Jika kamu mendengar atau membaca kata ‘supervolcano’ mungkin kamu langsung membayangkan sebuah hal yang besar dari kata ‘super’ tersebut.

Ya benar! Supervolcano adalah sebutan bagi gunung berapi aktif yang besar.

Tidak hanya besar secara ukuran namun juga besar secara kapasitas ledakkan. Sehingga benar jika ledakan supervolcano bisa diibaratkan mampu ‘menghancurkan’ bumi.

Konon, di zaman dahulu memang bumi kita ini memiliki struktur dataran yang bergelombang, yaitu penuh dengan gunung-gunung, termasuk gunung-gunung besar.

Pada zaman itu pula, terjadi sebuah masa dimana banyak gunung yang meletus, sehingga mempengaruhi struktur permukaan bumi, bahkan sempat merubah iklimnya.

Nah, berikut ini adalah 3 supervolcano atau gunung berapi raksasa yang dimiliki oleh Indoensia, dengan daya ledak maha dahsyat yang hampir memusnahkan bumi.

1Gunung Toba

www.pendaker.com

Sekitar 74 juta tahun yang lampau, ada sebuah supervolcano atau gunung berapi raksasa di wilayah dataran Indonesia, bernama Gunung Toba.

Jika mendengar atau membaca kata Toba, pasti yang kamu pikirkan adalah sebuah danau indah yang berada di Pulau Sumatera.

Memang, Toba yang sekarang berbentuk sebuah danau dengan Pulau Samosir yang mempercantik di bagian tengahnya.

Namun siapa sangka bahwa danau indah milik Indonesia ini dulunya adalah sebuah supervolcano yang memiliki ledakan maha dahsyat dan bahkan sempat hampir menghancurkan bumi.

Danau Toba yang sekarang adalah sebuah kaldera hasil bentukan dari efek ledakan maha dahsyat Gunung Toba yang meletus sekitar 74 juta tahun lampau.

Dan dari hasil penelitian banyak ahli, efek dari ledakan Gunung Toba purba ini dulunya hampir memusnahkan ekosistem yang ada di bumi.

Luar biasa!

2Gunung Tambora

indocropcircles.wordpress.com

Satu lagi supervolcano milik Indonesia yang memiliki ledakan maha dahsyat yang pernah hampir meluluhlantakkan bumi.

Namanya Gunung Tambora. Gunung ini terletak di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat.

Akibat letusan besar yang terjadi pada bulan April tahun 1815 ini, 117.000 orang meninggal, dan tiga kerajaan di sekitarnya lenyap dalam sekejap.

Ketiga kerajaan tersebut adalah Kerajaan Tambora, Kerajaan Pekat, dan Kerajaan Sanggar.

Efek dari ledakan Gunung Tambora ini adalah munculnya sebuah tsunami maha dahsyat yang memiliki panjang 1.200 km dengan tinggi 4 meter lebih di Laut Maluku.

Hmm, bisa dibayangkan pastinya, seberapa dahsyatnya ledakan gunung ini.

3Gunung Krakatau

dulayex.blogspot.com

Jika pada saat ini yang terlihat adalah bentuk Gunung Krakatau yang kecil dan seperti tidak berbahaya sama sekali, itu adalah anakan gunungnya.

Anakan gunung?

Iya, karena sesungguhnya wujud asli dari Gunung Krakatau adalah sebuah gunung raksasa yang pernah meletus pada tahun 1883.

Tercatat bahwa ledakan supervolcano Krakatau ini adalah sebuah bencana dunia yang memakan banyak korban jiwa, karena ledakannya juga berefek pada tsunami raksasa.

Ledakan Krakatau kabarnya sampai terasa di Benua Amerika, dan efeknya bahkan sampai menghancurkan Gunung Krakatau itu sendiri.

Nah, setelah bertahun-tahun hancur, anakan Gunung Krakatau itu kemudian muncul dan semakin tumbuh besar hingga seperti sekarang ini.