Di Indonesia ada anggapan jika yang disebut cantik adalah yang memiliki kulit putih. Orang rela melakukan apa saja agar kulitnya tampak putih.

Mulai perawatan dengan harga murah sampai perawatan dengan herga selangit. Bahkan beberapa wanita rela berurusan dengan risiko yang besar di dunia medis demi mendapatkan penampilan bak artis korea.

salah satu metode yang umum dipakai untuk mengubah kulit menjadi putih dalam waktu cukup cepat adalah suntik putih.

Suntik putih adalah suntik dengan bahan dasar vitamin C dengan dosis tertentu ke dalam tubuh. Nah ternyata, suntik putih ini mengandung efek samping yang cukup berbahaya. Jika tidak dilakukan dalam pengawasan ketat tenaga medis, mungkin bukan cantik yang didapat tapi justru malah kerusakan pada tubuh.

Berikut ulasan, beberapa efek samping suntik putih yang patut kamu waspadai

1Sakit Maag

dinastindopratama.com

Seperti yang dibahas suntik putih menggunakan vitamin C dengan dosis tertentu yang sudah diukur. Kamu harus hati-hati dengan dosis. Jika kelebihan, vitamin C tidak akan bisa dikeluarkan oleh mekanisme tubuh.

Salah satu nya bisa menyebabkan maag. Konsumsi vitamin C pada orang dewasa sebaiknya tidak lebih dari 2000 mg per hari, sedangkan pada balita maksimal 400 mg per hari.

2Batu Ginjal

www.merdeka.com

Selain maag, batu ginjal adalah yang ditakutkan menjadi efek samping suntik putih permanen pada tubuh. Terutama bagi mereka yang sudah punya potensi keturunan mengidap penyakit ginjal.

Kelebihan vitamin C pada mereka dapat menimbulkan kristal terutama pada saat kekurangan asupan air putih.

Apabila timbul gejala penyakit tersebut setelah suntik putih dilakukan, maka sebaiknya segera hentikan karena umumnya kandungan vitamin C dalam cairan suntikan tersebut cukup tinggi.

Gejala yang paling umum pada orang yang menderita penyakit ginjal adalah rasa nyeri dan pegal di area pinggang.

3Candu

female.kompas.com

Lebih jauh lagi, suntik putih juga dapat memberikan efek ketagihan seperti layaknya seorang pecandu narkoba yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang.

Hal ini dikarenakan suntik putih yang mengandung vitamin C dalam jumlah yang tinggi tidak hanya dapat membuat badan terasa lebih fit dan segar, tetapi juga membuat kulit menjadi lebih cerah, kenyal, dan halus.

Penampilan pun menjadi tampak lebih muda. Banyak dari mereka yang telah melakukan perawatan ini merasa harus terus menggunakan cairan suntik putih tersebut meskipun kulit mereka sudah putih. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang ingin selalu menambahkan dosis.

4Diare

www.manfaatalami.xyz

Bagi sebagian orang yang menyuntikan suntik putih bisa saja memicu timbulnya penyakit diare akibat terlalu banyak menyuntikan Vitamin C.

Perut belum tentu dapat merespon dengan baik apa lagi yang memang sensitif terhadap Vitamin C yang berlebihan. Ingat kalau kamu biasanya makan vitami c dengan dosis berlebih, biasanya efek yang paling cepat dirasakan adalah diare.

5Hormon tidak stabil

palembang.tribunnews.com

Sesuatu yang dimasukan dalam tubuh tentu akan mempengaruhi kerja hormon. Begitu juga dengan suntik putih.

Bisa saja memberi efek menjadikan tubuh lebih gemuk atau lainnya. Yang jelas hormon bisa menjadi tidak stabil.

SHARE