Sejak beberapa puluh tahun yang lalu, nasi menjadi makanan utama orang Indonesia. Bahkan, sebagian besar orang Indonesia merasa tidak lengkap jika makan tetapi tidak disertai nasi dalam menu yang dihidangkan.

Nasi memang dikenal mengandung karbohidrat yang tinggi. Walau demikian, nasi dipercaya sebagai sumber berbagai penyakit yang bermula dari pencernaan seperti kencing manis, asam lambung terlalu tinggi, dan lain sebagainya.

Padahal di Indonesia, cukup banyak alternatif makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi tanpa ada resiko masalah pencernaan. Seperti beberapa contoh sumber karbohidrat berikut ini.

1Jagung

motherearthnews.com

Tumbuhan bertongkol ini dulu pernah menjadi bahan makanan pokok di sebagian daerah Jawa, Madura Sulawesi dan Nusa Tenggara. Tepatnya sebelum beras menggantikannya sebagai  bahan makanan pokok masyarakat Indonesia.

Walau demikian, masih ada sebagian masyarakat yang menjadikan jagung sebagai sumber asupan karbohidrat mereka. Khususnya di daerah yang mudah untuk menanam jagung, namun kesulitan untuk mendapatkan pasokan beras.

Jagung memiliki rasa manis yang disukai banyak orang. Kandungan asam folatnya juga tinggi, yang baik untuk tubuh. Di beberapa daerah, jagung diolah menjadi nasi jagung. Ada juga yang mengkonsumsinya dengan cara yang lebih praktis seperti dibakar atau direbus.

2Singkong

s3.amazonaws.com

Singkong yang merupakan tanaman berjenis umbi-umbian ini juga pernah menjadi makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia. Bahkan hingga sekarang, walau jumlahnya tidak sebanyak dulu sebelum beras mendominasi pasaran bahan pokok.

Olahan singkong sangat beragam. Hampir-hampir, di setiap wilayah memiliki cara tersendiri dalam mengolahnya. Beberapa olahan singkong yang dikenal cukup luas oleh masyarakat antara lain seperti tiwul dan tepung tapioka.

Lebih praktisnya lagi, singkong dapat dihidangkan dengan terlebih dahulu digoreng, dikukus atau direbus untuk mendapatkan tekstur yang lembut.

3Ubi

leavesandfruit.com

Di Indonesia, jenis ubi ada banyak. Beberapa diantaranya seperti ubi ungu dan ubi oranye. Selain kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, masing-masing ubi juga mengandung beberapa zat yang baik untuk tubuh.

Contohnya seperti ubi oranye mengandung beta karoten yang akan bertrasformasi menjadi Vitamin A di dalam tubuh. Manfaatnya dapat mencegah kanker secara efektif. Sedangkan ubi ungu bisa untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Biasanya ubi disajikan dalam bentuk matang setelah diproses dengan dikukus, digoreng atau diolah menjadi kue.

4Kentang

herald.co.zw

Kentang dikenal memiliki kandungan karbohidrat yang lebih rendah kalorinya dibandingkan nasi. Sehingga banyak pelaku diet menggunakan kentang sebagai menu utama menggantikan nasi untuk memenuhi asupan kalori yang dibutuhkan tubuh.

5Sagu

detik.com

Sagu merupakan makanan pokok bagi masyarakat di daerah Indonesia Timur, khususnya Maluku dan Papua. Banyak ditemukan di daerah rawa-rawa. Masyarakat Indonesia Timur mengolah sagu menjadi butiran-butiran seperti tepung.

Kemudian mengolahnya menjadi bubur yang lengket. Biasa disebut dengan papeda. Biasanya disantap dengan ikan kuah kuning. Sunggguh sedap terasa.