Bagi kamu yang sudah punya bayi, apalagi kamu yang berstatus ibu yang baru punya bayi, maka kamu pasti sekali waktu pernah merasakan susahnya memakaikan diaper atau popok sekali pakai kepada bayi kamu.

Kesulitan memakaikan diaper ini akan sangat terasa sekali ketika bayi sudah mulai bisa tengkurap dan merangkak ke sana ke mari. Apalagi kalau menggantikan diaper-nya saat bayi sedang buang air besar. Wah bisa berabe kalau ia banyak bergerak.

Nah, tapi kamu jangan stres duluan ya, karena banyak strategi yang bisa kita coba agar bayi kita diam saat dipakaikan diaper. Bagaimana, kamu penasaran nggak strateginya seperti apa? Kalau penasaran baca tulisan ini sampai habis ya!

1Berikan Mainan Saat Mengganti Diaper

id.aliexpress.com

Saat kamu akan mengganti diaper bayi, sebelumnya kamu bisa memberikan mainan yang menarik perhatian bayi. Sehingga saat kita mengganti diaper-nya, bayi kita akan cenderung diam karena fokus dengan mainannya.

Kalau bayinya diam, kita akan dengan mudah mengganti diaper kan? Selain itu, bayi kita pun tidak merasa dipaksa untuk diam. Jadi, ibu senang bayi pun ikut senang.

2Cobalah Bernyanyi

merries.co.id

Saat bayi belum banyak bergerak, belum bisa tengkurap apalagi merangkak, biasakanlah untuk bernyanyi saat mengganti diaper-nya. Jika hal ini sudah kamu biasakan, maka setiap kamu nyanyi lagu yang sama, maka ia tahu kalau ini saatnya ganti diaper.

Namun, kunci keberhasilan dari cara yang kedua ini terletak pada konsistensi kamu bernyanyi saat mengganti diaper-nya. Kalau hal ini kamu lakukan hanya sekali-sekali, maka bayi kamu tidak mengenali pola ini.

3Kakak Pun Bisa Diajak Membantu

merries.co.id

Jika kakak ada di rumah, kita bisa mengajak kakak untuk membantu kita mengalihkan perhatian bayi. Kakak bisa mengajak adik bermain ‘ciluk ba’ selama kita mengganti diaper bayi.

Kalau adik asyik bermain dengan kakak, dia akan lebih anteng dan jadi tidak menolak untuk diganti diaper-nya. Bagaimana, cara ini bisa kamu coba kan?

4Berikan Dot Kepada Bayi

infobunda.com

Cara ini merupakan cara yang cukup instan untuk membuat bayi tenang saat diganti diaper-nya. Bagaimana caranya? Kamu hanya perlu memberikan dot kepada bayimu. Instan sekali kan caranya.

Cara ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu alternatif, tapi kalau bisa jangan dibiasakan anak asyik dengan dot-nya ya! Soalnya, nanti kamu akan punya masalah baru, yaitu saat menghentikan bayi dengan kebiasaan nge-dot.

5Suami Bisa Diminta Membantu, Lho!

cipakidsshop.blogspot.com

Sekali waktu, berbagilah peran dengan suami kamu. Kamu bisa mengganti diaper-nya, sedangkan suami kamu bisa mengajak bermain bayi kamu agar lebih anteng atau posisinya bisa dibalik. Kamu yang bermain, suami kamu yang mengganti diaper.

Selain pekerjaan kamu terbantu, suami kamu pun bisa merasakan bagaimana rasanya mengurus anak di rumah. Jadi suami kamu bisa lebih menghargai bagaimana istri berjibaku dengan semua aktivitas di rumah.

6Celana Bayi Tidak Perlu Dilepas

today.com

Saat memakaikan diaper ke bayi, usahakan untuk tidak melepas celana bayi. Kamu cukup menurunkan celananya saja hingga di bawah lutut. Kenapa tidak usah dilepas?

Saat kamu memakaikan diaper seorang diri, celana bayi ini berfungsi untuk menahan kaki bayi agar tidak banyak bergerak. Sehingga kamu bisa memakaikan diaper dengan mudah deh!

7Berkomunikasilah dengan Bayi

buahhati.co.id

Bayi memiliki jalinan ikatan yang kuat dengan ibu. Jadi, kamu bisa menggunakan bentuk jalinan ini untuk berkomunikasi dengan bayi saat menggunakan diaper. Misal, kamu bisa bilang ke bayimu, “Diaper-nya diganti dulu ya!”.

SHARE