Karbohidrat merupakan salah satu zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Karbohidrat memiliki banyak fungsi bagi tubuh manusia.

Fungsi utama karbohidrat sebagai pasokan utama energi bagi tubuh. Selain itu juga berfungsi dalam melancarkan sistem pencernaan, mengoptimlakan fungsi protein, mengatur metabolisme lemak dan berperan sebagai pemanis alami.

Keberadaan karbohidrat sangat melimpah di bumi ini. Berikut beberapa sumber karbohidrat yang terdapat dalam berbagai jenis makanan.

Yang pertama adalah beras marah. Beras merah merupakan sumber karbohidrat yang sangat baik dan sehat.

Di dalamnya terdapat kandungan serat yang tinggi. Beras merah juga mengandung zat besi, magnesium, vitamin B, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin B6.

Tidak hanya itu, dengan mengkonsumsi beras merah dapat mengurangi resiko diabetes.

Yang kedua adalah kentang rabus. Kandungan pati yang tinggi di dalam kentang menyebabkan makanan ini menimbulkan rasa kenyang.

Selain itu kentang juga menghasilkan kalori yang cukup besar yakni sekitar 110 kalori setiap satu buah kentang ukuran sedang.

Yang ketiga adalah roti gandum utuh. Roti gandum utuh merupakan sumber karbohidrat yang baik, ia dapat meningkatkan tingat metabolisme tubuh.

Satu potong roti gandum utuh mengandung kerbohidrat 20 gram. Eits, jika kamu membeli roti ini sebaiknya teiliti dulu komposisinya.

Pilihlah roti gandum yang benar-benar terbuat dari gandum utuh. Jika daftar kompisisinya mengandung tepung terigu, gula fruktosa atau perasa buatan, lebih baik jangan membelinya.

Yang keempat ada kacang-kacangan. Jenis kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang merah, kacang panjang, kacang hijau, buncis , dan kacang polong dapat membuat perut terasa mudah kenyang.

Ya, hal tersebut karena terdapat kandungan karbohidrat kompleks di dalam kacang-kacangan. Tidak hanya itu, terdapat juga kandungan yang sangat baik seperti serat, omega-3, protein dan vitamin.

Ada lagi sumber karbohidrat dari makanan manis yang banyak disukai orang, yakni jagung. Jagung memiliki kandungan asam folat dan serat yang baik bagi tubuh.

Di daearh tertentu, jagung juga dibuat menjadi nasi jangung yang gurih dan nikmat.

Bukan hanya nasi yang selama ini kita kenal, masih banyak lagi sumber karbohidrat yang ada di bumi ini.

Yang perlu diingat bagaimana kita dapat menjaga keseimbangan asupan karbohidrat dalam tubuh.