Ia dikenal sebagai pakar ilmu hadits. Sebab itu tidak mengherankan bila ia mengembangkan dakwah Islamiah lewat perspektif hadits.

Dan kalau berbicara soal hadits berikut kisi-kisi kehidupan, perilaku dan tindakan Rasulullah Saw, KH. Ali Mustafa Yaqub memang memiliki otoritas.

KH. Ali Mustafa Yaqub adalah alumni pascasarjana King Saud Riyadh Saudi Arabia. Beliau termasuk salah seorang murid ulama terkenal yang juga pakar di bidang hadits asal Saudi Abia, yaitu professor M. M. Azami.

Keahliannya dalam bidang ilmu hadits ini diwujudkan dengan mendirikan Pondok Pesantren Luhur Ilmu Hadits Darussunnah di Pisangan Barat, Ciputat, Tangerang Selatan.

Hingga sekarang, pesantren tersebut telah banyak mencetak para ilmuwan di bidang Ilmu Hadits maupun Tafsir.

Bahkan perjuangan KH Ali Mustafa Yaqub untuk mengembangkan ilmu Hadits tidak berhenti hanya di Indonesia, tetapi juga berdiri di berbagai Negara, seperti Malaysia, dengan mendirikan pondok pesantren serupa di sana.

bintang.com
Back