Bangun tidur bisa bermakna dua hal bagi seseorang. Sesuatu yang menyenangkan karena akan menyambut hari yang menyenangkan. Atau saat bermalas-malasan karena tidur semalam begitu nyenyak.

Apapun makna bagun tidur bagi kamu, namun kita seolah memandang bangun tidur sebagai ritual tanpa ruh. Seperti hal biasa yang kita lakukan setiap pagi tanpa arti.

www.webmd.com
www.webmd.com

Padahal dalam Islam, bangun tidur juga mendapat perhatian seriu. Terbukti ada beberapa sunnah yang bisa dilakukan saat orang-orang bangun tidur.

Bayangkan betapa sempurnanya agama ini. Saat bangun tidur yang mungkin dianggap biasa saja, ada nilai pahala yang terkandung di dalamnya.

Berikut beberapa sunnah bangun tidur sehingga kegiatan di pagi hari itu bisa bernilai ibadah

1Mengusap Bekas Tidur

www.onlymyhealth.com

Kelihatan sepele ya, tapi kalau kamu niatkan mengusap bekas tidur di wajah dan tangan dengan niat mengikuti Rasulullah SAW maka bisa bernilai pahala lho.

Enak kan cara mendapat pahala dalam Islam. Cukup niat dan mengusap bekas tidur. Kayknya kita semua melakukan hal itu saat pagi hari.

Bedanya mungkin hanya di niat saja. Jika tidak ada niat satupun maka tidak akan bernilai pahala. Mengusap bekas tidur adalah sunnah, hal ini menurut Imam An-Nawawy dan Al Hafidz Ibnu Hajar sebagai sesuatu yang dianjurkan berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam

“Rasulullah bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap wajahnya dengan tangannya. [Hadits Riwayat Muslim no. 763 ]

2Doa Ketika Bangun Tidur

www.agencycentral.co.uk

Apa yag kamu lakukan setelah bangun tidur? mungkin ada beberapa opsi. Bisa jadi kamu segera ke kamar mandi, melihat smartphone, membuka jendela, atau justru kembali meringkuk di balik selimut dan tidur lagi?

Lalu dimana doanya? Ya, doa bangun tidur sering terlewatkan begitu saja. Padahal bisa jadi doa ini sudah kamu hafal sejak zaman TK dulu.

Doa inipun diajarkan langsung oleh Rasulullah SAW yang artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah ditidurkanNya dan kepadaNya kami dibangkitkan [Hadits Riwayat Bukhari no. 6312 dan Muslim no. 2711]

3Bersiwak

abiummi.com

Nah bersiwak mungkin bisa diqiyaskan dengan menggosok gigi. Intinya membersihkan mulut setelah bangun tidur.

Kamu kamu memiliki siwak, itu mungkin lebih mendekati sunnah yang sebenarnya. Jadi jangan hanya cuci muka saja ya kalau bangun tidur, ambil siwak atau sikat gigi lalu muali bersihkan mulut kamu.

Jadi pas shalat subuh, segar dan bersih. Hal ini didasarkan pada hadis Nabi SAW, “Adalah Rasulullah apabila bangun malam membersihkan mulutnya dengan bersiwak [Hadits Riwayat Bukhari no. 245 dan Muslim no. 255]

4Mencuci Kedua Tangan Tiga Kali

ummi-online.com

Nah saat bangun tidur kita lalu mencuci tangan sering kta mencuci tangan sekenanya. Padahal disunnahkan mencuci tangan tiga kali.

Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam“Bila salah seorang diantaramu bangun tidur, janganlah ia menyelamkan tangannya ke dalam bejana, sebelum ia mencucinya tiga kali [Hadits Riwayat Bukhari no. 162 dan Muslim no. 278]