Wudhu dalam shalat hukumnya wajib. Hal ini sesuai dengan kaidah fikih, “apa-apa yang menyebabkan tidak sah dalam perkara wajib maka hukumnya juga wajib.”

Wudhu mungkin sebuah amalan yang kerap kita lakukan. Kita hanya melakukan sesuai dengan syarat sah dan rukunnya saja.

Padahal dlam wudhu ada sunah-sunah yang kalau kita lakukan bisa mendatangkan pahala dari Allah SWT. Karena niatnya kita meneladani wudhunya Rasulullah SAW

Berikut ini beberapa sunnah wudhu yang bisa kita lakukan

1Mengucapkan Bismillah

www.fimadani.com

Nah ini yang kadang terlewat entah karena buru-buru atau faktor yang lain. Yang jelas kita disunnahkan untuk memulai sebuah pekerjaan dengan membaca basmallah

2Membasuh Kedua Telapak Tangan Tiga Kali

www.ummi-online.com

Mencuci kedua telapak tangan tiga kali pada awal wudhu, sebagaimana yang telah diriwayatkan dari Utsman bin Affan RA yang mengisahkan wudhu Nabi saw. di mana dia membasuh kedua telapak tangannya tiga kali.

3Istinsyaq dan Istintsaar

www.youtube.com

Istinsyaq adalah memasukkan air ke dalam hidung lalu menghirupnya dengan sekali nafas sampai ke dalam hidung yang paling ujung.

Sementara istintsaar adalah mengeluarkan air dari hidung sesudah menghirupnya dengan telapak tangan kiri.

Hal ini erdasarkan hadits, ” …Lalu Nabi membasuh kedua telapak tangan tiga kali kemudian berkumur-kumur dan istinsyaq, lalu istintsaar lalu membasuh muka tiga kali…” (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

4Mengusap Kepala

www.ummi-online.com

Cara mengusap kepala, memulai dari bagian depan kepala depan kemudian menggerakkan kedua tangannyahingga ke belakang (tengkuk) lalu mengembalikan ke tempat semula.

Hukum membasuh kepala adalah wajib yaitu berlaku keumuman pada setiap apa yang dibasuh dari kepaladalam berbagai kondisi. Berdasarkan hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

“Artinya : …Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam membasuh kepalanya lalu menjalankan keduatangannya ke belakang dan mengembalikannya…(Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

5Menyela-Nyela Jari-Jari Tangan dan Kaki

kitamuslim1.wordpress.com

Disunnahkan untuk membasuh sela-sela kedua tangan dan membasuh sela-sela kedua kaki sampai bersih.

Sunnah ini berdasarkan hadis dari Nabi SAW yang artinya, “Sempurnakanlah wudhu, selai-selailah jari-jemari…(HR.Abu Dawud)

6Memulai Dari Sebelah Kanan

mimbarhadits.wordpress.com

Memulai dari anggota badan sebelah kanan atau disebut dengan At-Tayaamun.At- Tayaamun (dalam wudhu) artinya memulai membasuh anggota wudhu’ yang sebelah kanan kemudianyang kiri dari kedua tangan maupun kaki.

Hal ini sesuai dengan sunnah Nabi SAW dalam hadis, “Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyukai dalam mendahulukan yang kanan ketikamemakai sandalnya, menyisir, bersuci dan dalam semua urusannya”. (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim)

SHARE