Berpakaian bagi sebagian orang terkadang sudah dianggap sesuatu yang sepele. Pasalnya setiap hari bisa dipastikan kita mengganti pakaian satu dengan yang lain.

Berpakaian adalah kebutuhan wajib kita dalam menutup aurat. Ada nilai ibadah dalam menutup aurat. Artinya sebenarnya berpakaian juga salah satu bentuk ibadah kita.

www.moustachemagazine.com700 × 394
www.moustachemagazine.com700 × 394

Sehingga, ada beberapa sunnah yang dicontohkan Rasulullah SAW dalam berpakaian. Ironisnya saat ini sunnah-sunnah tersebut cenderung diabaikan.

Boleh jadi karena tidak dibiasakan setiap kali berpakaian, atau boleh jadi berpakaian sudah tak lagi dianggap sesuatu yang spesial sehingga tidak perlu ada hal-hal khusus yang harus diperhatikan.

Berikut ini beberapa sunnah dalam berpakaian yang kerap diabaikan oleh seseorang. Semoga kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

1Mengucapkan Bismillah

www.abc.net.au

Kita dianjurkan untuk membaca bismillah saat memulai sebuah pekerjaan. Apapaun pekerjaan tersebut asal bukan pekerjaan maksiat.

Nah kita kadang lupa tuh hal-hal seperti ini karena sudah terlanjur dianggap sepele. Termasuk berpakaian. Sebagai sebuah perbuatan, tentu memakai atau melepas pakaian seharusnya dimulai dengan membaca bismillah

Imam An-Nawawy berkata, “Mengucapkan bismillah adalah sangat dianjurkan dalam seluruh perbuatan”

2Berdoa Memakai Pakaian

www.suararakyatindonesia.org

Nah selain bismisllah ada doa khusus saat memakai pakaian. Tapi kita biasanya suka buru-buru dan tak lagi menghiraukan sunnah yang satu ini.

Hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihin wa sallam.”Artinya : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila memakai pakaian atau baju lengan panjang ataujubah atau kopiah beliau selalu berdoa: “Ya Allah, aku mohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannyadan kebaikan dari tujuan pakaian ini dibuat. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan dan keburukan tujuanpakaian ini dibuat.” [HR. Abu Dawud , At-Tirmidzi. Ahmad dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban]

3Memulai dengan yang Kanan

news.xinhuanet.com

Saat memakai pakaian ini yang juga kerap diabaikan. Kita tak lagi menghiraukan sunnah dan adab-adab dalam memakai pakaian.

Hendaknya saat memakai pakaian kita mulai dari sebelah kanan baru kemudian bagian kiri. Hal ini berdasarkan hadis dari Rasulullah SAW.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kalian memakai pakaian maka mulailah dengan yang sebelah kanan” (HR. At-Tirmidzi)

4Melepas dari yang Kiri

www.stylepinner.com

Kebalikan saat memakai pakaian, saat melepas pakaian dahulukan dari yang sebelah kiri. Hal ini termaktub dalam kitab Aktsaru Min Alfi Sunnatin Fil Yaum Wal Lailah

Demikian beberapa sunnah dalam berpakaian yang sudah mulai dilupakan kaum Muslimin. Semoga dengan menghayati jika berpakaian adalah sebuah ibadah dan mengamalkan sunnah-sunnahnya, kita bisa mendapat tambahan pahala karena mencontoh perilaku dan adab dari Rasulullah SAW.

SHARE