Salah satu hal yang membuat hari-hari kita menjadi sedikit suram karena terganggu aktivitasnya adalah masalah sulit buang air besar. Kotoran sisa pembuangan yang harusnya dibuang malah menyumbat dalam tubuh kita.

Rasanya tak hanya sakit saja di perut, membuat kembung, bahkan bisa membuat anus menjadi sedikit memar atau parahnya ambeien yang disebabkan karena terlalu kencang dan sering mengejan saat akan buang air besar.

Sulit buang air besar sendiri bisa terjadi karena beberapa faktor, di antaranya adalah faktor kurang sehatnya makanan yang dikonsumsi, gaya hidup yang kurang disiplin dalam menjaga kesehatan, dan faktor eksternal yang tak terduga.

Nah, jika kamu tak ingin aktivitas dan hari-harimu terganggu karena kesulitan buang air besar, yuk coba tips berikut, dijamin buang air besarmu bisa segera lancar.

Makan Pepaya

Manfaat-Buah-Pepaya
macampenyakit.com

Dalam jumlah yang standar, pepaya dapat membantu melancarkan buang air besar. Namun jika dikonsumsi dalam jumlah banyak atau berlebihan, justru dapat memicu diare.

Pepaya mengandung banyak serat yang bisa membuat produksi feses atau kotoran manusia tidak keras, sehingga bis mudah untuk dikeluarkan dan tidak menyebabkan sembelit.

Makan Yoghurt

1423660364-252cb670ea8eee48467651629245c768-1366x907
www.irishexaminer.com

Dalam yoghurt terdapat bakteri baik yang dapat membantu melancarkan buang air besar dana mengatasi masalah konstipasi. Dan sebenarnya, bagi penderita diare, mengkonsumsi yoghurt juga baik untuk menghentikan dan memadatkan feses.

Hal ini karena bakteri baik yang ada dalam yoghurt dapat membantu melawan bakteri jahat yang mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh manusia sehingga membuat feses menjadi terlalu padat hingga sembelit atau justru memicu diare.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

originaljj
lingkarannews.com

Bagi kesehatan tubuh manusia, air putih snagat penting. Karena bisa membantu memperlancar metabolism tubuh, memaksimalkan asupan oksigen, dan termasuk membantu melancarkan kerja-kerja organ di dalam tubuh manusia.

Salah satunya adalah untuk melancarkan buang air besar, karena asupan air putih yang cukup juga akan membantu memaksimalkan stamina tubuh, sehingga menghindarkan diri dari beberapa penyakit.

Jangan Terlalu Banyak Duduk

2243_duduk_lebih_dari_7_jam_berisiko_diabetes
www.intisari-online.com

Bagi kamu yang memang bekerja di tempat yang memaksamu banyak duduk, sesekali saat ada waktu senggang sedikit atau banyak, gunakan untuk berdirid an jalan-jalan. Jangan terlalu banyak duduk, karena bisa memicu konstipasi juga.

Konsumsi Agar-agar

agar-locust-bean-gum-gel-2
www.brightlivinggear.com

Agar-agar yang kaya akan serat juga bisa membantu melancarkan buang air besar karena serat dapat memperlancar keluarnya feses dan membuatnya padat, tidak terlalu keras sehingga sulit dikeluarkan.

SHARE