Bagi para pemuda Indonesia, istilah sumpah pemuda adalah istilah lazim akan diajarkan sejak menjalani sekolah dasar. Sumpah pemuda sendiri berkaitan dengan persatuan para pemuda Indonesia di masa jauh sebelum kemerdekaan.

Jika dapat dikaitkan lebih jauh pada sejarah, sumpah pemuda sebenarnya tepat seratus tahun setelah perang Diponegoro. Sebuah perang terbesar di tanah jawa yang menyisakan kerugian yang tidak sedikit dari pihak pribumi maupun Belanda.

Namun, sebenarnya sangat banyak perjuangan dan cerita serta pelajaran yang dapat diambil dari sumpah pemuda. Beberapa diantaranya seharusnya dapat membuat kamu lebih mencintai negeri ini semakin dalam.

1Ide Sumpah Pemuda

id.wikipedia.org

Barang kali cerita hingga tercetusnya sumpah pemuda dimulai dari para mahasiswa tingkat atas School tot Opleiding van Indische Artssen (Stovia: Sekolah dokter pribumi) dan Recht Hoge School (RHS: Sekolah Tinggi Hukum).

Mereka membentuk sebuah ide persatuan diatas Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI) pada bulan September 1926. Dari perhimpunan inilah lahir berbagai perhimpunan pelajar kesukuan dengan awalan “Jong” di depan nama daerah mereka masing-masing.

Lewat pelajaran sejarah kita kemudian tahu bahwa banyak “Jong” inilah yang menjadi pemersatu Indonesia. Anggotanya Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Sumatrenen Bond dan masih banyak lagi lainnya.

Para pemuda ini biasanya mengadakan rapat dan kegiatan perkumpulan di Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat nomor 106 Waltervreden (sekarang Jakarta Kota).

Mereka bisa berdikusi secara bebas dan lepas tidak jauh dari masalah politik dan kenegaraan. PPPI ini diketuai oleh Soegondo Djojopoespito. Seorang mahasiswa jurusan hukum di RHS Batavia.

2Kongres Pemuda I

su.wikipedia.org

Tidak banyak yang diketahui tentang kongres ini. Beberapa yang jamak diketahui adalah bahwa di kongres ini dilakukan berbagai pembicaraan dan pidato para pemuda tentang kemungkinan persatuan Indonesia.

Kongres ini berlangsung tangga 30 April hingga 2 Mei 1926, bahkan sebelum PPPI dibentuk. PPPI sendiri dibentuk pada bulan September 1926. Agenda ini diketuai oleh Muhammad Tabrani.

Banyak catatan sejarah menyebutkan bahwa Soegondo Djojopoespito turut andil dalam Kongres Pemuda I, juga tentang panitia Kongres Pemuda II yang mayorits diambil dari Kongres Pemuda I.

Hal itu tidaklah benar. Dapat diketahui fakta sebenarnya bahwa PPPI saja terbentuk sesudah Kongres Pemuda I. Bahkan Soegondo Djojopespito sendiri menerangkan secara tersirat di dalam bukunya bahwa hal tersebut tidak benar.

3Kongres Pemuda II

pmii1011.or.id

PPPI kemudian ditugaskan untuk mengurusi kemungkinan digelarnya Kongres Pemuda II. Akhirnya dibentuklah komite panitia dengan Soegondo sebagai ketua, Mohammad Yahim sebagai sekertaris dan Amir Sjarifudin sebagai bendahara.

5indonesiakita.blogspot.com
5indonesiakita.blogspot.com

Dalam buku sejarah akan kita dapati bahwa komite panitia berjumlah 9 orang dan dihadiri 71 peserta. Hal ini seolah menyiratkan bahwa ini adalah rapat tertutup yang tidak mengizinkan pihak luar perkumpulan ikut campur.

Namun kenyataannya Soegondo menjelaskan bahwa dalam kongres ini digelar beberapa umum. Artinya semua orang siapapun yang ingin hadir boleh saja untuk menghadiri kongres ini.

4Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

pecintawisata.wordpress.com

Kita jelas tahu bahwa pengarang lagu Indonesia Raya adalah Wage Rudolf Supratman. Namun mungkin kita tidak tahu bahwa sebenarnya WR Supratman bukanlah anggota perkumpulan. Bahkan ia seorang wartawan.

Tabrani memberikan informasi ke Soegondo bahwa WR Supratkan yang sering berkunjung ke Indonesische Clubgebouw memiliki konsep dasar mengenai lagu kebangsaan.

Kemudian setelah mendengarkan lagu tersebut, Soegondo dan beberapa kelompok pemuda lainnya sepakat bahwa lagu tersebut akan dinyanyikan pada Kongres Pemuda tanggal 27-28 Oktober 1928.

ranggayudhika.wordpress.com
ranggayudhika.wordpress.com

Saat memasuki waktu jeda pada acara kongres, Soegondo meminta Supratman memainkan biolanya dengan nada lagu yang telah ia persiapkan, tanpa lirik. Semua hadirin yang sekira 1000 orang itu terdiam dan terpaku.

Ketika lagu selesai, panitia meminta Supratman megulangnya sekali lagi. Tanpa aba-aba, tiba-tiba seluruh hadirin berdiri. Seketika suasana haru menyeruak dalam sesaknya gedung kongres pemuda pada waktu itu.

5Sumpah Pemuda

tongkonantoraja.com

Pada akhir acara kongres, sampailah pada pembacaan hasil kongres yang kita kenal hari ini sebagai sumpah pemuda. Sebelum dibacakan, terlebih dahulu dinyanyikan lagu Indonesia Raya, kali ini dengan liriknya.

Inilah pertama kali diperdengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di depan khlayak luas. Setelah itu dibacakanlah teks sumpah pemuda yang melegenda seperti yang kita ketahui sekarang ini.

Jadi, kamu tahu, faham dan hafal bukan bagaimana makna dan bunyi sumpah pemuda?